Macam Macam Adat Istiadat

ANAMS.ID – Kali ini kita akan membahas terkait “Macam Macam Adat Istiadat”

Artikel ini bertujuan untuk memberikan informasi terkait “Macam Macam Adat Istiadat” agar supaya bermanfaat bagi pembaca

Simak artikel “Macam Macam Adat Istiadat” dengan baik untuk mendapatkan keseluruhan insightnya.

Macam Macam Adat Istiadat

  • Tradisi yang benar adalah adat yang tidak rusak karena panas, tidak rusak karena hujan, tidak layu, dan hanyut oleh air. Artinya, semua penilaian yang ada di alam memiliki sifat yang tidak akan berubah, misalnya hutan gundul menjadi penyebab banjir, kejahatan pasti akan dihukum, niat baik menghasilkan kebahagiaan, dll.
  • Adat dan tradisi adalah segala ketentuan yang berlaku dalam masyarakat. Penilaian ini ditulis oleh Datuk Nan Duo berdasarkan sifat dari segala sesuatu di alam. Tujuannya adalah untuk menata kehidupan sosial dari segi ketertiban, ekonomi dan sosial budaya.
  • Adat Teradat Ini adalah aturan yang dibentuk atas dasar musyawarah. Setiap kelompok masyarakat memiliki aturan dan tata cara yang berbeda dengan kelompok masyarakat lainnya.
    Kebiasaan adalah kebiasaan atau kesukaan masyarakat setempat saat berpesta, berkesenian, hiburan, pakaian, olahraga, dll.

Adat bisa tertulis dan tidak tertulis. Contoh kebiasaan menulis antara lain:

  • Piagam Raja (Surat Pengesahan Raja dan Kepala Bea Cukai)
  • Peraturan persekutuan hukum adat tertulis seperti pembangunan desa, agama desa, dan awig-awig (sistem subak Bali).

Kriterian adat istiadat

Kriteria yang paling menentukan bagi konsep imitasi adalah bahwa imitasi diciptakan melalui tindakan dan perilaku orang melalui gagasan dan imajinasi orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya (Skils dalam Sayogyo, 1985: 90).

Itulah penjelasan terkait Macam Macam Adat Istiadat. semoga bermanfaat***

Baca Juga :   Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya interkulturalitas