Jenis-Jenis Tanaman Hias yang Cocok untuk Dekorasi Rumah dan Kebun

anams.id – Ada yang tau ga sih kalau punya tanaman hias itu nggak cuma buat pemanis rumah aja lho.

Selain bikin rumah kamu lebih kece, tanaman hias juga bisa memberikan banyak manfaat keren lho.

Yuk, simak terus artikel ini sampai selesai biar kamu tahu lebih banyak soal tanaman hias dan bisa bikin rumah kamu makin kece dan keren abis!

Tanaman hias adalah tanaman yang ditanam dan dirawat untuk tujuan keindahan atau estetika. Selain memberikan keindahan pada lingkungan sekitar, tanaman hias juga memiliki manfaat lain yang tidak kalah pentingnya.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari tanaman hias:

  1. Menyaring Udara
    Tanaman hias dapat membantu membersihkan udara di sekitarnya dari polusi dan zat-zat berbahaya seperti formaldehida dan benzena. Beberapa contoh tanaman yang baik untuk menyaring udara adalah pohon karet, peace lily, dan spider plant.
  2. Menenangkan Pikiran
    Melihat keindahan dan hijaunya tanaman hias dapat membantu menenangkan pikiran dan meredakan stres. Beberapa tanaman yang dikenal memiliki efek menenangkan adalah lavender, aloe vera, dan snake plant.
  3. Meningkatkan Produktivitas
    Menurut beberapa penelitian, kehadiran tanaman hias di tempat kerja dapat meningkatkan produktivitas dan kreativitas karyawan. Tanaman yang cocok untuk ditempatkan di dalam ruangan adalah kaktus, bamboo, dan philodendron.

Klasifikasi Tanaman Hias

Tanaman hias dapat dikelompokkan berdasarkan berbagai kriteria, seperti berdasarkan manfaat spesifiknya dan berdasarkan lama hidupnya.

Berdasarkan Manfaat Spesifiknya

  1. Tanaman Hias Udara
    Tanaman hias udara adalah tanaman yang dapat membantu membersihkan udara dari polusi dan zat berbahaya. Beberapa contoh tanaman hias udara adalah pohon karet, peace lily, dan spider plant.
  2. Tanaman Hias Aromatik
    Tanaman hias aromatik adalah tanaman yang mengeluarkan aroma wangi yang menyenangkan. Beberapa contoh tanaman hias aromatik adalah lavender, mint, dan rosemary.
  3. Tanaman Hias Obat
    Tanaman hias obat adalah tanaman yang memiliki khasiat medis dan dapat digunakan untuk pengobatan. Beberapa contoh tanaman hias obat adalah aloe vera, chamomile, dan echinacea.
Baca Juga :   Penjelasan Daur Hidup Aurelia Aurita pada Polip, dan Planula Secara Lengkap

Berdasarkan Lama Hidupnya

  1. Tanaman Hias Musiman
    Tanaman hias musiman adalah tanaman yang hidupnya hanya dalam satu musim, seperti bunga matahari dan bunga petunia. Tanaman hias musiman biasanya ditanam di taman atau pot dan dapat memberikan warna yang cerah dan cantik pada lingkungan sekitar.
  2. Tanaman Hias Perennial
    Tanaman hias perennial adalah tanaman yang hidup lebih dari satu musim, seperti anggrek dan bunga mawar. Tanaman hias perennial biasanya ditanam di taman dan dapat memberikan keindahan pada lingkungan sekitar sepanjang tahun.

Jenis-Jenis Tanaman Hias

  1. Tanaman Hias Bunga
    Tanaman hias bunga adalah tanaman yang memiliki bunga yang indah dan berwarna-warni. Beberapa contoh tanaman hias bunga adalah mawar, lily, dan krisan.
  2. Tanaman Hias Daun
    Tanaman hias daun adalah tanaman yang memiliki daun yang indah dan berwarna-warni. Beberapa contoh tanaman hias daun adalah philodendron, fern, dan calathea.
  3. Tanaman Hias Buah
    Tanaman hias buah adalah tanaman yang menghasilkan buah yang cantik dan enak. Beberapa contoh tanaman hias buah adalah lemon, strawberry, dan blueberry.

Tanaman Hias Gantung

Tanaman hias gantung adalah tanaman yang ditanam di pot dan digantung di plafon atau tembok. Beberapa contoh tanaman hias gantung adalah ivy, spider plant, dan string of pearls.

Tanaman hias gantung dapat memberikan keindahan pada ruangan dan dapat digunakan untuk menghias balkon atau teras.

Demikianlah beberapa informasi mengenai tanaman hias, mulai dari manfaatnya, klasifikasi, jenis-jenis, dan tanaman hias gantung.

Dengan memiliki tanaman hias di sekitar kita, tidak hanya memberikan keindahan pada lingkungan, tetapi juga memberi manfaat lain seperti membersihkan udara, menenangkan pikiran, dan meningkatkan produktivitas.

Jadi, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan untuk menanam beberapa tanaman hias di rumah atau kantor kita.***

Baca Juga :   Mempelajari Ciri dan Sistem Tubuh pada Hewan Amfibi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *