PENGERTIAN DAN JENIS PROTOKOL
PENGERTIAN DAN JENIS PROTOKOL

PENGERTIAN DAN JENIS PROTOKOL

ANAMS.ID – Protokol adalah seperangkat aturan atau kesepakatan yang menentukan format dan transmisi data. Level di satu komputer berkomunikasi dengan level di komputer lain. Aturan dan konvensi yang digunakan dalam komunikasi ini sering disebut lapisan protokol.

Selain itu, protokol ini berfungsi untuk memungkinkan dua atau lebih komputer berkomunikasi dalam bahasa yang sama.
Inilah yang harus dipertimbangkan oleh protokol:

Sintaks adalah format data dan metode pengkodean yang digunakan untuk mengkodekan sinyal.
Semantix digunakan untuk menentukan maksud dari informasi yang dikirim dan untuk memperbaiki kesalahan yang dihasilkan dari informasi tersebut.
Waktu yang digunakan untuk menentukan kecepatan transfer data.

Selama dua dekade terakhir, jumlah dan ukuran jaringan komputer (networks) telah tumbuh secara eksponensial. Banyak dari jaringan ini didasarkan pada berbagai implementasi perangkat lunak dan perangkat keras. Akibatnya, mereka menjadi tidak cocok dan sulit untuk bergaul satu sama lain.
Jenis protokol jaringan dan kelebihannya

Protokol adalah aturan atau standar yang mengatur atau mengizinkan koneksi, komunikasi, dan transfer data antara dua atau lebih titik pada komputer. Protokol dapat diimplementasikan dalam perangkat keras, perangkat lunak, atau kombinasi keduanya. Protokol ini juga digunakan untuk menentukan jenis layanan yang berjalan di Internet.
Jenis protokolnya adalah:

TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah standar komunikasi Internet dalam proses pertukaran data dari satu komputer ke komputer lain di Internet. Protokol ini tidak dapat berdiri sendiri karena merupakan kumpulan protokol (protocol suite). TCP/IP memiliki beberapa subprotokol yang menangani masalah komunikasi antar komputer.
TelNet (Telecommunication Network) adalah protokol jaringan yang digunakan untuk terhubung ke Internet atau jaringan lokal. Tujuan penggunaannya adalah Network Terminal Protocol, yang menyediakan akses jarak jauh ke jaringan.
FTP (File Transfer Protocol) adalah protokol Internet yang beroperasi pada lapisan aplikasi dan merupakan standar untuk mentransfer file atau file komputer antar mesin di jaringan. Tujuan penggunaannya adalah untuk transfer file.
Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) adalah protokol yang umum digunakan untuk mengirim email atau email melalui Internet. Protokol ini digunakan untuk mengirim data dari komputer pengirim ke server email penerima. Kegunaannya adalah untuk mengirim email atau email.

Baca Juga :   BIDANG - BIDANG AKUNTANSI

RIP (Routing Information Protocol) adalah protokol yang digunakan untuk routing.
NFS (Network File System) adalah protokol yang digunakan untuk berbagi file dengan berbagai host di jaringan.
Transmission Control Protocol (TCP) adalah salah satu protokol inti dari Internet Protocol Suite. Disebut TCP/IP karena TCP adalah salah satu dari dua komponen asli suite, yang lainnya adalah Internet Protocol (IP). Penggunaannya diarahkan pada pertukaran data (connection oriented).

UDP (User Datagram Protocol) adalah protokol lapisan transport TCP/IP yang mendukung komunikasi tanpa koneksi yang tidak dapat diandalkan antara host di jaringan TCP/IP. Penggunaannya adalah pertukaran data tanpa arah (connectionless).

Internet Protocol (IP) adalah protokol yang digunakan untuk mengkomunikasikan data melalui jaringan packet-switched menggunakan Internet Protocol Suite (juga dikenal sebagai TCP/IP). IP adalah protokol utama dari lapisan protokol Internet, bertanggung jawab untuk membawa datagram (protokol individu (paket)) dari host sumber ke host tujuan hanya berdasarkan alamat mereka. Cara Penggunaan
ARP (Address Resolution Protocol) adalah protokol yang digunakan untuk mengambil informasi perangkat keras dari nomor IP.
Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) adalah protokol yang digunakan untuk mendistribusikan IP dalam jaringan dengan jumlah IP yang terbatas.
MIME (Multipurpose Internet Mail Extension) adalah protokol yang digunakan untuk mengirim file biner dalam teks biasa.
SSL (Secure Socket Layer) adalah sistem yang digunakan untuk mengenkripsi transmisi informasi melalui Internet sehingga data dapat ditransmisikan dengan aman.***

Leave a Reply

Your email address will not be published.