Jenis Kartu Kredit
Jenis Kartu Kredit

Jenis Kartu Kredit

ANAMS.ID – Kartu kredit adalah kartu yang diterbitkan oleh beberapa bank kepada pengguna yang memungkinkan pengguna untuk membeli barang dan jasa dari bisnis yang menerima kartu tersebut tanpa harus membayar “debit” secara tunai.

Kartu kredit dapat dikatakan sebagai uang elektronik yang dikeluarkan oleh suatu instansi dalam rangka memperoleh kredit untuk transaksi dimana pengguna kartu dapat membayar secara mencicil sesuai waktu yang telah ditentukan.
tipe kartu kredit

Jenis kartu kredit yang diterima saat ini adalah:

1. Berdasarkan fungsi

Terdiri dari:

kartu kredit

Kartu kredit atau credit card adalah jenis kartu yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran pembelian dan penjualan barang atau jasa dan dapat dikembalikan atau diganti dalam satu kali pembayaran atau dicicil dengan jumlah minimum yang ditentukan.

kartu debit

Charge Card adalah kartu yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran untuk transaksi pembelian dan penjualan barang atau jasa dan mengharuskan pelanggan untuk mengembalikan tagihan secara penuh pada akhir bulan atau bulan berikutnya, dengan atau tanpa biaya tambahan. .

kartu debit

Kartu debit adalah kartu kredit yang membayar tagihan pelanggan di bank saat membuka kartu kredit. Dengan tagihan ini, akun Anda secara otomatis akan mengurangi jumlah transaksi kartu kredit.

ATM

Kartu ATM pada dasarnya memungkinkan pemegangnya untuk menarik uang tunai langsung di meja kas bank atau melalui ATM bank, biasanya terletak di lokasi strategis seperti hotel, pusat perbelanjaan dan area perkantoran. dari satu bank ke bank lain.

Oleh karena itu, berbeda dengan ketiga kartu plastik tersebut di atas, kartu ATM tidak dapat digunakan sebagai alat pembayaran untuk pembelian dan penjualan barang atau jasa seperti kartu kredit, kartu debit, dan kartu kredit. Penerbitan kartu khusus penarikan uang tunai dari bank pada dasarnya bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan kepada nasabah yang sebelumnya memiliki simpanan pada bank tersebut.

Baca Juga :   MENGENAL PAJAK

Periksa garansi

Pada prinsipnya kartu ini dapat digunakan sebagai jaminan penarikan cek oleh pemegang kartu. Jenis kartu ini sangat populer di Eropa, terutama di Inggris. Selain itu, kartu ini juga dapat digunakan untuk tarik tunai di ATM.

2. Tergantung pada area aplikasi

Terdiri dari:

kartu kredit nasional

Kartu kredit domestik adalah kartu plastik yang berlaku dan hanya dapat digunakan di wilayah tertentu, seperti Indonesia. Dengan popularitas kartu plastik yang cepat, beberapa pengecer dan perusahaan jasa mengeluarkan kartu plastik (biasanya kartu kredit) untuk memberikan layanan yang lebih mudah dan praktis kepada pelanggan. Misalnya Hero, Astra Card, Golden Truly, Garuda Executive Card, dll.

kartu kredit internasional

Kartu kredit internasional adalah kartu yang dapat digunakan di berbagai negara oleh bank penerbit, menjadikannya alat pembayaran internasional yang valid.
Kartu kredit internasional yang dapat digunakan untuk transaksi domestik adalah sebagai berikut.

kartu Visa

Visa Card adalah kartu kredit internasional yang dimiliki oleh perusahaan kartu Visa International. Pelaksanaan operasionalnya didasarkan pada lisensi Visa International dengan sistem waralaba.

kartu induk

Kartu kredit ini dimiliki dan dioperasikan di bawah lisensi dari Master Card International.

makan malam klub

Diners Club dimiliki oleh Citicorp. Metode operasi terdiri dari pendirian cabang atau waralaba.

kertas putih

Kartu ini juga dimiliki oleh Citicorp dan berfungsi persis seperti Klub Makan Malam. Artinya, ia membentuk anak perusahaan atau waralaba.

American Express

Kartu kredit ini dimiliki dan dioperasikan oleh American Express Travel Related Services Incorporated melalui pendirian cabang. American Express pada dasarnya adalah kartu kredit, tetapi dapat menawarkan layanan kredit kepada pemegang kartu.***

Leave a Reply

Your email address will not be published.