Hubungan antara akuntansi komersial dan akuntansi pajak
Hubungan antara akuntansi komersial dan akuntansi pajak

Hubungan antara akuntansi komersial dan akuntansi pajak

ANAMS.ID – Perannya di perusahaan itu penting.

Kami menawarkan strategi perencanaan dan perpajakan “dengan cara yang baik”.
Memberikan analisis dan perkiraan tentang kemungkinan masa depan pajak perusahaan.
Akuntansi dapat diterapkan pada peristiwa pajak yang mencatat pajak “dengan penilaian, perhitungan dan pengakuan” dan ditampilkan dalam laporan bisnis dan laporan keuangan perusahaan.
Deklarasi dan dokumentasi pajak yang lebih baik sebagai sumber daya untuk melakukan audit dan investigasi.

Hubungan antara akuntansi komersial dan akuntansi pajak

Akuntansi komersial merupakan alat uji ketika otoritas pajak melakukan pemeriksaan pajak (tax audit) untuk memverifikasi kepatuhan terhadap kepatuhan pajak. Penghasilan yang dihitung dari pembukuan wajib pajak berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) dapat berbeda dengan penghasilan kena pajak (PKP) yang dihitung berdasarkan undang-undang perpajakan.

Perbedaan tersebut dapat diklasifikasikan menjadi perbedaan permanen dan perbedaan temporal. Oleh karena itu, undang-undang perpajakan lebih diutamakan daripada pelaporan dan pembayaran pajak agar tidak menimbulkan kerugian yang signifikan bagi wajib pajak jika terjadi ketidaksesuaian antara akuntansi dan peraturan perpajakan. Sistem pencocokan akuntansi komersial dengan akuntansi pajak disebut penyesuaian keuangan.

Hubungan antara akuntansi komersial dan akuntansi pajak:

Komersial: Menyediakan laporan dan informasi keuangan dan informasi lainnya kepada pengambil keputusan.

Perpajakan: Penyampaian laporan keuangan dan informasi lainnya (kepatuhan pajak) kepada otoritas pajak.

Konsep dasar akuntansi yang berlaku umum dan akuntansi anggaran komersial meliputi:

Dasar terjadinya: diakui pada saat transaksi terjadi dan dilaporkan pada periode tersebut.
Going Concern: mengasumsikan bahwa aktivitas perusahaan akan terus berlanjut.

Juga dikenal sebagai akuntansi komersial atau akuntansi keuangan, ini adalah aktivitas layanan yang menyediakan informasi keuangan untuk pengambilan keputusan. Informasi ini diperoleh melalui proses akuntansi. Informasi ini diperlukan bagi setiap entitas untuk mengetahui lokasi dan hasil operasinya. Tujuan utamanya adalah untuk menyediakan pelaporan keuangan kepada manajemen dan pihak berkepentingan lainnya.

Baca Juga :   Faktor dan Jenis Penjualan

Akuntansi keuangan atau biasa disebut akuntansi pajak adalah bagian dari akuntansi keuangan yang menekankan pada penyusunan laporan pajak (SPT) dan mempertimbangkan implikasi pajak terhadap transaksi atau kegiatan bisnis. Dengan kata lain, akuntansi pajak bertujuan untuk menyediakan informasi keuangan suatu perusahaan yang secara khusus ditujukan kepada fiskus sebagai bagian dari pelaksanaan kewajiban perpajakan (tax compliance). PSAK/IFRS. Meskipun akuntansi pajak berpedoman pada peraturan perundang-undangan.***

Leave a Reply

Your email address will not be published.