BIDANG – BIDANG AKUNTANSI
BIDANG – BIDANG AKUNTANSI

BIDANG – BIDANG AKUNTANSI

ANAMS.ID – Perkembangan ekonomi yang pesat menuntut perkembangan bidang akuntansi. Masalah yang dihadapi para pemimpin bisnis menjadi semakin kompleks, dan beberapa area memerlukan perlakuan khusus.

Akuntansi Keuangan (Akuntansi Keuangan)

Akuntansi keuangan disebut juga akuntansi umum, yaitu aset (objek) adalah transaksi keuangan yang melibatkan perubahan aset, kewajiban dan ekuitas perusahaan, dan pihak eksternal lainnya seperti bank, investor, pemerintah dan masyarakat umum.

Kegiatan akuntansi meliputi transaksi yang dilakukan (data historis) yang diterapkan dengan menerapkan prinsip akuntansi yang berlaku umum.

biaya (biaya)

Akuntansi biaya adalah akuntansi yang berfokus pada transaksi keuangan yang terkait dengan biaya. Misalnya, biaya yang terkait dengan proses pembuatan suatu produk. Penetapan biaya dimaksudkan untuk memberikan informasi biaya yang diperlukan untuk tujuan internal (kepemimpinan bisnis), yaitu untuk mengevaluasi kinerja.

Akuntansi Pajak (Akuntansi Pajak)

Akuntansi adalah kegiatan yang berkaitan dengan objek pajak yang menjadi tanggung jawab perusahaan dan perhitungannya untuk pembuatan SPT. Aktivitas akuntansi membantu manajemen menentukan opsi perdagangan yang akan dibuat sehubungan dengan pertimbangan pajak. Akuntan yang bekerja di bidang ini harus mengetahui undang-undang perpajakan yang berlaku.

akuntansi anggaran (akuntansi anggaran)

Akuntansi anggaran adalah akuntansi yang kegiatannya terkait dengan pengumpulan dan pengolahan data yang telah terjadi dan perkiraan kemungkinan terjadinya karena perencanaan keuangan (anggaran) perusahaan dan keputusan Satam.

Catatan atas perbandingan rencana transaksi keuangan yang ditetapkan dan pelaksanaannya merupakan alat manajemen dalam pelaksanaan fungsi pengawasan.

Akuntansi audit (audit)

Akuntansi adalah kegiatan yang berkaitan dengan pemeriksaan catatan hasil akuntansi keuangan, dan lain-lain, dalam rangka mengevaluasi laporan keuangan yang disusun, dan akuntansi audit bersifat independen, sehingga hasil pemeriksaan tersebut terjamin (objektif). , jika proses persiapan sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum;

Baca Juga :   Pengertian Piutang Dagang

akuntan publik (akuntansi publik)

Akuntansi pemerintahan adalah bidang akuntansi yang kegiatannya berkaitan dengan masalah pemeriksaan keuangan negara, atau sering disebut pengelolaan keuangan negara.

tujuan akuntansi

Tujuan utama akuntansi adalah untuk menyajikan informasi ekonomi dari pemangku kepentingan entitas. Entitas adalah badan/perusahaan/organisasi bisnis yang memiliki kekayaan sendiri.

Informasi ekonomi yang dihasilkan oleh akuntansi berguna bagi individu di dalam organisasi (internal) dan individu di luar organisasi (eksternal).

Berkenaan dengan pengguna eksternal informasi, ada dua kategori:

  • Pengguna eksternal yang berkepentingan langsung dengan informasi akuntansi, seperti investor dan kreditur.
  • Pengguna eksternal tanpa kepentingan langsung, seperti analis ekonomi, karyawan, dan lembaga pemerintah.***

Leave a Reply

Your email address will not be published.