Contoh Pemuaian dalam kehidupan sehari hari

ANAMS.ID – Kali ini kita akan membahas terkait “Contoh Pemuaian dalam kehidupan sehari hari”
Artikel ini bertujuan untuk memberikan informasi terkait “Contoh Pemuaian dalam kehidupan sehari hari” agar supaya bermanfaat bagi pembaca
Simak artikel “Contoh Pemuaian dalam kehidupan sehari hari” dengan baik untuk mendapatkan keseluruhan insightnya.

Contoh Pemuaian dalam kehidupan sehari hari

Pemasangan roda baja

Ban baja dengan diameter lebih kecil dari pelek roda harus dipanaskan sebelum dipasang. Tujuannya adalah untuk memperluas rangka baja dan mempermudah pemasangan. Saat suhu kembali normal (ruangan), hasil pemasangan akan lebih kuat.

pengilangan

Pengilangan adalah proses penyambungan dua pelat logam dengan palu khusus. Kedua pelat yang akan disambung, kemudian paku yang dipanaskan sampai terbakar, digunakan untuk menyambungnya, setelah itu dipukul dengan palu khusus agar rata.

Saat dingin lagi, paku menyusut dan kedua pelat dapat dihubungkan dengan erat. Di zaman sekarang, penempaan sering dilakukan dalam pembuatan jembatan, pabrik mobil, pembuatan struktur laut, tabung yang terhubung, mobil, dan pesawat terbang, dan di masa lalu, peralatan sering digunakan untuk membuat roda gerobak.

Buka tutup botol logam

Botol dengan tutup logam seringkali sulit dibuka. Untuk membukanya, tutup botol sudah dipanaskan terlebih dahulu dengan api. Saat dipanaskan, tutup botol logam mengembang lebih cepat daripada botol kaca, sehingga mudah kendur dan terbuka.

Keping bimetal

Bi-metal berarti dua logam. Potongan bimetal adalah dua potong logam dengan koefisien muai yang berbeda (biasanya tembaga dan besi) yang disatukan. Foil bimetal sangat sensitif terhadap perubahan suhu. Pada suhu normal, panjang kedua logam adalah sama, jika suhu meningkat, kedua logam memuai dengan panjang yang berbeda, akibatnya pelat bimetal membengkok ke arah logam dengan modulus terkecil. Busur bimetalik dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti sakelar alarm bimetalik atau termometer bimetalik.

Keping bimetal

Aplikasi Dalam alarm kebakaran, bit bimetal digunakan sebagai sakelar alarm. Jika terjadi kebakaran, suhu ruangan akan naik, menyebabkan potongan bimetal memuai ke arah logam dengan modulus yang lebih kecil. Ketika pelat bimetal mengembang dan menekuk, pelat bimetal yang melengkung akan menyentuh ujung rangkaian listrik yang terpisah, sehingga rangkaian terhubung dan arus listrik akan mengalir melalui pelat bimetal dan alarm akan berbunyi.

Pemasangan kereta api

Pemasangan rel kereta api harus memberikan celah antara satu rel dengan rel lainnya. Jika suhu meningkat pada siang hari, rel kereta api akan meregang sehingga terjadi pertambahan panjang atau terjadi peregangan, dengan tidak adanya celah antara dua palang yang berdekatan yang dapat menyebabkan rel kereta api membengkok. Maka untuk mengatur jarak atau celah harus diperhitungkan bahwa aksi tersebut menyebabkan perubahan yang sangat besar pada rel.

Baca Juga :   Sifat dan Rumus Gelombang

konstruksi jembatan

Jembatan sering dibuat dari rangka besi. Rangka jembatan besi akan memuai jika temperatur naik, antara ujung rangka jembatan dan kolom beton terdapat celah muai. Selain itu, pelek diletakkan di atas roda. Ketika peregangan terjadi, panjang kerangka meningkat. Adanya roda dan slot memudahkan untuk memindahkan ban secara memanjang dan memendek, sehingga terhindar dari pembengkokan.

Itulah pembahasan terkait Contoh Pemuaian dalam kehidupan sehari hari. semoga bermanfaat***