Makna, hakikat, dan tujuan pembangunan nasional

ANAMS.ID – Kali ini kita akan membahas terkait “Makna, hakikat, dan tujuan pembangunan nasional”
Artikel ini bertujuan untuk memberikan informasi terkait “Makna, hakikat, dan tujuan pembangunan nasional” agar supaya bermanfaat bagi pembaca
Simak artikel “Makna, hakikat, dan tujuan pembangunan nasional” dengan baik untuk mendapatkan keseluruhan insightnya.

Makna, hakikat, dan tujuan pembangunan nasional

Pembangunan nasional dapat diartikan sebagai rangkaian upaya pembangunan berkelanjutan yang meliputi seluruh kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk melaksanakan tugas mewujudkan tujuan nasional. Hakikat pembangunan nasional adalah pembangunan manusia Indonesia seutuhnya dan pembangunan masyarakat Indonesia seutuhnya. Pembangunan nasional dilaksanakan untuk mewujudkan tujuan nasional sebagaimana tertuang dalam Pembukaan UUD 1945 alinea IV, yaitu …. melindungi segenap bangsa Indonesia dan segenap bangsa Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial serta mewujudkan cita-cita bangsa sebagaimana dimaksud pada ayat II Pembukaan UUD 1945. Apa yang dilakukan bangsa Indonesia saat ini dimaknai sebagai pengamalan Pancasila. Masa perkembangan akan memberikan kesempatan yang baik bagi Pancasila untuk memberikan pengaruh yang mendalam dan mendasar pada sistem nilai sosial budaya masyarakat Indonesia.

Sebagaimana telah berulang kali dikemukakan oleh para ilmuwan sosial, filosof, dan pejabat tinggi di pemerintahan bahwa pembangunan nasional mengandung makna pembaruan. Pembangunan dan pembaharuan secara alami membawa perubahan sosial dan budaya. Perubahan ini bisa dangkal dan mendasar. Perubahan yang dangkal akan mudah dan cepat berubah. Misalnya terlihat pada perubahan mode pakaian, selera arsitektur rumah atau tempat tinggal, dan popularitas lagu-lagu generasi muda yang sedang digandrungi di antara mereka. Misalnya, masyarakat agraris menjadi masyarakat industri, masyarakat tradisional menjadi masyarakat modern, sistem kehidupan pedesaan menjadi gaya hidup perkotaan, dan perubahan masyarakat Indonesia dari yang dijajah oleh kekuatan asing menjadi masyarakat yang mandiri dalam negara yang diperintah. dan dikelola oleh kekuatan nasional.

Visi dan Misi Pembangunan Nasional

Visi

Terwujudnya masyarakat Indonesia yang damai, demokratis berkeadilan, berdaya saing, maju dan sejahtera dalam wadah Negara Republik Indonesia yang sehat, mandiri, beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia, cinta tanah air, berkesadaran hukum dan lingkungan, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki etos kerja yang tinggi dan berdisiplin.

Misi

Untuk mewujudkan visi bangsa Indonesia masa depan, misiyang ditetapkan adalah sebagai berikut:

  • Pengamalan Pancasila secara konsisten
  • Penegakan kedaulatan rakyat dalam segala aspek
  • Peningkatan pengamalan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
  • Penjaminan kondisi aman, damai dan tertib
  • Perwujudan sistem hukum nasional
  • Perwujudan kehidupan sosial buadaya yang dinamis dankreatif
  • Pemberdayaan masyarakat dan seluruh kekuatan ekonomi nasional
  • Perwujudan otonomi daerah
  • Perwujudan kesejahteraan rakyat
  • Perwujudan aparatur negara
  • Perwujudan sistem dan pendidikan nasional yangdemokratis
  • Perwujudan politik luar negeri yang berdaulat.
Baca Juga :   Rentang rapat pertama dan kedua BPUPKI

Itulah penjelasan terkait Makna, hakikat, dan tujuan pembangunan nasional. semoga bermanfaat***