Mengenal Tumbuhan Gymnospermae, Kelompok Tumbuhan yang Berbiji Terbuka

anams.id – Hallo Teman pernah denger nggak sih tentang tumbuhan gymnospermae? Tumbuhan ini salah satu jenis tumbuhan berbiji yang nggak punya bunga dan buah loh. Beda banget sama tumbuhan berbunga yang kita sering liat. Tumbuhan gymnospermae punya biji yang terbuka, nggak kayak tumbuhan berbunga yang punya buah.

Nah, tumbuhan gymnospermae ini udah ada sejak jaman prasejarah dan banyak fosilnya ditemukan di berbagai tempat di dunia. Contohnya tumbuhan gymnospermae yang sudah punah antara lain Glossopteris dan Cordaites. Sedangkan yang masih ada sampai sekarang ada pinus, cemara, juniper, dan redwood.

Tumbuhan gymnospermae punya ciri-ciri yang beda dengan tumbuhan berbunga, seperti nggak punya bunga dan buah, batangnya biasanya tinggi, daunnya berbentuk jarum atau lebar, dan bijinya terbuka. Tumbuhan gymnospermae ini juga bisa tumbuh di berbagai habitat, mulai dari daerah tropis sampe sedang.

Nah, gimana sih proses reproduksi tumbuhan gymnospermae? Prosesnya melalui pembentukan biji yang terjadi di dalam putik setelah terjadi penyerbukan. Beberapa contoh tumbuhan gymnospermae yang berbiji terbuka antara lain pinus, cemara, dan juniper.

Yuk, simak terus artikel ini buat tau lebih banyak lagi tentang tumbuhan gymnospermae dan keunikan yang dimilikinya.

Pengertian tumbuhan gymnospermae

Gymnospermae adalah salah satu kelompok tumbuhan berbiji yang tidak memiliki bunga dan buah. Kelompok tumbuhan ini memiliki biji yang terbuka dan tidak dilindungi oleh dinding buah seperti pada tumbuhan berbunga. Tumbuhan gymnospermae telah ada sejak jaman prasejarah dan banyak ditemukan fosilnya di berbagai tempat di dunia. Berikut ini adalah beberapa informasi mengenai tumbuhan gymnospermae.

Klasifikasi

Tumbuhan Gymnospermae yang Sudah Punah

Beberapa tumbuhan gymnospermae yang sudah punah antara lain Glossopteris dan Cordaites. Glossopteris adalah tumbuhan gymnospermae yang hidup pada era Paleozoikum dan Mesozoikum. Tumbuhan ini memiliki daun yang besar dan tebal dengan vena yang bercabang-cabang.

Baca Juga :   Situasi terbaik terumbu karang serta ancaman terumbu karang

Cordaites adalah tumbuhan gymnospermae yang hidup pada era Paleozoikum. Tumbuhan ini memiliki daun yang tipis dan panjang, serta batang yang tinggi.

Tumbuhan Gymnospermae yang Masih Ada Sampai Sekarang

Beberapa tumbuhan gymnospermae yang masih ada sampai sekarang antara lain pinus, juniper, cemara, dan redwood. Pinus adalah tumbuhan gymnospermae yang paling banyak ditemukan di dunia.

Tumbuhan ini memiliki daun yang berbentuk jarum dan tajuk yang berbentuk kerucut. Juniper adalah tumbuhan gymnospermae yang tumbuh di daerah beriklim kering dan berbatu. Tumbuhan ini memiliki buah yang berwarna biru kehitaman dan berbentuk bola.

Cemara adalah tumbuhan gymnospermae yang tumbuh di daerah beriklim tropis dan subtropis. Tumbuhan ini memiliki daun yang lebar dan agak lebat, serta buah yang berbentuk kerucut. Redwood adalah tumbuhan gymnospermae yang tumbuh di daerah beriklim sedang. Tumbuhan ini memiliki batang yang besar dan tinggi, serta daun yang berbentuk jarum.

Ciri-Ciri Gymnospermae

Tumbuhan gymnospermae memiliki beberapa ciri-ciri yang membedakannya dengan tumbuhan berbunga. Beberapa ciri-ciri tersebut antara lain:

  1. Tidak memiliki bunga dan buah.
  2. Bijinya terbuka dan tidak dilindungi oleh dinding buah.
  3. Batangnya biasanya tinggi dan tegak.
  4. Daunnya berbentuk jarum atau lebar dengan bentuk yang bervariasi.
  5. Akar tumbuhan gymnospermae biasanya sangat kuat dan dalam untuk menopang batang yang tinggi.

Habitat Gymnospermae

Tumbuhan gymnospermae dapat ditemukan di berbagai habitat, mulai dari daerah beriklim tropis hingga daerah beriklim sedang. Beberapa tumbuhan gymnospermae tumbuh di daerah berbatu dan kering, sementara yang lain tumbuh di daerah yang lembab.

Reproduksi, Proses Penyerbukan, dan Pembuahan

Tumbuhan gymnospermae melakukan reproduksi dengan cara menghasilkan biji. Proses penyerbukan terjadi ketika serbuk sari jatuh ke arah putik. Setelah terjadi penyerbukan, biji akan terbentuk melalui proses pembuahan yang terjadi di dalam putik. Biji pada tumbuhan gymnospermae terbuka dan tidak dilindungi oleh dinding buah seperti pada tumbuhan berbunga.

Baca Juga :   Jaringan Kolenkim, Peran Penting dalam Memperkuat Batang dan Daun Tumbuhan

Contoh Gymnospermae (Berbiji Terbuka)

Beberapa contoh tumbuhan gymnospermae yang berbiji terbuka antara lain pinus, cemara, dan juniper. Pinus memiliki biji yang terbuka dan dilindungi oleh sisik-sisik yang berbentuk kerucut. Cemara memiliki biji yang terbuka dan dilindungi oleh sisik-sisik yang berbentuk kerucut. Juniper memiliki buah yang berbentuk bola dan berwarna biru kehitaman.

Baiklah demikian yang dapat kami sampaikan terkait artikel mengenai tumbuhan gymnospermae semoga dapat bermanfaat bagi pembaca semuanya yah, terimakasih.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *