Pengertian dan Contoh Gaya Apung

ANAMS.ID – Kali ini kita akan membahas terkait “Pengertian dan Contoh Gaya Apung”

Artikel ini bertujuan untuk memberikan informasi terkait “Pengertian dan Contoh Gaya Apung” agar supaya bermanfaat bagi pembaca

Simak artikel “Pengertian dan Contoh Gaya Apung” dengan baik untuk mendapatkan keseluruhan insightnya.

Pengertian Gaya Apung

Gaya apung adalah kemampuan suatu benda untuk mengapung di dalam zat cair atau cair. Hubungan antara berat suatu benda dan berat air yang dipindahkannya adalah yang menentukan apakah suatu benda akan mengapung; Meskipun ukuran dan bentuk benda akan berpengaruh, hal itu bukanlah alasan utama benda mengapung atau tenggelam.

Saat menimbang batu di dalam air, berat batu yang diukur pada timbangan pegas lebih kecil daripada saat menimbang batu di udara (bukan di air). Massa batu yang diukur dengan timbangan lebih kecil karena ada gaya apung yang mendorong batu ke atas. Efek yang sama akan terasa ketika kita mengangkat sesuatu di dalam air. Batuan atau apapun akan terasa ringan saat diangkat ke dalam air. Hal ini bukan berarti sebagian batu atau benda yang diangkat hilang sehingga berat batu menjadi lebih kecil, melainkan karena gaya apung. Arah gaya apung adalah ke atas alias arah gaya angkat kita berikan pada batu agar batu atau benda apapun yang mengangkatnya di dalam air menjadi lebih ringan.

Gaya apung adalah gaya total yang diberikan fluida pada batu (daya apung = F2-F1). Arah gaya apung (mengambang) adalah ke atas, karena gaya yang diberikan oleh fluida pada dasar batuan (F2) lebih besar daripada gaya yang diberikan oleh fluida di atas batuan (F1). Hal ini karena tekanan fluida di bagian bawah lebih besar daripada tekanan fluida di bagian atas batuan.

contoh gaya apung

  • Kapal / Perahu

Tangki air pelampung yang menghentikan keluarnya air yang masuk saat tangki/tangki air mulai terisi

Analisis perhitungan

Sepotong paduan emas-aluminium memiliki massa 15 kg. Jika Anda menggantung pada timbangan pegas dan kemudian merendamnya dalam air, timbangan menunjukkan 7 kg. Berapa perbandingan antara kedua jari telunjuk jika massa jenis emas adalah…..dan massa jenis Al……?

bantuan:
Massa di udara = 15 kg
Massa dalam air = 7 kg

hukum Archimedes:
pengurangan berat air = gaya Archimedes
(15-7) kg x g = air x g x V_bf
8 kg = 1000 kg/m 3 x V_bf
Volume mineral = = 8 x 10^(-3) m^3
Campuran m = takaran + uang
15 kg = Emas x Vemas + Aluminium x V Al

Baca Juga :   Bola A yang massanya 2 kg bergerak ke kanan dengan kecepatan 20 m/s bertumbukan dengan bola B

Kita misalkan Vemas adalah α , lalu
15 kg = 19.300 kg/m3 x +2700 kg/m3 (8 x 10〗^(-3) m3-)
Vimas = 3,97 × 10^(-4) m 3
V Al = 4 x 10〗 ^ (- 3) m3 – 3,97 x 10〗 ^ (- 4) m3
= 3,60 x 10^(-3) m 3

Itulah pembahasan terkait artikel Pengertian dan Contoh Gaya Apung. semoga bermanfaat***