Cara Menghilangkan Noda Tinta Pulpen di Baju dan Saku

anams.id – Siapa nih yang pernah mengalami masalah dengan noda tinta pulpen? Pasti pernah kan ya! Noda tinta pulpen bisa bikin kita jadi stress banget karena susah banget dihilangkan. Apalagi kalau noda itu nempel di baju atau di meja, duh bikin jadi nggak enak dilihat.

Tapi tenang aja guys, jangan sampe stress dulu ya. Kita punya solusinya nih! Ada beberapa cara yang bisa kita coba untuk menghilangkan noda tinta pulpen dengan mudah dan cepat.

Noda tinta pulpen dapat terjadi pada berbagai permukaan, baik itu pada pakaian, meja, atau bahkan permukaan kulit. Meskipun noda tinta pulpen terlihat sulit untuk dihilangkan, sebenarnya ada beberapa cara yang cukup efektif untuk mengatasinya. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan noda tinta pulpen, disertai dengan sub bab yang lebih detail.

Alkohol merupakan penghilang noda yang cukup efektif pada bahan yang tahan terhadap alkohol, seperti kain atau kulit. Untuk menghilangkan noda tinta pulpen pada kain, basahi area yang terkena noda dengan alkohol dan biarkan selama beberapa menit sebelum dicuci.

Jangan lupa untuk mencuci kain dengan air dingin dan sabun setelahnya. Sedangkan pada kulit, oleskan alkohol pada area yang terkena noda dan gosok perlahan dengan kapas hingga noda hilang.

  • Menggunakan cuka

Cuka merupakan bahan alami yang dapat digunakan sebagai penghilang noda tinta pulpen pada bahan yang sensitif terhadap alkohol seperti sutra atau wol. Campurkan cuka dengan air secukupnya dan celupkan kain yang terkena noda ke dalam campuran tersebut. Kemudian, biarkan selama beberapa jam sebelum dicuci dengan air dingin dan sabun.

  • Menggunakan pasta gigi
Baca Juga :   Cara Menghilangkan Noda Deodoran pada Pakaian

Pasta gigi bukan hanya bermanfaat untuk membersihkan gigi, namun juga dapat digunakan sebagai penghilang noda tinta pulpen pada kain. Oleskan pasta gigi pada noda tinta pulpen, biarkan selama beberapa menit sebelum dicuci dengan air dingin dan sabun. Namun, sebaiknya jangan menggunakan pasta gigi pada bahan yang sensitif seperti sutra atau wol.

  • Menggunakan cairan pembersih khusus

Jika cara-cara di atas tidak berhasil menghilangkan noda tinta pulpen, cobalah menggunakan cairan pembersih khusus yang dapat dibeli di toko-toko perlengkapan rumah tangga. Pastikan untuk membaca petunjuk penggunaan sebelum menggunakannya dan menghindari penggunaan pada bahan yang sensitif.

  • Menghindari penggunaan penghilang noda berbasis minyak

Meskipun penghilang noda berbasis minyak dapat efektif untuk menghilangkan noda tinta pulpen, namun penggunaannya dapat merusak bahan yang sensitif seperti sutra atau wol. Selain itu, penggunaan penghilang noda berbasis minyak juga dapat meninggalkan noda minyak pada bahan yang dihilangkan noda tinta pulpennya.

  • Menghindari pengeringan bahan sebelum noda tinta pulpen benar-benar hilang

Mengeringkan bahan sebelum noda tinta pulpen benar-benar hilang dapat membuat noda semakin sulit untuk dihilangkan. Pastikan untuk mengecek apakah noda sudah benar-benar hilang sebelum mengeringkan bahan.

  • Menghindari penggunaan air panas

Penggunaan air panas dapat membuat noda semakin menyebar dan sulit untuk dihilangkan. Sebaiknya gunakan air dingin atau suhu ruangan saat mencuci bahan yang terkena noda tinta pulpen.

Noda tinta pulpen memang terlihat sulit untuk dihilangkan, namun dengan beberapa cara di atas, noda tersebut dapat dihilangkan dengan cukup efektif. Pastikan untuk memilih cara yang sesuai dengan bahan yang terkena noda tinta pulpen dan menghindari penggunaan bahan yang dapat merusak atau membuat noda semakin sulit untuk dihilangkan.***

Baca Juga :   Cara Mengatasi Bercak Daun Pada Bibit Sawit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *