Pengertian dan Macam macam gelombang

ANAMS.ID – Kali ini kita akan membahas terkait “Pengertian dan Macam macam gelombang”

Artikel ini bertujuan untuk memberikan informasi terkait “Pengertian dan Macam macam gelombang” agar supaya bermanfaat bagi pembaca

Simak artikel “Pengertian dan Macam macam gelombang” dengan baik untuk mendapatkan keseluruhan insightnya.

Pengertian Gelombang

Gelombang adalah gangguan (getaran) yang merambat dalam suatu medium yang membawa energi dari satu tempat ke tempat lain. Dalam gelombang yang merambat, gelombang bukanlah inti medium. Bentuk gelombang yang sempurna akan mengikuti gerak sinus. Selain radiasi elektromagnetik, dan mungkin radiasi gravitasi, yang dapat merambat melalui ruang hampa, gelombang juga berada di media (yang dengan mengubah bentuk dapat menghasilkan gaya pemulih elastis) di mana mereka dapat melakukan perjalanan dan dapat mentransfer energi dari satu tempat ke tempat lain tanpa menyebabkan partikel-partikel media bergerak tidak menentu permanen; Artinya, tidak ada perpindahan massa. Sebaliknya, setiap titik tertentu berosilasi di sekitar posisi tertentu.

Gelombang didefinisikan sebagai getaran yang merambat melalui suatu medium, berupa zat padat, cair, dan gas. Gelombang adalah getaran yang merambat. Bentuk gelombang yang sempurna akan mengikuti gerak sinus. Selain radiasi elektromagnetik, dan mungkin radiasi gravitasi, yang dapat merambat melalui ruang hampa, gelombang juga berada di media (yang dengan mengubah bentuk dapat menghasilkan gaya pemulih elastis) di mana mereka dapat melakukan perjalanan dan dapat mentransfer energi dari satu tempat ke tempat lain tanpa menyebabkan partikel-partikel media bergerak tidak menentu permanen; Artinya, tidak ada perpindahan massa. Sebaliknya, setiap titik tertentu berosilasi di sekitar posisi tertentu.

suatu medium disebut:

  • Linier jika gelombang yang berbeda dapat dijumlahkan di semua titik yang diberikan di tengah
  • terbatas jika terbatas, jika tidak disebut tak terbatas
  • seragam jika sifat fisik tidak berubah pada titik yang berbeda
  • Properti Jika sifat fisik “mirip” dalam arah yang berbeda

Macam macam gelombang

Gelombang menurut arah getaran:

  • Gelombang transversal adalah gelombang yang arah rambatnya tegak lurus dengan arah rambatnya. Contoh: gelombang pada tali, gelombang pada permukaan air, gelombang cahaya, dll.
  • Gelombang longitudinal adalah gelombang yang arah rambatnya sejajar atau berhimpitan dengan arah rambatnya. Contoh: gelombang bunyi dan gelombang pada pegas.

Gelombang menurut amplitudo dan fasenya:

  • Gelombang berjalan adalah gelombang yang amplitudo dan fasanya sama pada setiap titik yang dilalui gelombang.
  • Gelombang stasioner (stasioner) adalah gelombang yang amplitudo dan fasanya berubah (tidak sama) pada setiap titik yang dilalui gelombang tersebut.

Gelombang menurut media:

  • Gelombang mekanik adalah gelombang yang membutuhkan medium perantara untuk perambatannya. Hampir semua gelombang adalah gelombang mekanik.
  • Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang tidak memerlukan medium untuk perambatannya. Contoh: sinar gamma (γ), sinar-X, sinar ultraviolet, cahaya tampak, sinar infra merah, gelombang radar, gelombang televisi, gelombang radio.
Baca Juga :   Mengenal lebih dalam tentang cahaya

gelombang stasioner (diam)

Gelombang berdiri ini dapat disebabkan oleh interferensi (gabungan dua gelombang, gelombang datang dan gelombang pantul). Gelombang pantul yang terjadi berupa pemantulan dapat berupa ujung stasioner dan dapat pula merupakan pemantulan yang merupakan kelanjutan dari gelombang datang (fase diam), tetapi jika pemantulan terjadi pada ujung stasioner, gelombang pantul mengalami pembalikan fase (keluar dari fase 1800) ke gelombang datang.

Itulah pembahasan terkait artikel Pengertian dan Macam macam gelombang. semoga bermanfaat***