Makna Keragaman
Makna Keragaman

Makna Keragaman

Anams.id – Kali ini kita akan membahas mengenai Makna Keragaman. untuk mengetahui penjelasan lengkapnya, simak artikel berikut dengan baik

Keanekaragaman berasal dari kata diversity. Berdasarkan KBBI Keanekaragaman berarti:

  • sikap, perilaku, sikap
  • baik hati
  • musik, lagu, gaya
  • warna, pola
  • barel (tata bahasa)

Keberagaman di sini berarti adanya perbedaan dalam berbagai bidang seperti suku, ras, agama, keyakinan, ideologi, martabat, dan situasi ekonomi dalam masyarakat.

arti persamaan

Kesetaraan berasal dari kata equal, second (KBBI) yang artinya sama derajat (derajat, kedudukan). Jadi konteks kesetaraan disini adalah keadaan dimana perbedaan dan keragaman yang ada pada manusia masih memiliki kedudukan dan tingkat hierarki yang sama. Ini termasuk diperlakukan sama di semua bidang tanpa memandang jenis kelamin, keturunan, kekayaan, etnis, dll. Dalam pandangan Islam, kedudukan manusia adalah sama dalam segala hal, dan kedudukan yang paling mulia di sisi Allah adalah ketakwaan dan keimanan.

kesetaraan sosial

Kesetaraan sosial adalah sistem sosial-politik di mana semua orang dalam masyarakat atau kelompok tertentu memiliki status yang sama. Sekurang-kurangnya, kesetaraan sosial mencakup persamaan hak di bawah hukum, rasa aman, hak untuk memilih, kebebasan berbicara dan berkumpul, dan sejauh hak-hak tersebut tidak merupakan hak yang bersifat individu atau pribadi. Termasuk persamaan hak. Hak-hak ini juga dapat mencakup akses ke pendidikan, perawatan kesehatan dan jaminan sosial lainnya, sama dalam tugas yang mempengaruhi semua lapisan masyarakat.

arti kecantikan

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kecantikan diartikan sebagai keadaan cantik, baik, pas, atau indah, enak dipandang.

Kecantikan adalah apa yang membuat pemirsa merasa moderasi (Leo Tolstoy, penyair Rusia), Kecantikan adalah apa yang membawa kegembiraan (Humor, penyair Inggris), Kecantikan adalah apa yang membawa lebih banyak kegembiraan (Hemsterhaus, penyair Belanda). Keindahan adalah susunan yang teratur dari bagian-bagian yang berhubungan erat (Baumgarten, penyair Jerman), keindahan adalah proporsi yang harmonis (Shaftesbury, penyair Jerman), keindahan adalah objek dan Harmoni dengan tujuan (Emmanuel Kant).

Baca Juga :   Belajar Renang

Keindahan dan harmoni hadir dalam bentuk dimensi, kombinasi, konflik, dan keseimbangan. Ukuran persegi panjang yang indah adalah 3 sampai 5, kombinasi kulit gelap dan pakaian berwarna lembut serasi, kontras antara tinggi dan rendah musik atau suara keras dan lembut indah, dan keseimbangan diciptakan oleh orang tinggi. memakai garis-garis horizontal Kemeja dengan garis-garis vertikal cocok untuk orang pendek.

Keindahan dalam arti artistik bersifat subjektif, artinya keindahan merupakan hasil hubungan antara pikiran dan pengamatnya. Keindahan seni ditentukan oleh unsur dinamis berupa perubahan kesan akibat dunia yang selalu berubah, dan unsur dinamis menjadikan keindahan seni rupa dinamis, yaitu keindahan dinilai dari tempat dan waktu. Dengan cara ini, keindahan dalam arti artistik adalah hasil dari hubungan antara pikiran dan objek pengamatan, dan kesannya terus berubah tergantung pada tempat dan waktu.

nilai estetika

Menurut KBBI, nilai adalah harga uang dengan kandungan paling sedikit. Mengevaluasinya; Kualitas: Kualitas (hal) yang penting atau berguna bagi umat manusia, yang melengkapi manusia menurut kodratnya. Padahal estetika adalah tentang keindahan. Mengenai evaluasi keindahan (alam, seni, sastra).

Menurut Jahili, nilai adalah harga, makna, isi dan pesan, semangat atau jiwa, dan bermakna secara fungsional karena dinyatakan dan tersirat dalam fakta, konsep, dan teori. Darajat dkk menawarkan pemahaman bahwa nilai adalah seperangkat keyakinan atau perasaan yang diyakini sebagai identitas yang memberikan gaya tertentu pada pola berpikir, perasaan, keterikatan dan perilaku.

Sejalan dengan pemahaman Darajat, Una (dalam Thoha, 1996: 60) menyatakan bahwa nilai didefinisikan dalam sistem kepercayaan tentang apa yang seseorang lakukan atau hindari, atau pantas atau tidak pantas untuk dilakukan.

Nilai estetika adalah nilai yang terkait dengan segala sesuatu yang termasuk dalam konsep keindahan.

Baca Juga :   Ketahanan Nasional

Kontemplasi dan perpanjangan kontemplasi

Kontemplasi merupakan inti dari cara manusia menciptakan hal-hal yang indah, yaitu proses perenungan atau perenungan untuk mencari nilai, makna, manfaat, tujuan atau maksud dari hasil penciptaan. Nikmati hal-hal yang indah.

Jika kontemplasi dan ekstasi dikaitkan dengan kreativitas, maka kontemplasi adalah kekuatan pendorong untuk menciptakan keindahan, dan ekstasi adalah kekuatan pendorong untuk sensasi menikmati keindahan. Orang-orang memiliki derajat dan tingkat meditasi dan ekstasi yang berbeda, dan oleh karena itu mereka merespons secara berbeda terhadap keindahan sebuah karya seni.

Manusia telah menciptakan berbagai alat untuk memecahkan misteri fenomena alam ini. Semua ini dilakukan dan terjadi hanya atas dasar resep atau pemikiran awal yang dihasilkan oleh musyawarah. Siklus kehidupan manusia dalam perspektif ini menunjukkan bahwa kontemplasi bukan hanya tujuan, tetapi juga jalan atau jalan untuk menemukan kesempurnaan hidup manusia.

itulah pembahasan mengenai Makna Keragaman, semoga bermanfaat***

Leave a Reply

Your email address will not be published.