Cara Menghilangkan Noda Saus di Baju Putih

Anams.id – Baju putih memang sering membuat kita merasa was-was ketika memakainya, terutama ketika makan atau minum sesuatu yang berpotensi meninggalkan noda di baju tersebut.

Salah satu noda yang paling sering terjadi adalah noda saus. Noda saus ini memang bisa membuat baju putih yang tadinya bersih dan cerah menjadi terlihat kusam dan kotor.

Namun, jangan khawatir karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan noda saus di baju putih dengan mudah. Berikut adalah beberapa cara efektif yang bisa dicoba:

Sebelum memulai cara menghilangkan noda saus di baju putih, ada beberapa bahan yang perlu disiapkan terlebih dahulu. Bahan-bahan tersebut antara lain:

  1. Air dingin
  2. Kapas atau lap bersih
  3. Deterjen cair atau sabun cuci piring cair
  4. Cuka putih atau cuka sari apel
  5. Larutan pemutih (opsional)

Cara Menghilangkan Noda Saus di Baju Putih

Berikut adalah beberapa cara efektif yang bisa dilakukanuntuk menghilangkan noda saus di baju putih:

  1. Segera Bilas dengan Air Dingin

    Jika terkena noda saus, segera bilas bagian yang terkena noda dengan air dingin. Usahakan untuk tidak menggunakan air panas karena dapat membuat noda semakin menempel dan sulit untuk dihilangkan.

    Gunakan air dingin untuk membilas noda dengan lembut, dan hindari menggosok atau mengucek noda karena hal itu dapat merusak serat kain.

  2. Oleskan Deterjen Cair atau Sabun Cuci Piring Cair

    Setelah membilas dengan air dingin, oleskan deterjen cair atau sabun cuci piring cair pada bagian noda. Gunakan kapas atau lap bersih untuk mengoleskan deterjen atau sabun pada noda secara merata.

    Biarkan selama 5-10 menit agar deterjen atau sabun dapat meresap ke dalam serat kain dan menghilangkan noda.

  3. Bilas Kembali dengan Air Dingin

    Setelah deterjen atau sabun meresap pada noda selama beberapa menit, bilas kembali bagian yang terkena noda dengan air dingin.

    Pastikan untuk membilas dengan lembut dan menggunakan air dingin agar noda dapat hilang sepenuhnya tanpa merusak serat kain.

  4. Gunakan Cuka Putih atau Cuka Sari Apel

    Jika noda saus masih belum hilang, coba gunakan cuka putih atau cuka sari apel. Campurkan cuka dengan air dalam rasio 1:1, dan gunakan kapas atau lap bersih untuk mengoleskan campuran tersebut pada noda.

    Biarkan selama beberapa menit agar cuka dapat meresap ke dalam serat kain dan menghilangkan noda.

  5. Gunakan Larutan Pemutih (Opsional)

    Jika noda masih belum hilang, kamu bisa mencoba menggunakan larutan pemutih. Namun, perlu diingat bahwa pemutih hanya boleh digunakan pada kain putih saja, dan harus dihindari untuk digunakan pada kain berwarna atau kain yang mudah luntur.

    Gunakan larutan pemutih sesuai petunjuk pada kemasan, dan jangan lupa untuk membilas baju dengan air dingin setelah menggunakan pemutih.

  6. Cuci Baju Seperti Biasa

    Setelah noda saus berhasil dihilangkan, cuci baju seperti biasa dengan deterjen cair atau sabun cuci piring cair. Pastikan untuk membaca petunjuk pada label perawatan baju agar tidak merusak baju.

    Jangan lupa untuk menggunakan air dingin ketika mencuci baju putih untuk menjaga kecerahan dan kebersihannya.

Jadi, menghilangkan noda saus di baju putih memang bisa menjadi tugas yang menantang, tetapi dengan memperhatikan beberapa tips dan cara yang telah disebutkan di atas, kamu dapat dengan mudah mengatasi masalah tersebut.

Segera tangani noda secepat mungkin, gunakan bahan-bahan yang aman untuk kain, dan jangan lupa untuk membilas dengan air dingin untuk menghindari kerusakan pada serat kain.

Dengan melakukan perawatan yang tepat, kamu dapat memastikan bahwa baju putih tetap bersih dan cerah, bahkan setelah terkena noda saus atau noda lainnya.***

Baca Juga :   Cara Menghilangkan Noda Haid Di Sprei, Pakai Bahan ini Gampang Kok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *