Cara Memperbaiki Kipas Angin Berdengung Paling Mudah

Anams.id – Kipas angin adalah alat yang sangat berguna untuk memberikan udara segar dan mengurangi panas di dalam rumah atau ruangan lainnya.

Namun, tidak jarang kita mengalami masalah dengan kipas angin yang berdengung atau berisik saat digunakan.

Selain mengganggu kenyamanan, kipas angin yang berdengung juga bisa mengurangi kinerja serta umur pakai kipas tersebut.

Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan cara memperbaiki kipas angin berdengung agar dapat digunakan kembali dengan maksimal.

Penyebab Kipas Angin Berdengung

Sebelum memperbaiki kipas angin yang berdengung, kita perlu mengetahui apa yang menjadi penyebabnya. Berikut beberapa penyebab kipas angin berdengung:

  1. Kipas Angin Tidak Rata
    Kipas angin yang tidak rata dapat menyebabkan getaran pada baling-baling kipas dan menyebabkan suara berdengung. Hal ini biasanya disebabkan oleh ketidakseimbangan pada baling-baling atau poros kipas.
  2. Kipas Angin Kotor
    Kipas angin yang kotor juga dapat menyebabkan suara berdengung. Kotoran dan debu yang menempel pada baling-baling kipas dapat menyebabkan ketidakseimbangan pada kipas dan menghasilkan suara berdengung.
  3. Baling-baling Kipas Rusak
    Jika baling-baling kipas rusak atau tergores, hal ini juga dapat menyebabkan suara berdengung saat kipas digunakan. Baling-baling yang rusak dapat mengurangi kinerja kipas dan menghasilkan suara yang tidak diinginkan.
  4. Poros Kipas Aus
    Poros kipas yang aus juga dapat menyebabkan suara berdengung pada kipas angin. Hal ini biasanya terjadi pada kipas angin yang sudah sering digunakan dan tidak pernah dibersihkan atau dirawat dengan baik.

Cara Memperbaiki Kipas Angin Berdengung

Setelah mengetahui penyebab kipas angin berdengung, berikut adalah beberapa cara untuk memperbaikinya:

Baca Juga :   Sunscreen Apa Yang Cocok untuk Kulit Berjerawat? Ini Produk-Produknya

1. Membersihkan Kipas Angin

Langkah pertama untuk memperbaiki kipas angin berdengung adalah dengan membersihkan kipas angin.

Kipas angin yang kotor dapat menyebabkan ketidakseimbangan pada baling-baling kipas dan menghasilkan suara berdengung.

Untuk membersihkan kipas angin, Anda dapat menggunakan kuas atau kain bersih yang lembab. Pastikan untuk membersihkan baling-baling kipas secara menyeluruh dan bersihkan juga bagian lain seperti gril dan kabel kipas.

2. Menyetel Kipas Angin

Jika kipas angin tidak rata, maka Anda perlu menyetel kipas agar kembali rata. Caranya adalah dengan memutar baling-baling kipas secara perlahan dan periksa apakah terdapat baling-baling yang mengeluarkan bunyi berbeda atau tidak seimbang.

Jika ada, maka Anda dapat menyetelnya dengan memutar baling-baling menggunakan tangan. Pastikan kipas dalam keadaan mati saat menyetel kipas dan gunakan alat bantu seperti obeng atau kunci pas untuk menyetel baling-baling kipas.

3. Mengganti Baling-baling Kipas

Jika baling-baling kipas rusak atau tergores, maka Anda perlu menggantinya dengan yang baru.

Untuk mengganti baling-baling kipas, Anda perlu membuka kipas dan melepas baling-baling yang rusak.

Setelah itu, pasang baling-baling baru dengan memasangnya pada poros kipas dan kencangkan baut pengunci baling-baling dengan kunci pas.

4. Mengganti Poros Kipas

Jika poros kipas aus, maka Anda perlu menggantinya dengan yang baru. Untuk mengganti poros kipas, Anda perlu membuka kipas dan melepas poros kipas yang aus.

Setelah itu, pasang poros kipas baru dengan memasangnya pada baling-baling kipas dan kencangkan baut pengunci poros kipas dengan kunci pas.

5. Memperbaiki Motor Kipas

Jika setelah melakukan langkah-langkah di atas kipas angin masih berdengung, maka kemungkinan besar masalah terletak pada motor kipas.

Anda dapat membawa kipas ke tukang servis elektronik untuk memperbaiki motor kipas.

Baca Juga :   Cara Pasang Dasi Pramuka Pemula Pasti Bisa

Namun, sebelum membawa kipas ke tukang servis, pastikan terlebih dahulu bahwa motor kipas benar-benar bermasalah dan bukan karena penyebab lain seperti kotoranatau baling-baling kipas yang tidak rata.

Tips Perawatan Kipas Angin

Untuk mencegah kipas angin berdengung atau rusak, maka perlu dilakukan perawatan secara rutin. Berikut adalah beberapa tips perawatan kipas angin:

  1. Membersihkan Kipas Secara Rutin
    Membersihkan kipas angin secara rutin dapat membantu mencegah terjadinya ketidakseimbangan pada baling-baling kipas dan mencegah kipas angin berdengung.

    Pastikan membersihkan kipas minimal satu kali dalam sebulan atau lebih sering jika kipas digunakan dalam lingkungan yang kotor.

  2. Tidak Memakai Kipas Angin Terlalu Lama
    Memakai kipas angin terlalu lama dapat membuat motor kipas panas dan mengurangi umur pakai kipas angin. Pastikan untuk memberi jeda setiap beberapa jam saat menggunakan kipas angin dalam waktu yang lama.
  3. Menjaga Kipas Angin dari Air
    Hindari menggunakan kipas angin di dekat air atau dalam kondisi lembab. Kipas angin yang terkena air dapat menyebabkan kerusakan pada motor kipas atau bahkan berbahaya jika terjadi korsleting.
  4. Menjaga Kipas Angin dari Panas Matahari
    Hindari menempatkan kipas angin di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Panas matahari dapat membuat kipas angin menjadi panas dan mengurangi umur pakai kipas angin.

Oke jadi itu dulu ya pembahasan kita kali ini terkait artikel kipas angin dari berbagai aspek pembahasannya semoga bisa menjadi artikel referensi dan menjadi ilmu tambahan dan bisa bermanfaat, oke terimakasih.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *