Pengertian Elemen Organisasi
Pengertian Elemen Organisasi

Pengertian Elemen Organisasi

Anams.id – Organisasi adalah sekelompok orang yang disatukan untuk misi bersama. Dalam ilmu-ilmu sosial, organisasi dipelajari oleh para peneliti di berbagai bidang, terutama sosiologi, ekonomi, ilmu politik, psikologi, dan manajemen. Studi tentang organisasi sering disebut penelitian organisasi (organizational research), perilaku organisasi (organizational behavior), atau analisis organisasi (organizational analysis).

Ada beberapa teori dan perspektif tentang organisasi, beberapa kompatibel dan beberapa tidak kompatibel. Organisasi pada dasarnya adalah tentang penggunaan sumber daya (uang, bahan, mesin, metode, lingkungan), infrastruktur media, data, dll. untuk menyatukan orang-orang untuk bekerja sama secara rasional dan sistematis, direncanakan, dipandu, dan dikelola. digunakan sebagai tempat atau lokasi dimana digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.

Organisasi Menurut Para Ahli

Stoner mengatakan organisasi adalah pola hubungan di mana orang-orang di bawah komando atasannya mengejar tujuan bersama.
James D. Mooney berpendapat bahwa semua bentuk organisasi serikat pekerja adalah manusia untuk mencapai tujuan bersama.
Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah suatu sistem kegiatan kerjasama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
Stephen P. Robbins mendefinisikan organisasi sebagai kesatuan sadar yang terkoordinasi secara sosial dengan batas-batas yang relatif dapat diidentifikasi yang berfungsi secara relatif terus menerus untuk mencapai tujuan bersama atau kelompok tujuan. mengatakan ada.

Organisasi terbentuk di bawah pengaruh beberapa aspek, seperti kesatuan visi dan misi, terwujudnya keberadaan kelompok orang dengan tujuan yang sama. Organisasi yang baik adalah organisasi yang diakui oleh masyarakat sekitar karena berkontribusi untuk: Membangun bakat sebagai anggota masyarakat untuk mengurangi pengangguran

Orang-orang dalam suatu organisasi memiliki hubungan yang berkelanjutan. Merasa terhubung tidak berarti keanggotaan seumur hidup. Tetapi sebaliknya, organisasi menghadapi perubahan konstan dalam anggotanya, tetapi ketika mereka menjadi anggota, orang-orang di dalam organisasi berpartisipasi dengan cara yang relatif teratur.

Baca Juga :   Definisi Interaksi Sosial

elemen organisasi

Pada dasarnya pengertian umum organisasi adalah sekelompok dua orang atau lebih yang secara sadar memiliki tujuan yang sama dan memiliki hubungan kerja yang wajar. Organisasi dapat terjadi dimana saja. Organisasi tidak harus formal, tetapi ada juga yang informal. Organisasi formal seperti sekolah, kampus, lingkungan kerja dan masyarakat. Ada beberapa hal yang harus dimiliki organisasi agar dapat maju dalam organisasi. Ini termasuk:

nilai dan visi

Nilai dan visi yang dimaksud adalah tujuan besar yang akan dicapai nantinya, dan jika organisasi tidak memiliki nilai dan visi maka organisasi tidak akan memiliki pemikiran ke depan dan akan mengalami masalah dan kerusakan.

Misi

Misi adalah sarana dan tujuan yang ingin dicapai dalam waktu singkat. Jika suatu organisasi tidak memiliki misi, maka akan membingungkan apa yang dilakukan organisasi tersebut.

aturan

Aturan organisasi sangat diperlukan. Karena tidak ada yang mengatur organisasi, dan tidak adanya aturan menimbulkan konflik kepentingan.

profesionalisme

Profesionalisme adalah istilah yang mengacu pada sikap mental berupa komitmen seorang anggota untuk bersikap profesional, senantiasa mengakui dan berupaya meningkatkan kualitas profesionalnya, dan tanpa profesionalisme dalam suatu organisasi maka akibatnya adalah saya gelisah.

insentif

Tanpa insentif, organisasi melambat. Insentif yang dimaksud adalah insentif untuk bekerja di dalam organisasi.

sumber

Sumber daya merupakan hal yang paling penting dalam suatu organisasi karena sumber daya yang dimaksud adalah orang-orang yang menjalankan organisasi tersebut. Sumber daya diperlukan untuk referensi tujuan kerja yang akan dilakukan organisasi di masa depan. Saya merasa frustrasi ketika saya tidak memiliki sumber daya.

rencana kerja

Organisasi membutuhkan rencana kerja untuk menjalankan visi dan misi dalam organisasi. Jika Anda tidak memiliki rencana kerja, itu akan menjadi langkah yang salah.

Baca Juga :   Impelmentasi Keragaman

Partisipasi

Dalam setiap organisasi, individu dapat berinteraksi dengan semua struktur yang secara langsung atau tidak langsung terkait dengan organisasi yang dipilih. Anda dapat bergabung dengan afiliasi sehingga setiap individu dapat berinteraksi secara efektif. Dengan partisipasi setiap orang, kita bisa mendapatkan ide yang lebih baik tentang apa yang harus dilakukan.

Itulah pembahasan mengenai pengertian elemen organisasi, semoga bermanfaat***

Leave a Reply

Your email address will not be published.