BMKG itu Apa?

BMKG

Tahukah kamu tentang BMKG? Sebenarnya, BMKG atau Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika adalah sebuah lembaga pemerintah non-departemen yang dipimpin oleh seorang Kepala Badan.

Kantor pusatnya terletak di Jalan Angkasa I, Kemayoran, Jakarta Pusat, dan tugas utamanya adalah memberikan informasi seputar cuaca, iklim, gempa bumi, dan potensi tsunami.

Pengertian

BMKG atau Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika merupakan lembaga yang bertugas mengamati, memantau, dan memprediksi kondisi cuaca dan iklim di Indonesia.

Dalam menjalankan tugasnya, BMKG melakukan pemantauan terhadap fenomena alam seperti gempa bumi, tsunami, dan cuaca ekstrem.

Melalui informasi yang diberikan oleh BMKG, masyarakat dapat mempersiapkan diri dan mengambil tindakan yang tepat dalam menghadapi kondisi cuaca dan iklim yang tidak menentu.

Tidak hanya itu, BMKG juga bekerja sama dengan bidang pelayaran dan penerbangan untuk memberikan informasi terkait perubahan cuaca dan iklim.

Kapal laut dan pesawat terbang perlu berkoordinasi dengan BMKG untuk mengetahui kondisi cuaca yang akan dilewati dalam pelayaran atau penerbangan. Jika kondisi cuaca tidak mendukung, BMKG akan memberikan peringatan kepada instansi terkait.

Peran BMKG sangat penting terutama bagi dunia pelayaran dan penerbangan karena keduanya sangat bergantung pada kondisi alam, khususnya cuaca.

Sebagai sebuah lembaga yang memiliki kewenangan penuh di bidang meterologi, klimatologi, dan geofisika, BMKG juga memiliki tugas merumuskan kebijakan nasional dan kebijakan umum di bidang tersebut, yang tentunya memiliki andil yang besar bagi masyarakat.

Tujuan BMKG

BMKG memiliki tujuan utama untuk memberikan informasi dan pelayanan meteorologi, klimatologi, dan geofisika kepada masyarakat, pemerintah, dan sektor swasta. Tujuan tersebut meliputi:

  1. Menyediakan informasi cuaca dan iklim yang akurat, terpercaya, dan bermanfaat bagi kepentingan masyarakat.
  2. Meningkatkan kemampuan dalam memprediksi dan memantau kondisi cuaca dan iklim di Indonesia.
  3. Mengembangkan teknologi dan ilmu pengetahuan dalam bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika.
  4. Menyediakan data dan informasi untuk kepentingan penelitian, pengembangan, dan pengelolaan sumber daya alam.
Baca Juga :   Biografi Pangeran Diponegoro: Sang Pejuang Melawan Penjajah

Visi BMKG

BMKG berfungsi untuk menjadi lembaga yang lebih handal, responsif, dan mampu mendukung keselamatan masyarakat.

BMKG juga brfungsi membantu keberhasilan pembangunan nasional dan partisiapasi  pada tingkat internasional. Berikut merupakan 2 visi dari BMKG

1. Memberikan pelayanan informasi meteorologi, klimatologi, kualitas udara, dan geofisika yang handal.

Pelayanan BMKG terhadap penyajian data dan informasi, serta pelayanan jasa meteorologi, klimatologi, kualitas udara, dan geofisika yang akurat, tepat sasaran, tepat guna, cepat, lengkap, dan dapat dipertanggungjawabkan.

2. Responsif dan mampu menangkap serta merumuskan kebutuhan stakeholder.

Kebutuhan stakeholder tentang informasi dan data serta jasa meteorologi, klimatologi, kualitas udara, dan geofisika lainnya.

Cara Masuk Ke BMKG

Apakah kamu tertarik untuk masuk ke BMKG. Bagi yang ingin bergabung dengan BMKG, terdapat beberapa jalur yang dapat ditempuh. Jalur tersebut meliputi:

1. Penerimaan CPNS

Setiap tahun, BMKG membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dengan persyaratan pendidikan minimal sarjana. Informasi mengenai penerimaan CPNS dapat dilihat pada website resmi BMKG.

2. Rekrutmen Pegawai Non-CPNS

BMKG juga membuka kesempatan bagi yang tidak lulus seleksi CPNS untuk bergabung sebagai Pegawai Non-CPNS dengan persyaratan pendidikan minimal diploma. Informasi mengenai rekrutmen Pegawai Non-CPNS dapat dilihat pada website resmi BMKG.

3. Masuk Sekolah Kedinasan

BMKG merupakan salah satu lembaga yang memiliki sekolah kedinasan. Sama seperti Kementerian Keuangan yang memiliki STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara).

BMKG juga memiliki STMKG (Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika). Di STMKG, pendidikan profesional diberikan kepada para calon pegawai BMKG yang memerlukan keterampilan khusus di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika.

4. Magang

BMKG juga membuka kesempatan magang bagi mahasiswa yang ingin menambah pengalaman dan pengetahuan di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika. Informasi mengenai magang dapat dilihat pada website resmi BMKG.

Baca Juga :   Menemukan Makna dari Warisan Budaya: Menjelajahi Rumah Adat Suku Jawa

Apakah BMKG itu Sangat Penting?

BMKG merupakan lembaga yang sangat penting bagi Indonesia. Dalam menjalankan tugasnya, BMKG memberikan informasi dan peringatan dini terkait kondisi cuaca dan iklim yang dapat mempengaruhi keselamatan masyarakat. Selain itu, BMKG juga memberikan informasi mengenai kondisi cuaca dan iklim untuk kepentingan sektor perikanan, pertanian, pariwisata.

Demikian penjelasan mengenai BMKG, jika kalian yang tertarik dengan perkiraan cuaca kalia dapat masuk ke dalam kedinasan BMKG, Semangat***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *