Faktor dan Jenis Penjualan
Faktor dan Jenis Penjualan

Faktor dan Jenis Penjualan

Anams.id – Kali ini kita akan membahas mengenai Faktor dan Jenis Penjualan. untuk mengenathui penjelasan lengkapnya, simak artikel beriut dengan baik.

Faktor-faktor yang mempengaruhi aktivitas penjualan

Dalam praktiknya, aktivitas penjualan dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain:

1. KONDISI DAN KEMAMPUAN PENJUAL

Pada prinsipnya, penjual adalah pihak pertama dan pembeli menjadi pihak kedua dalam jual beli barang dan jasa serta pengalihan hak milik komersial. Disini penjual harus mampu meyakinkan pembeli agar berhasil memenuhi target penjualan yang diharapkan.

Jenis dan fitur produk
harga produk.
Ketentuan penjualan: pembayaran, pengiriman, layanan purna jual, garansi, dll.

2. Kondisi pasar

Pasar sebagai kelompok pembeli atau pihak penjualan juga dapat mempengaruhi aktivitas penjualan. Faktor pasar yang perlu diperhatikan adalah:

Permata Pasar
Kelompok pembeli atau segmen pasar
daya beli
frekuensi pembelian
keinginan dan kebutuhan

3. Modal

Jika barang yang dijual belum diketahui pembeli, atau jika lokasi pembeli jauh dari lokasi penjual, semakin sulit menjual barang tersebut. Dalam hal ini, penjual harus terlebih dahulu menyerahkan barangnya kepada pembeli. Struktur dan aktivitas komersial seperti sarana transportasi, lokasi demonstrasi internal dan eksternal dan inisiatif promosi diperlukan untuk mencapai tujuan ini. Semua ini hanya dapat dilakukan jika Anda memiliki jumlah modal yang dibutuhkan untuk menjual.

4. Kondisi organisasi perusahaan

Di perusahaan besar, masalah penjualan ini biasanya ditangani oleh bagian tersendiri (kantor penjualan) yang ditangani oleh orang/ahli tertentu di bidang penjualan.

5. Faktor Lainnya

Faktor lain seperti iklan, demonstrasi, kampanye dan hadiah sering mempengaruhi penjualan. Namun, ini membutuhkan banyak uang. Bagi perusahaan dengan modal besar, kegiatan ini dapat dilakukan secara rutin. Untuk UKM dengan modal yang relatif kecil, kegiatan ini lebih jarang dilakukan.

Baca Juga :   Praktik pengambilalihan hukum dilatarbelakangi oleh tiga hal

Ada pengusaha yang menganut prinsip bahwa “yang terpenting adalah berbuat baik”. Jika prinsip ini diterapkan, pembeli diharapkan untuk membeli barang yang sama lagi. Namun, sebelum mereka dapat berbelanja, Anda sering kali perlu merangsang mereka untuk terlibat, seperti dengan menawarkan kemasan yang menarik atau metode promosi lainnya.
jenis penjualan

Jenis-jenis penjualannya adalah:

Penjualan komersial adalah bentuk di mana penjual menjual ke grosir untuk tujuan dijual kembali.
Penjualan teknis bertujuan untuk meningkatkan penjualan dengan memberikan saran kepada “pembeli/konsumen akhir” produk dan layanan. Dalam hal ini wirausahawan mempunyai tugas utama untuk mengidentifikasi dan menganalisis berbagai masalah yang dihadapi pembeli dan menunjukkan bagaimana produk/jasa yang ditawarkan dapat memecahkan masalah pembeli/konsumen meningkat.
Missionay Selling dalam hal ini adalah usaha seorang pengusaha untuk meningkatkan penjualan dan mendorong pembeli untuk membeli produk dan jasa rupanya dari distributor perusahaan.
Penjualan Bisnis Baru berusaha membuka kesepakatan baru dengan mengubah pelanggan potensial menjadi konsumen.

itulah pembahasan mengenai Faktor dan Jenis Penjualan, semoga bermanfaat***

Leave a Reply

Your email address will not be published.