Bagaimana Cara Menghilangkan Bau Amis Pada Udang? Kepoin Yuk Tipsnya

anams.id – Siapa sih yang nggak suka makan udang? Udang emang jadi salah satu makanan laut yang banyak diminati oleh orang. Namun, salah satu masalah yang sering dihadapi saat memasak udang adalah bau amis yang kuat.

Bau amis pada udang bisa membuat selera makan berkurang dan mengurangi kenikmatan saat menikmati hidangan. Bagaimana cara menghilangkan bau amis pada udang? Mari kita lihat beberapa tips dan trik yang dapat membantu mengatasi masalah ini.

Bersihkan dengan Benar

Mencuci atau membersihkan udang dengan benar sangat penting untuk menghilangkan bau amis. Pastikan untuk membersihkan udang dengan air dingin yang mengalir dan garam. Hindari mencuci udang dengan air panas karena dapat membuat daging udang menjadi lebih keras dan bau amis semakin kuat. Jangan lupa untuk membuang bagian kepala dan kulit udang karena bagian ini yang paling banyak mengandung bau amis.

Rendam dengan Air Jeruk Nipis atau Asam

Rendam udang dengan air jeruk nipis atau asam selama beberapa menit sebelum dimasak. Air jeruk nipis atau asam dapat membantu menghilangkan bau amis dan memberikan rasa yang lebih segar pada udang. Pastikan untuk tidak merendam udang terlalu lama karena dapat membuat daging udang menjadi terlalu lunak.

Rendam dengan Air Garam

Selain air jeruk nipis atau asam, rendam udang dengan air garam juga dapat membantu menghilangkan bau amis. Campurkan air garam dengan air dingin dan rendam udang selama beberapa menit. Setelah itu, bilas udang dengan air dingin dan keringkan dengan lap bersih sebelum dimasak.

Gunakan Baking Soda

Baking soda merupakan bahan yang sering digunakan untuk membersihkan dan menghilangkan bau. Campurkan baking soda dengan air dan rendam udang selama beberapa menit. Setelah itu, bilas udang dengan air dingin dan keringkan dengan lap bersih sebelum dimasak.

Baca Juga :   Cara Memasang Kapas Vape Supaya Tidak Mudah Gosong

Masak dengan Bumbu yang Tepat

Cara memasak udang juga dapat mempengaruhi bau amis pada udang. Pastikan untuk menggunakan bumbu yang tepat dan jangan terlalu banyak menggunakan bumbu yang mengandung bau yang kuat seperti bawang putih dan jahe. Gunakan bumbu seperti ketumbar, lada, dan kunyit yang memberikan rasa dan aroma yang sedap pada udang.

Jangan Terlalu Lama Memasak

Jangan memasak udang terlalu lama karena dapat membuat daging udang menjadi terlalu keras dan bau amis semakin kuat. Masak udang hanya selama beberapa menit sampai warnanya berubah menjadi merah muda dan dagingnya terlihat matang.

Simpan Udang dengan Benar

Cara menyimpan udang juga dapat mempengaruhi bau amis pada udang. Simpan udang dalam suhu dingin dan kering dengan cara membungkusnya dengan kain bersih atau plastik dan letakkan di dalam kulkas. Pastikan untuk segera memasak udang setelah dibeli agar tetap segar dan tidak berbau amis.

Pilih Udang yang Segar

Cara terbaik untuk menghindari bau amis pada udang adalah dengan memilih udang yang segar. Pastikan untuk membeli udang dari tempat yang terpercaya dan pastikan udang yang dibeli masih segar. Udang yang segar biasanya memiliki aroma laut yang segar dan kulitnya masih lembut.

Jadi, itulah beberapa tips dan trik yang dapat membantu menghilangkan bau amis pada udang. Pastikan untuk membersihkan udang dengan benar, rendam dengan air jeruk nipis atau asam, gunakan baking soda, masak dengan bumbu yang tepat, jangan terlalu lama memasak, simpan udang dengan benar, pilih udang yang segar.

Dengan tips ini, Anda dapat memasak udang yang lezat dan bebas bau amis. Selamat mencoba yah.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *