Kecepatan cahaya dan Sifat Cahaya

ANAMS.ID – Kali ini kita akan membahas terkait “Kecepatan cahaya dan Sifat Cahaya”
Artikel ini bertujuan untuk memberikan informasi terkait “Kecepatan cahaya dan Sifat Cahaya” agar supaya bermanfaat bagi pembaca
Simak artikel “Kecepatan cahaya dan Sifat Cahaya” dengan baik untuk mendapatkan keseluruhan insightnya.

KECEPATAN GELOMBANG ELEKTROMAGHNETIK

Kecepatan tercepat di alam semesta adalah 299279,5 Km/s

dapat ditentukan/dihitung dengan presisi berdasarkan informasi dari dokumen yang sangat tua. Mungkin Anda telah mengetahui bahwa konstanta C, atau kecepatan cahaya, yang merupakan kecepatan tercepat di alam semesta, diukur, atau ditentukan oleh lembaga-lembaga berikut:

Biro Standar Nasional AS
C = 299792,4574 + 0,0011 km/s
Laboratorium Fisika Nasional Inggris
C = 299792,4590 + 0,0008 km/s
Konferensi ke-17 tentang Penetapan Ukuran dan Berat Baku “Satu meter adalah jarak yang dicapai cahaya dalam ruang hampa selama periode 1/299792458 sekon”.

jarak yang dicapai bisnis dalam satu hari sama dengan jarak yang ditempuh bulan dalam 1000 tahun atau 12000 bulan

C. t = 12000 . L

mana:
C = kecepatan bisnis
t = waktu dalam satu hari
L = panjang orbit bulan selama satu bulan

Berbagai sistem kalender telah diuji, tetapi “Sistem kalender bulan sidereal” menghasilkan nilai C yang bertahan sama dengan nilai C yang diketahui melalui pengukuran.

Ada dua jenis sistem kalender lunar:

Sistem sinodik didasarkan pada penampakan yang tampak dari gerakan bulan dan matahari dari bumi.
1 hari = 24 jam
1 bulan = 29.53059 hari
Sistem sidereal, berdasarkan gerak relatif bulan dan matahari terhadap bintang dan alam semesta.
1 hari = 23 jam 56 menit 4.0906 detik
= 86164.0906 detik
1 bulan = 27.321661 hari

Sifat Cahaya

Cahaya penting dalam kehidupan, karena tanpa cahaya tidak akan ada kehidupan. Jika bumi tidak mendapatkan cahaya dari matahari, maka bumi akan menjadi gelap gulita dan dingin sehingga tidak akan ada kehidupan. Para ahli telah mempelajari cahaya untuk menentukan sifat dan karakteristik cahaya. Ada dua pendapat tentang cahaya, yaitu cahaya dianggap sebagai gelombang dan cahaya dianggap sebagai partikel. Masing-masing pendapat tersebut memiliki tersendiri dan telah dibuktikan secara eksperimental.

Cahaya berasal dari sumber cahaya antara lain: api, bulan, bintang, matahari, lampu, senter dan sebagainya.

Sifat Cahaya

  • Cahaya dapat merambat lurus. Contohnya adalah ketika kita memegang senter dan kemudian terjadi ke arah depan, yang kita inginkan adalah cahaya merambat lurus ke arah yang kita inginkan.
  • Cahaya dapat dipantulkan. Contohnya saat kita bermain-main di siang hari dengan kaca spion, kita mengarahkan sinar matahari yang datang kemudian kita coba arahkan ke segala arah, maka yang terjadi adalah ada cahaya yang dipantulkan dari sinar matahari. .
  • Cahaya dapat menembus benda bening. Contohnya adalah ketika kita melihat sebuah rumah yang menggunakan ubin kaca bening, sinar matahari bisa masuk tanpa terhalang karena ubinnya terbuat dari kaca bening.
  • Cahaya dapat dibelokkan atau dibiaskan. Contohnya adalah jika kita berenang dan memasukkan tongkat ke dalam udara yang terkena sinar matahari dari atas tongkat tersebut terlihat lebih besar dari ukuran sebenarnya.
Baca Juga :   reaktansi kapasitif, induktif dan kombinasi

Itulah pembahasan terkait Kecepatan cahaya dan Sifat Cahaya. semoga bermanfaat***