Karakteristik Administrasi Perkantoran
Karakteristik Administrasi Perkantoran

Karakteristik Administrasi Perkantoran

Anams.id – kali ini kita akan membahas mengenai Karakteristik Administrasi Perkantoran. untuk mengetahui pembahasan lengkapnya, simak artikel berikut dengan baik.

Karakteristik manajemen kantor

layanan alam

Pekerjaan klerikal adalah untuk melayani mereka yang melakukan pekerjaan klerikal (pekerjaan klerikal utama) untuk mencapai tujuan organisasi.

GR Terry mengatakan bahwa pekerjaan kantor adalah pekerjaan pelayanan. Ini membuatnya lebih mudah. Pekerjaan kantor berperan dalam membantu pekerjaan lain, sehingga dapat dilakukan dengan lebih efisien.

Herry L. Wilie dan Robert P. Brecht menyatakan bahwa pekerjaan kantor berfungsi sebagai organisasi jasa yang dimaksudkan untuk melayani bagian dari suatu organisasi atau bisnis. Dalam bisnis, pekerjaan kantor tidak membawa manfaat langsung seperti pekerjaan kantor dan pekerjaan lapangan seperti manufaktur dan penjualan. Namun, jika dokumen memenuhi kebutuhan produksi penjualan dengan baik, produksi atau penjualan dapat berhasil dan menguntungkan.
Menembus semua bagian organisasi

Karena pekerjaan kantor adalah layanan untuk semua tugas operasional.
dibuat dari semua sisi

Ketika pekerjaan kantor menyebar ke seluruh bagian organisasi, pekerjaan akan dilakukan oleh semua orang dalam organisasi. Pekerjaan kantor mungkin merupakan tugas sekelompok karyawan (misalnya, departemen administrasi), tetapi pekerjaan tersebut menjadi monopoli kelompok karyawan tersebut. Pekerjaan klerikal akan dilakukan dari manajemen tertinggi (jabatan tidak akan berubah) hingga staf terendah.

Misalnya, seorang manajer perlu menelepon kantor lain untuk mengumpulkan data atau informasi yang diperlukan atau menerima telepon dari kantor lain. Mandor mencatat pekerja atau pegawai yang tidak datang atau bekerja lembur tanpa mengurangi tugas utama mandor. Karyawan yang rendah hati sering kali mendapatkan pekerjaan sebagai pengantar surat dan mengisi buku pos selain membersihkan kantor.

Mencermati peran karakteristik pekerjaan kantoran sebagaimana diuraikan di atas, menunjukkan bahwa pekerjaan kantor secara umum merupakan fungsi pendukung (facilitating function) dan merupakan urat nadi organisasi modern. Secara umum pekerjaan kantor meliputi kegiatan administrasi mulai dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan. Secara khusus (tugas atau unit operasi sehari-hari), pekerjaan kantor meliputi tugas mengumpulkan, mencatat, mengolah, mereproduksi, mentransmisikan, dan menyimpan.

Baca Juga :   Komponen Utama dari Sistem Akuntansi

Prinsip administrasi kantor

Prinsip-prinsip manajemen adalah dasar-dasar/asas bagaimana seharusnya manajemen dilakukan agar dapat memenuhi kondisi yang diharapkan dan mencapai hasil yang maksimal.

Frederick Winslow Taylor (Prinsip Manajemen Ilmiah) 1856-1915

Pengembangan metode ilmiah dalam manajemen sehingga cara yang paling tepat/terbaik untuk melakukan setiap tugas dapat ditentukan
Seleksi secara ilmiah karyawan agar dapat dipercayakan pekerjaan sesuai dengan kemampuannya
Pelatihan karyawan dan pengembangan ilmiah
Kerjasama yang baik antara manajemen dan karyawan.

James D. Mooney

Prinsip-prinsip koordinasi: termasuk otoritas, pelayanan timbal balik, doktrin (penentuan tujuan) dan disiplin
Prinsip skalar termasuk kepemimpinan, delegasi dan fungsi
prinsip fungsional, yaitu fungsionalisme untuk tugas yang berbeda
Prinsip SDM, yaitu perbedaan yang jelas antara SDM dan lini

kantor Kerja

Arti dari pekerjaan kantoran adalah menata dan mencatat peristiwa-peristiwa yang telah terjadi sehingga menjadi informasi yang bermanfaat. Dilakukan dengan menggunakan alat mekanis dan manual untuk meningkatkan kualitas kerja, memudahkan pengawasan dan menghemat biaya, tenaga dan waktu. Melihat lebih jauh ke dalam kegiatan yang dapat dilakukan, pekerjaan klerikal dapat dibagi menjadi beberapa kelompok berikut:

mengumpulkan, mengumpulkan

Gathering/pengumpulan, yaitu kegiatan mencari dan menyediakan semua informasi yang sebelumnya tidak ada atau tersebar di mana-mana, siap digunakan pada saat dibutuhkan.

ambil catatan

Yaitu kegiatan logging, seperti menggunakan alat tulis untuk mencatat berbagai transaksi dan berbagai informasi yang dibutuhkan.

proses

Artinya, mengerjakan atau mengolah data atau informasi dengan tujuan menyajikannya dalam bentuk yang lebih bermanfaat.

menggandakan

Ini adalah kegiatan yang berkembang biak dalam banyak cara yang dibutuhkan dan dalam berbagai cara dan alat.

Kirim

Merupakan kegiatan pengiriman informasi atau data dari satu pihak ke pihak lain dengan menggunakan berbagai metode dan alat.

Baca Juga :   Pengertian Obligasi

menjaga

Merupakan kegiatan menempatkan informasi pada tempat-tempat tertentu dengan menggunakan berbagai metode dan alat sehingga dapat ditemukan dengan cepat pada saat dibutuhkan.

itulah pembahasan mengenai Karakteristik Administrasi Perkantoran, semoga bermanfaat***

Leave a Reply

Your email address will not be published.