Cara Menjadi Notulis Profesional

Bagaimana Cara Menjadi Notulis Profesional?

Anams.id – Menjadi seorang notulis yang baik dan profesional sangat penting dilakukan, terutama karena tugas sebagai pencatat rapat merupakan pekerjaan yang membutuhkan ketelitian dan kecermatan. Notulis yang baik akan menghasilkan notulen/notula yang berkualitas dan mudah dipahami oleh pembaca, sehingga menjadi laporan yang akurat dan berguna bagi perusahaan. Berikut adalah tips untuk menjadi notulis yang profesional:

Susunan Notulen yang Baik dan Benar

Susunan notulen yang baik dan benar sangat penting untuk menghasilkan notulen yang sistematis dan mudah dipahami.

A. Adapun susunan kepala notulen yang harus diperhatikan adalah:

  1. Judul atau tema rapat yang akan dibahas
  2. Hari, tanggal, dan waktu pelaksanaan rapat
  3. Tempat pelaksanaan rapat
  4. Daftar hadir peserta rapat
  5. Agenda rapat
  6. Isi Notulen yang Jelas dan Terperinci

B. Isi notulen harus disusun dengan jelas dan terperinci, sehingga tidak ada informasi yang terlewatkan. Adapun susunan sistematika dalam penulisan isi notulen adalah:

  1. Kata pengantar atau pembukaan
  2. Pembahasan mengenai topik yang dibahas
  3. Keputusan yang diambil dari hasil rapat
  4. Waktu penutupan rapat
  5. Penulisan Akhir yang Rapi dan Terstruktur

Bagian akhir notulen juga harus ditulis dengan rapi dan terstruktur, sehingga informasi yang disampaikan dapat dipahami dengan mudah. Susunan sistematika dalam penulisan akhir notulen adalah:

  1. Nama jabatan dan tkalian tangan ketua rapat
  2. Nama dan jabatan peserta rapat
  3. Nama notulis dan tanda tangan
  4. Tanggal penulisan notulen

Cara Menjadi Notulis yang Handal

Selain memperhatikan susunan notulen yang baik dan benar, ada beberapa tips yang dapat membantu kalian menjadi notulis yang handal dan profesional:

Baca Juga :   Apa Itu World Health Organization Atau WHO? Berikut Penjelasannya

1. Cermat dan Teliti
Perhatikan setiap detail dalam rapat dan jangan sampai ada informasi yang terlewatkan.

2. Siapkan Peralatan yang Dibutuhkan
Pastikan kalian telah menyiapkan alat tulis dan peralatan lain yang dibutuhkan sebelum rapat dimulai.

3. Dengarkan dengan Baik
Dengarkan pembicara dengan baik dan tuliskan informasi yang relevan dan penting.

4. Jangan Menambahkan Opini Pribadi
Sebagai notulis, tugas kalian hanya mencatat apa yang dibahas dalam rapat tanpa menambahkan opini pribadi.

Cara menulis notulen yang efektif dan berkualitas sangat penting untuk menjaga kesinambungan dan keberlanjutan sebuah rapat. Notulen yang baik dapat memberikan gambaran yang jelas tentang apa yang telah dibahas dalam rapat, termasuk keputusan dan tindakan yang diambil.

Oleh karena itu, sebagai seorang notulis, kalian perlu mempersiapkan diri sebelum rapat dimulai, memahami maksud dan tujuan rapat, mengenal para peserta rapat, fokus pada inti sari pernyataan, dan menggunakan template notulen.

Untuk membuat kalian menjadi seorang notulen yang efektif, kami akan tambahan secara rinci tentang tips dan trik untuk menulis notulen yang efektif dan berkualitas, berikut tips dan triknya

1. Persiapan Sebelum Menulis Notulen
Sebagai seorang notulis yang baik, persiapan sebelum rapat dimulai adalah hal yang sangat penting. Pastikan alat tulis atau laptop yang akan digunakan tersedia dan koneksi internet stabil. Dengan persiapan yang baik, kalian akan lebih mudah dalam mencatat setiap hal penting yang dibahas dalam rapat.

2. Pahami Maksud dan Tujuan Rapat
Sebelum rapat dimulai, pastikan kalian memahami maksud dan tujuan diadakannya rapat tersebut. kalian dapat melakukan riset sebelumnya atau bertanya langsung pada atasan kalian untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas. Dengan memahami maksud dan tujuan rapat, kalian akan lebih mudah dalam mencatat dan menangkap setiap poin penting yang akan menjadi isi dari notulen.

Baca Juga :   Cara Menyelesaikan Soal Matematika Bangun Ruang : Kerucut

3. Kenali Para Peserta Rapat
Mengetahui siapa saja yang hadir dalam rapat adalah hal yang penting. Jika kalian belum mengenal para peserta rapat, pastikan kalian bertanya pada rekan kerja atau atasan kalian sebelum rapat dimulai. Dengan mengetahui siapa saja yang hadir, kalian akan lebih mudah dalam mencatat setiap poin penting yang dibahas oleh masing-masing peserta rapat.

4. Fokus pada Inti Sari Pernyataan Rapat
Seorang notulis yang baik harus fokus pada inti sari dari pernyataan yang dibahas dalam rapat. Hindari mencatat setiap kata yang diucapkan oleh setiap peserta rapat, karena hal ini hanya akan membingungkan pembaca notulen. Sebaliknya, fokuslah pada poin-poin penting yang dibahas dalam rapat dan tangkap inti sari dari pernyataan para peserta rapat. Dengan demikian, notulen yang dihasilkan akan lebih efektif dan mudah dipahami oleh semua pihak yang membutuhkannya.

5. Gunakan Template Notulen
Menggunakan template notulen dapat membantu kalian dalam mengorganisir dan memformat notulen yang dihasilkan. Template notulen dapat membantu kalian dalam membuat kepala notulen, isi notulen, dan bagian akhir notulen secara sistematis dan mudah dipahami oleh pembaca. Dengan menggunakan template notulen, kalian akan lebih mudah dalam menyusun dan mengorganisir setiap poin penting yang dibahas dalam rapat.

Dengan demikian, notulen yang dihasilkan akan lebih efektif dan mudah dipahami oleh semua pihak yang membutuhkannya. Menggunakan template notulen juga dapat membantu kalian dalam menyusun dan memformat notulen secara sistematis dan mudah dipahami***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *