Pengertian dan Konsep Pemasaran
Pengertian dan Konsep Pemasaran

Pengertian dan Konsep Pemasaran

Anams.id – Kali ini kita akan membahas mengenai Pengertian dan Konsep Pemasaran. untuk mengetahui penjelasan lengkapnya, simak artikel berikut dengan baik***

Definisi pemasaran

Pemasaran adalah rencana lengkap dan terpadu yang dilakukan oleh suatu lembaga untuk mengelola usahanya guna memenuhi kebutuhan pasar dengan membuat produk, menetapkan harga, mengomunikasikan dan mendistribusikannya melalui aktivitas pertukaran. Ini adalah proses aktivitas bermakna yang memuaskan pembeli/konsumen. dan perusahaan.
Pemahaman Pemasaran Pakar

Menurut para ahli, beberapa pemasar adalah:

Menurut Kotler (2000:73)

Pemasaran adalah proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan dan mempertukarkan produk dan nilai.

Menurut WY.Stanton

Pemasaran mencakup semua sistem terkait yang ditujukan untuk perencanaan dan penetapan harga untuk mengiklankan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memenuhi kebutuhan pembeli aktual dan potensial.

Menurut H. Nystrom

Pemasaran adalah kegiatan penyampaian barang dan jasa dari produsen kepada konsumen. Philip dan Duncan menjelaskan bahwa pemasaran mencakup semua langkah yang digunakan atau diperlukan untuk mendapatkan produk yang nyata ke tangan konsumen.

Menurut Asosiasi Pemasaran Amerika

Pemasaran adalah pelaksanaan kegiatan komersial yang bertujuan mengalirkan barang dan jasa dari produsen ke konsumen. Kesimpulan yang dapat kita tarik adalah bahwa pemasaran adalah proses sosial dan manajerial yang memungkinkan individu dan kelompok untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan dan pertukaran produk dan nilai bersama dengan orang lain.

konsep pemasaran

Berkaitan dengan definisi pemasaran yang telah diuraikan pada bagian sebelumnya, kita perlu melihat beberapa konsep dasar/fundamental pemasaran. Diagram di bawah ini menunjukkan konsep pemasaran utama dan keterkaitannya.

persyaratan

Baca Juga :   KARAKTERISTIK KAS

Kebutuhan adalah keadaan di mana seseorang merasa tidak ada. Seperti yang dikemukakan Abraham Maslow, manusia memiliki kebutuhan yang kompleks dan berlapis-lapis. kebutuhan fisik, keselamatan dan keamanan, kebutuhan sosial, rasa hormat dan pemenuhan diri.

mengharapkan

Keinginan adalah kebutuhan manusia yang dibentuk oleh budaya dan kepribadian individu. Karena perbedaan pola budaya, keinginan manusia dipengaruhi oleh lingkungan sosial budaya. Keinginan manusia tidak terbatas, tetapi sumber daya untuk memuaskan keinginan ini terbatas. Pertanyaannya adalah bagaimana manusia menggunakan sumber daya yang tersedia untuk mengatasi atau beradaptasi dengan keinginan yang tak ada habisnya ini.

meminta

Permintaan adalah keinginan yang didukung oleh daya beli. Tanpa daya beli, keinginan tetap menjadi angan-angan. Sifat keinginan manusia yang tidak terbatas tidak dapat memenuhi semua tuntutan, sehingga kita harus menyesuaikan diri dengan daya beli dan sumber daya yang ada.

produk

Secara umum produk dibedakan menjadi produk berupa barang (tangible) dan produk berupa jasa (intangible), serta produk berupa sarana lain yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia. Kata produk sering diartikan dengan kepuasan, sumber daya, dan penawaran. Konsumen cenderung memilih produk dengan manfaat yang sama dengan produk sejenis tetapi dengan harga yang lebih rendah, atau produk dengan harga yang sama tetapi kualitas yang lebih tinggi.

nilai dan kepuasan

Nilai (pelanggan) adalah konsep yang memandu konsumen dalam memilih produk mana yang akan dipilih di antara berbagai produk. Konsumen umumnya memilih produk yang menawarkan manfaat paling sedikit atau harga terjangkau.

transaksi

Transaksi adalah pertukaran nilai antara dua pihak. Transaksi adalah unit pengukuran dan pertukaran. Salah satu bentuk satuan ukuran ini adalah uang, tetapi tidak semua transaksi melibatkan uang. Transaksi dapat terjadi antara barang dan barang (misalnya antara pesawat IPTN dan sedan Proton Saga dan Malaysia) atau antara barang dan jasa (misalnya jasa dokter pedesaan dengan imbalan ayam).

Baca Juga :   MENGENAL MARKETING PLAN

koneksi

Pemasaran yang baik bukan hanya tentang memperdagangkan produk, tetapi dapat membangun hubungan dengan pelanggan, distributor, reseller atau pemasok dalam jangka panjang. Pemasaran saat ini cenderung bergerak dari memaksimalkan pendapatan setiap transaksi menjadi memaksimalkan hubungan yang saling menguntungkan dengan pelanggan dan pihak lain. Salah satu inisiatif konkrit dan konsep ini adalah, misalnya, pembentukan departemen kehumasan atau humas di lembaga pemerintah dan swasta.

pasar

Pasar terdiri dari semua pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan dan keinginan khusus dan yang mau dan mampu bergabung dalam pertukaran untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan tersebut.

pemasaran

Pemasaran adalah proses sosial atau manajerial di mana individu atau kelompok memperoleh kebutuhan dan keinginan melalui penciptaan bersama produk yang berharga.

itulah pembahasan mengenai Pengertian dan Konsep Pemasaran, semoga bermanfaat***

Leave a Reply

Your email address will not be published.