Kenapa Kita Harus Peduli Dengan Budaya?

Apa Sih Budaya Itu dan Kenapa Kita Harus Peduli?

Anams.id Pernahkah kamu berpikir tentang arti pentingnya budaya? Budaya adalah segala sesuatu yang terkait dengan kehidupan manusia, termasuk istiadat, kesenian, dan kepercayaan. Hal ini menunjukkan bahwa budaya adalah segala daya, kemampuan, dan kegiatan untuk mengolah dan bahkan mengubah serta memanfaatkan lingkungan di sekitar kita.

Namun, mengapa budaya harus menjadi hal yang penting bagi kita? Apa yang sebenarnya membuatnya begitu istimewa? Dalam artikel ini, kita akan membahas arti budaya menurut para ahli dan mengapa kita harus merawat dan melestarikannya.

Pengertian Budaya Menurut Para Ahli

Menurut Koentjaraningrat, budaya adalah keseluruhan sistem gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar dalam rangka kehidupan dalam setiap pengertian masyarakat. Clifford Geertz mendefinisikan budaya sebagai sebuah sistem yang mencakup konsep-konsep yang diturunkan secara simbolik, yaitu dengan cara berkomunikasi, melestarikan, dan juga mengembangkan pengetahuan dan sikap.

Berdasarkan pandangan B Taylor, kebudayaan digambarkan sebagai keseluruhan kompleks, di mana dalam suatu kebudayaan selalu terselip ragam ilmu pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, bakat istimewa, serta kebiasaan yang didapat oleh manusia sebagai bagian dari masyarakat. Sedangkan menurut Linton, budaya merupakan keseluruhan pola perilaku, pengetahuan, dan sikap manusia, yang kemudian menjadi kebiasaan yang diwariskan dan dimiliki oleh kelompok masyarakat.

Effat Al-Syarqawi juga memandang budaya sebagai sejarah dari suatu kelompok masyarakat tertentu, di dalamnya terdapat berbagai nilai yang mengandung makna dan tujuan bersifat religi. Selo Soemardjan, pada sisi lain, menyebutkan bahwa budaya merupakan hasil karya, cipta, dan rasa masyarakat.

Baca Juga :   Apa itu Diskusi?

Kenapa Budaya Harus Jadi Hal yang Penting?

Budaya adalah cerminan dari kehidupan manusia. Ia menunjukkan siapa kita, apa yang kita yakini, dan bagaimana kita berinteraksi dengan dunia di sekitar kita. Maka dari itu, melestarikan dan merawat budaya harus menjadi bagian dari kehidupan kita.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa budaya harus menjadi hal yang penting bagi kita:

1. Mempertahankan Identitas

Budaya adalah identitas dari suatu kelompok masyarakat. Dengan melestarikan budaya, kita dapat mempertahankan identitas kita sebagai bagian dari masyarakat tersebut.

2. Budaya juga memiliki nilai dan norma yang membentuk karakter dan moral seseorang.

Dengan mempelajari dan mempraktikkan budaya, kita dapat mengembangkan sikap dan perilaku yang baik serta menghindari perilaku yang buruk. Selain itu, budaya juga dapat mengajarkan kita tentang nilai-nilai seperti kerja keras, kesederhanaan, dan kejujuran.

3. Budaya dapat menjadi sumber inspirasi dan kreativitas bagi kita.

Dengan memahami seni dan budaya, kita dapat mengembangkan kreativitas dan menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda. Seni dan budaya juga dapat menginspirasi kita untuk mengembangkan ide-ide inovatif dalam berbagai bidang seperti musik, film, dan literatur.

4. Budaya dapat menjadi alat diplomasi yang efektif antara berbagai negara dan budaya.

Cara Asik Mempelajari Budaya

Menjelajahi dan mempelajari budaya dapat menjadi pengalaman yang sangat menarik dan mengasyikkan. Berikut ini beberapa cara asik mempelajari budaya:

1. Mencicipi kuliner lokal

Setiap negara memiliki hidangan khas dan kuliner yang unik. Cobalah untuk mencicipi makanan lokal saat Anda berada di suatu tempat. Anda juga bisa belajar tentang resep makanan khas dan mencoba membuatnya sendiri di rumah.

2. Mengunjungi museum dan galeri seni

Baca Juga :   Sebab Utama Terjadinya Perang Dunia 1 yang Perlu Kamu Tahu

Museum dan galeri seni dapat memberikan banyak informasi tentang sejarah dan budaya suatu tempat. Anda dapat mengetahui tentang seni, arsitektur, dan karya seniman lokal.

3. Mengikuti festival dan acara budaya

Festival dan acara budaya dapat menjadi cara terbaik untuk mempelajari budaya suatu tempat. Anda dapat menonton pertunjukan musik dan tari tradisional, mencoba pakaian tradisional, dan mencicipi hidangan khas.

4. Belajar bahasa

Bahasa adalah bagian penting dari budaya. Belajar bahasa lokal dapat membantu Anda memahami budaya dan komunikasi dengan orang-orang setempat.

5. Membaca buku dan menonton film

Membaca buku dan menonton film tentang budaya suatu tempat dapat memberikan wawasan yang lebih dalam. Buku dan film dapat memberikan gambaran tentang sejarah, masyarakat, dan budaya.

6. Berinteraksi dengan orang setempat

Berbicara dengan orang setempat dapat membantu Anda memahami budaya dan tradisi mereka. Cobalah untuk berbicara dengan mereka tentang sejarah, kebiasaan, dan budaya setempat.

7. Mengikuti tur budaya

Banyak turis menawarkan tur budaya yang dirancang khusus untuk mempelajari budaya suatu tempat. Tur ini dapat memberikan wawasan tentang sejarah, seni, dan tradisi lokal.

Dengan memahami budaya negara lain, kita dapat membangun hubungan yang lebih baik dan saling menghargai antar bangsa. Demikian pembelajaran mengenai pengertian budaya secara umum, semoga kalian dapat memahami bab tentang budaya. Terima Kasih***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *