Pengertian dan Sejarah Akuntansi Internasional
Pengertian dan Sejarah Akuntansi Internasional

Pengertian dan Sejarah Akuntansi Internasional

ANAMS.ID – Akuntansi internasional adalah standar pelaporan akuntansi tunggal yang menekankan pengungkapan yang jelas dan transparan dari substansi ekonomi transaksi, evaluasi ulang profesional dengan penjelasan untuk mencapai kesimpulan tertentu.
Pengetahuan ahli tentang akuntansi internasional

Pemahaman profesional akuntansi internasional, termasuk:

1. Menurut Charles T. Horngres dan Walter

Akuntansi internasional adalah sistem informasi yang digunakan untuk mengukur aktivitas bisnis, mengolah data dalam laporan, dan mengkomunikasikan hasil laporan tersebut kepada pengambil keputusan.

2. Menurut Warren et al.

Akuntansi internasional adalah suatu sistem informasi yang memungkinkan penyusunan laporan keuangan kepada pihak-pihak yang berkepentingan yang berkaitan dengan kegiatan ekonomi dan kondisi perusahaan.

3. Menurut Smarso

Akuntansi internasional adalah bidang yang menyediakan informasi penting yang memungkinkan implementasi dan evaluasi yang efisien. Sistem ini menggunakan sistem akuntansi yang dianut di masing-masing negara.

4. Menurut Iqbal dkk. (1997) Sajiart (1999)

Akuntansi internasional adalah perlakuan akuntansi atas transaksi antar negara, perbandingan prinsip akuntansi di masing-masing negara dan harmonisasi prinsip akuntansi di seluruh dunia.

5. Haskins et al., Karim 1996, 2001

Akuntansi internasional adalah pelaporan keuangan dari berbagai negara berdasarkan seperangkat prinsip pengukuran dan pelaporan yang sama.

6. Menurut Kieso (2002:2)

Akuntansi internasional dapat secara tepat didefinisikan dengan menggambarkan tiga fitur utama akuntansi. Fitur-fitur ini telah digunakan untuk menjelaskan akuntansi selama ratusan tahun.

7. Menurut Iqbal, Melcher dan Elmallah (1997:18)

Akuntansi internasional adalah perlakuan akuntansi atas transaksi antar negara, perbandingan prinsip akuntansi di masing-masing negara dan harmonisasi prinsip akuntansi di seluruh dunia.

8. Di Choi dan Muller (1998; 1)

Bahwa ada tiga kekuatan utama yang mendorong bidang akuntansi internasional ke dimensi internasional yang semakin meningkat: (1) faktor lingkungan, (2) internasionalisasi sektor akuntansi, dan (3) internasionalisasi profesi akuntansi. .

Baca Juga :   KARAKTERISTIK KAS

Sejarah akuntansi internasional

Akuntansi dimulai dengan double entry di Italia pada abad 14 dan 15, dan akuntansi diyakini telah muncul dari double entry accounting ini.

Akuntansi modern dimulai ketika pembukuan double-entry ditemukan dan digunakan dalam operasi bisnis. Ini adalah sistem akuntansi entri ganda yang diperkenalkan oleh Luca Pacholo (1447).

Akuntansi entri ganda adalah metode standar untuk memposting transaksi keuangan. Proses akuntansi melibatkan posting transaksi di berbagai jurnal dan menetapkan klasifikasi kode untuk perkiraan buku besar (yaitu pengumpulan mentah data keuangan).

Luca Patchouli lahir di Italia pada tahun 1447. Ia bukanlah seorang akuntan, melainkan seorang matematikawan dan seorang pendeta yang mengajar di beberapa universitas penting Italia. Luke pertama kali menerbitkan prinsip-prinsip dasar sistem akuntansi ganda pada tahun 1494 dalam bukunya Aritmatika proporsi dan proporsi geometris.

Banyak sejarawan, bagaimanapun, berpendapat bahwa prinsip-prinsip di balik sistem akuntansi ganda tidak murni ide Lukas, tetapi hanya ringkasan dan publikasi praktik akuntansi saat itu. Lica sendiri mengakui hal ini (Radebaugh, 1998).

Praktik komersial metode Venesia, yang dirujuk Luca dalam bukunya, menjadi metode yang diadopsi tidak hanya di Italia, tetapi juga di hampir semua negara Eropa seperti Jerman, Belanda dan Inggris, dan wilayah Afrika yang dikuasai. aturan Prancis.

Sistem pelaporan Jerman mempengaruhi Jepang, Swedia dan Kekaisaran Rusia. Pada pertengahan abad kedua puluh, ketika kekuatan ekonomi Amerika Serikat tumbuh, masalah akuntansi yang kompleks juga tumbuh. Oleh karena itu, akuntansi diakui sebagai disiplin akademis yang terpisah.

Setelah Perang Dunia Kedua, pengaruh akuntansi semakin terasa di dunia Barat. Perkembangan akuntansi ditunjang oleh pendidikan (munculnya sekolah bisnis) dan seiring dengan perkembangan zaman dan perkembangan hubungan internasional, kompleksitas akuntansi menjadi semakin kompleks.

Baca Juga :   Pengertian Manajemen

itulah pembahasan mengenai Pengertian dan Sejarah Akuntansi Internasional, semoga bermanfaat***

Leave a Reply

Your email address will not be published.