Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli
Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

Anams.id – Studi tersebut menemukan bahwa “mungkin untuk pertama kalinya dalam sejarah, demokrasi telah dinyatakan sebagai nama yang paling menguntungkan dan rasional untuk semua sistem organisasi politik dan sosial yang telah diperangi oleh para pendukungnya yang berpengaruh.” (UNISCO 1949).

Demokrasi berasal dari kata “demos” yang berarti rakyat dan “kratos” yang berarti kekuasaan, yang bila digabungkan membentuk kata “demokrasi” yang merupakan kata Yunani yang berarti “kekuasaan rakyat”. Demokrasi di dalamnya mencakup berbagai lini termasuk kondisi ekonomi, sosial dan budaya yang memungkinkan pelaksanaan kebebasan politik dalam prosesnya. Prinsip-prinsip yang termasuk dalam pemerintahan yang demokratis meliputi:

Dalam formula yang ada di setiap masyarakat untuk mencapai kesetaraan dalam praktik politik.
Keterlibatan masyarakat dalam masalah politik.
kebebasan masyarakat.

Pengertian demokrasi

Demokrasi adalah bentuk atau mekanisme sistem pemerintahan suatu negara sebagai upaya untuk mencapai kedaulatan rakyat (citizen power) atas suatu negara yang dijalankan oleh pemerintahan negara tersebut.

Demokrasi berasal dari bahasa latin dan secara harfiah berarti kekuasaan rakyat. Atau seperti yang dikemukakan oleh para pendukungnya: Oleh orang, oleh orang, untuk orang. Setiap orang memiliki hak suara yang sama, tidak peduli siapa mereka. Dengan demikian, demokrasi dalam bentuk pemilihan umum memunculkan suara pelacur, suara pencuri, suara pezina, suara pembunuh, suara orang munafik, suara musuh. Suara Allah disamakan dengan suara imam sejati – ustadz, yaitu mereka yang benar-benar memperjuangkan Islam.

Salah satu pilar demokrasi adalah prinsip trinitas politik, yang membagi tiga kekuatan politik negara (eksekutif, yudikatif, dan legislatif) dan mewujudkan tiga jenis lembaga negara pada bidang paralel yang independen satu sama lain. . Koherensi dan independensi ketiga jenis lembaga negara tersebut diperlukan agar ketiga jenis lembaga negara tersebut dapat saling mengawasi dan mengontrol berdasarkan prinsip checks and balances.

Baca Juga :   Pengertian Hukum Perdata

Pemahaman seorang ahli tentang demokrasi

Dardji Darmodihardjo, S.H.

Demokrasi Pancasila, seperti halnya Pembukaan UUD 1945, merupakan konsep demokrasi yang berakar pada kepribadian dan falsafah hidup bangsa Indonesia.

Dokter. Dokter. S.H. Notonagoro

Demokrasi Pancasila adalah demokrasi yang dilandasi oleh kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dengan kemanusiaan yang adil dan beradab, serta ketuhanan Yang Maha Esa yang mempersatukan Indonesia dan mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh warga negara Indonesia.

Menurut Komisi Pengacara Internasional

Demokrasi adalah suatu bentuk pemerintahan rakyat di mana kekuasaan tertinggi berada di tangan rakyat dan dilaksanakan secara langsung oleh mereka atau oleh wakil-wakil mereka yang dipilih dalam sistem pemilihan yang bebas. Oleh karena itu, prioritas pemerintahan yang demokratis adalah rakyat.

Menurut Lincoln

Demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat, dari rakyat, untuk rakyat (government of the people, of the people, for the people).

Menurut CF Strong

Suatu sistem pemerintahan di mana mayoritas anggota dewasa dari komunitas politik berpartisipasi atas dasar perwakilan yang memastikan bahwa pemerintah pada akhirnya bertanggung jawab atas tindakannya terhadap mayoritas tersebut.

Menurut Carlo Costello

Demokrasi adalah sistem sosial dan politik yang otonom dengan kekuasaan pemerintah yang dibatasi oleh hukum dan adat untuk melindungi hak-hak individu warga negara.

Menurut Hans Kelsen

Demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat, untuk rakyat. Mereka yang menjalankan kekuasaan negara dipilih sebagai wakil rakyat. Tempat dimana kita yakin bahwa dalam menjalankan kekuasaan negara semua keinginan dan kepentingan rakyat akan diperhatikan.

Menurut Meryem

Demokrasi adalah pemerintahan oleh rakyat, terutama oleh mayoritas, di mana kekuasaan tertinggi berada di tangan rakyat dan dijalankan oleh mereka, secara langsung atau tidak langsung, melalui sistem perwakilan yang biasanya dilakukan dengan pemilihan umum yang bebas. untuk meningkatkan prevalensi berdasarkan sumber otoritas politik, kurangnya perbedaan kelas, atau keturunan atau kesewenang-wenangan.

Baca Juga :   Fungsi Negara Menurut Para Ahli

Menurut Sydney Hook

Demokrasi adalah suatu bentuk pemerintahan di mana keputusan-keputusan penting pemerintah didasarkan, secara langsung atau tidak langsung, atas persetujuan mayoritas yang diberikan secara bebas oleh orang dewasa.

Menurut John L. Esposito

Demokrasi adalah kekuasaan dari rakyat dan untuk rakyat, sehingga setiap orang berhak untuk berpartisipasi, baik secara aktif terlibat maupun dengan mengontrol kebijakan-kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah. dan unsur peradilan.

Menurut Hanley B. Mayo

Demokrasi adalah kebijakan publik yang diatur secara efektif oleh rakyat dalam pemilihan umum berdasarkan prinsip kesetaraan politik dan diputuskan oleh suara terbanyak oleh perwakilan yang diadakan dalam suasana kebebasan politik.

Menurut Samuel Huntington

Demokrasi adalah pembuat keputusan kolektif yang paling kuat dalam sebuah sistem di mana para kandidat secara bebas bersaing untuk mendapatkan suara dan dipilih melalui pemilihan umum yang adil, jujur, dan teratur di mana hampir seluruh penduduk dewasa dapat memilih.

itulah pembahasan mengenai Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli, semoga bermanfaat***

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.