Cara Menghilangkan Noda Oli Yang Sudah Kering Pada Pakaian

anams.id – Siapa nih yang suka ngalamin noda oli pada pakaian? Pasti pada kesel banget kan kalo udah terlanjur kejadian. Noda oli pada pakaian bisa berasal dari oli mesin, oli rem, atau oli pelumas lainnya yang seringkali terjadi saat kita lagi bekerja di bengkel atau melakukan perawatan kendaraan.

Noda oli pada pakaian yang udah kering bisa jadi makin susah dihilangin karena oli udah meresap ke dalam serat kain. Jadi, mesti tau nih jenis oli yang bikin noda sama cara ngilanginnya. Tapi tenang guys, gak usah panik. Ada kok beberapa cara buat ngilangin noda oli pada pakaian yang udah kering.

Penyebab dan Jenis Noda Oli pada Pakaian

Noda oli pada pakaian seringkali terjadi pada saat bekerja di bengkel, atau ketika melakukan perawatan kendaraan. Noda ini bisa berasal dari oli mesin, oli rem, atau oli pelumas lainnya. Noda oli pada pakaian yang sudah kering dapat menjadi lebih sulit untuk dihilangkan karena oli telah meresap ke dalam serat kain.

Oleh karena itu, kita perlu mengetahui jenis oli yang menyebabkan noda pada pakaian dan bagaimana cara menghilangkannya.

Cara Menghilangkan Noda Oli pada Pakaian
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan noda oli pada pakaian yang sudah kering. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dicoba:

  1. Menggunakan Deterjen Cair
    Deterjen cair dapat membantu menghilangkan noda oli pada pakaian. Celupkan pakaian yang terkena noda oli ke dalam air dingin, kemudian oleskan deterjen cair pada noda oli. Biarkan selama beberapa menit, kemudian gosok-gosok dengan lembut, kemudian bilas dengan air bersih.
  2. Menggunakan Baking Soda
    Baking soda dapat digunakan untuk menghilangkan noda oli pada pakaian. Campurkan baking soda dengan air menjadi pasta, kemudian oleskan pada noda oli pada pakaian. Biarkan selama beberapa menit, kemudian gosok-gosok dengan lembut, kemudian bilas dengan air bersih.
  3. Menggunakan Minyak Zaitun
    Minyak zaitun juga dapat membantu menghilangkan noda oli pada pakaian. Oleskan minyak zaitun pada noda oli, kemudian biarkan selama beberapa menit. Gosok-gosok noda oli dengan lembut, kemudian bilas dengan air dingin.
Baca Juga :   Cara Memperbaiki Headset Bluetooth Yang Tidak Bisa Hidup

Cara Mencegah Noda Oli pada Pakaian

Selain mengetahui cara menghilangkan noda oli pada pakaian, kita juga perlu mengetahui cara mencegah noda oli agar tidak terjadi lagi di kemudian hari. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah noda oli pada pakaian:

  1. Gunakan pakaian kerja khusus ketika melakukan perawatan kendaraan.
  2. Hindari memegang bagian kendaraan yang terkena oli.
  3. Bersihkan segera pakaian yang terkena noda oli setelah terkena oli.
  4. Cuci pakaian menggunakan deterjen yang tepat dan jangan terlalu sering mencuci dengan air panas.

Apakah suhu air yang lebih panas dapat membantu menghilangkan noda oli?

Meskipun suhu air yang lebih panas dapat membantu menghilangkan noda oli pada pakaian, namun sebaiknya hindari mencuci pakaian yang terkena noda oli dengan air panas. Hal ini dikarenakan air panas dapat merusak serat kain dan menyebabkan pakaian menjadi kusut atau bahkan menyebabkan pakaian mengecil.

Sebaiknya gunakan air dingin atau suhu sedang saat mencuci pakaian yang terkena noda oli. Air dingin atau suhu sedang dapat membantu mencegah kerusakan pada serat kain dan mengurangi risiko warna pakaian pudar. Selain itu, penggunaan suhu rendah pada mesin cuci juga dapat membantu menghemat energi dan mengurangi biaya listrik.

Dengan mengetahui cara menghilangkan noda oli pada pakaian yang sudah kering dan cara mencegahnya, kita dapat memperpanjang umur pakaian dan menghemat pengeluaran untuk membeli pakaian baru.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *