Breaking News
Belajar Permainan Bola Voli
Belajar Permainan Bola Voli

Belajar Permainan Bola Voli

Untuk pembahasan kali ini kita akan mengulasnya Bola voli Ini mencakup teknik, sejarah, aturan, standar dan hakim dalam kasus ini, jadi lihat ulasan lengkap di bawah ini untuk mempelajari lebih lanjut.

Pengertian bola voli

Bola voli adalah permainan tim dengan dua pemain masing-masing dengan enam pemain. Memainkan bola bolak-balik dengan net dan masing-masing tim berusaha melempar bola dengan cepat ke lapangan lawan.


Memenangkan permainan membutuhkan teknik, kebugaran, taktik, dan pemikiran serta kerja sama yang baik.


Sejarah bola voli


  1. Sejarah perkembangan bola voli pada awalnya

William G. Morgan (New York, 1870–1942) adalah seorang tokoh Amerika. Pencipta Olahraga Bola voli.


Mempelajari Morgan muda Sekolah Tinggi Springfield Dikelola oleh YMCA (Asosiasi Pria Kristen). Pada tahun 1891 ia bertemu James Naismith, pendiri bola basket. Setelah lulus, ia mulai bekerja sebagai direktur pendidikan jasmani di YMCA di Massachusetts pada tahun 1895.


Di sana dia membuat game yang disebut Mintoinet Desainnya tidak seberat bola basket untuk dimainkan orang tua. 9 Februari 1895 Untuk menjadi tempat lahirnya game ini. Dirancang setelah olahraga lain yang disebut Jerman Bola cepatGame ini kemudian berganti nama Bola voli (Bola voli).


Setelah kontak James Nissimit (SEBUAH Pencipta sepak bola Bola basket Lahir pada 6 November 1861 dan meninggal pada 28 November 1939) Morgan Mintonet menciptakan olahraga baru. Demikian pula, James Nissimit, William G.


Morgan mendedikasikan hidupnya sebagai guru pendidikan jasmani. William G., lulusan YMCA Springfield College. Morgan menciptakan Mentonnet empat tahun setelah bola basket James Nicem ditemukan.


Minnetnet adalah gim multipemain. Faktanya, game Minnetnet dibuat dengan empat jenis karakter olahraga menjadi satu: bola basket, baseball, tenis, dan bola tangan terakhir.


Game ini awalnya dibuat khusus untuk non-young member YMCA, jadi game ini tidak seaktif bola basket.


Nama Minnett diubah menjadi bola voli pada tahun 1896 ketika ia melakukan debut internasionalnya di Sekolah Pelatihan YMCA. Pada awal tahun 1896, Drs. Luther Halsey Gulick (Direktur Sekolah Pendidikan Jasmani Profesional dan Direktur Komite Internasional untuk Kebugaran) mengundang Morgan untuk melakukan permainan baru di kampus baru.


Pada konferensi di kampus YMCA, Springfield dihadiri oleh semua guru pendidikan jasmani. Pada kesempatan ini Morgan membawa dua kelompok yang masing-masing terdiri dari lima orang.


Dalam hal itu, Morgan menjelaskan bahwa game ini bebas dimainkan baik di dalam maupun di luar ruangan. Dan seperti yang dia katakan saat itu, game ini juga bisa dimainkan oleh banyak pemain.


Tidak ada batasan jumlah pemain reguler dalam permainan. Tujuan permainan ini adalah untuk memindahkan bola dari atas net, dari satu area ke area lain (zona lawan).


Gameplay kedua tim dan penjelasan Morgan membuat perbedaan di internet. Dalam paparannya, Profesor Alfred T. Hulded yang mengamati dan mengomentari presentasi Morgan menjelaskan bahwa nama Minnetnet diubah menjadi bola voli.


Pilihan nama voli bukan Mintnet tidak diperhitungkan. Nama bola voli dipilih untuk salah satu kegiatan utama permainan: bola voli sebelum jatuh ke tanah.


Awalnya, nama bola voli dieja secara terpisah (dua kata), yang berarti “bola voli”. Kemudian, pada tahun 1952, dewan direksi USVBA (United States Volleyball Association) memilih untuk menuliskan namanya dalam satu kata, “bola voli”.


USVBA adalah asosiasi bola voli di Amerika Serikat. Asosiasi ini pertama kali didirikan pada tahun 1928, dan saat ini USVBA lebih dikenal dengan USAVOLVAL. Setelah rapat umum, komite YMCA menulis surat kepada Morgan dan berjanji untuk mempelajari aturan mainnya.


Beberapa aturan asli Morgan termasuk penggunaan jaring hingga 6 kaki 6 inci (ukuran ini lebih pendek dari rata-rata Amerika abad ke-19), lapangan 7,6 x 15,2 m2, dan dimainkan oleh banyak pemain. Di bawah aturan sebelumnya, permainan dibagi menjadi sembilan putaran. Di setiap babak, setiap tim memiliki kesempatan untuk melakukan servis (memukul bola di awal permainan/memukul bola terlebih dahulu).


Selain itu, tidak ada pembatasan kontak antara pemain dan bola dalam hukum pertama sebelum bola dipukul dan dibawa ke zona lawan. Jika seorang pemain melakukan kesalahan saat melakukan servis, dia tetap diperbolehkan melakukan servis kedua.


Memukul bola ke gawang dianggap pelanggaran dan mengakibatkan hilangnya hasil, kecuali untuk servis pertama. Karena setelah servis pertama, masih ada kesempatan untuk melakukan servis kedua. Akhirnya direvisi dan diterbitkan pada Juli 1896.


  1. Sejarah perkembangan bola voli di Indonesia

Indonesia dikenal dengan olahraga bola voli sejak penjajahan Belanda sejak tahun 1982. Pelatih fisik didatangkan dari Belanda untuk mengembangkan olahraga pada umumnya dan bola voli pada khususnya. Di Indonesia, bola voli dimainkan, terutama di asrama, di lapangan, dan dalam kompetisi antar perusahaan Belanda.


Bola voli di Indonesia sangat pesat di semua lapisan masyarakat, sehingga klub-klub didirikan di kota-kota besar di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, pada tanggal 22 Januari 1955 dibentuklah FCVC (Persatuan Bola Voli Indonesia) bersamaan dengan diadakannya kejuaraan nasional pertama di Jakarta.


PBVSI telah aktif sejak saat itu, baik di dalam maupun di luar negeri. Perkembangan bola voli sudah menonjol di Jakarta sejak Asian Games IV 1962 dan Ganefo 1 1963, baik untuk putra maupun putri. Pertandingan bola voli di Pon II


Hal ini juga ditegaskan oleh informasi para peserta kejuaraan nasional. Peningkatan jumlah PON dan acara olahraga lainnya. Bola voli Indonesia sejauh ini merupakan yang terbesar ketiga setelah sepak bola dan bulu tangkis. Diselenggarakan di Yunani dari 3-12 September 1989.


Dengan bantuan tim voli pemuda Indonesia Jano Hadiyan yang dilatih oleh Canwar dan pelatih Jepang Hideto Nishiyoka, pelatih kebugaran dipindahkan dari KANTOR MENPORA Picon (Pusat Kesehatan Olahraga Nasional) ke Enging Kosasih. Para pemenang juara dunia bola voli putra

  • Uni Soviet
  • Jepang
  • Brazil
  • Bulgaria
  • Kuba
  • Yunani
  • Polandia

Indonesia, sementara itu, menduduki peringkat ke-15 di bawah kepemimpinan Jenderal PBVSI Paulus. Mochamad Sanusi, bola voli semakin populer baik dari segi jumlah asosiasi yang ada maupun efisiensi sistem kompetisi, baik di dalam maupun di luar negeri.


Aturan main bola voli

Berikut ini adalah peraturan permainan bola voli:


  1. Ukuran lapangan bola voli

 

  • Panjang lapangan: 18 m
  • Lebar lapangan: 9 m
  • Lebar garis: 5 cm

  1. Net / Jaring

  • Panjang bersih: 9,5 m
  • Lebar bersih: 1 m
  • Saling mengunci: 10 cm
  • Tinggi anak: 2,43 m
  • Tinggi Pilar Putri: 2,24 m
  • Garis akar antena: 10 cm
  • Tinggi antena: 1,80 m
  • Diameter: 1 cm

  1. Bola

Termasuk pur

  • Keliling: 65-67 cm
  • Berat bola: 250-280 gram
  • Tekanan udara: 0,48-0,52 kg / cm
  • Garis bola 12-18 garis

  1. Jumlah pemain bola voli

Termasuk pur

  • Setiap tim terdiri dari 6 pemain
  • dan 6 orang untuk caangan

  1. Transisi permainan

Jika tim yang melakukan servis berhasil menutup bola di lapangan lawan, pemain bergerak satu posisi searah jarum jam (misalnya: posisi satu ke posisi enam, posisi enam ke posisi lima, posisi lima ke posisi empat, dan seterusnya).

Permainan atau Set
Bermain ditentukan oleh permainan atau set. Tim yang mendapatkan atau mengumpulkan angka 25 terlebih dahulu adalah pemenang dari permainan tersebut. Jika skor 24-24, jus (dua) dinyatakan dan tim yang mendapat selisih dua poin lebih dulu menang.

Kemenangan tim bola voli ditentukan oleh dua sistem:

Sistem dua set mengharuskan setiap tim untuk menang jika mereka telah memenangkan dua set.
Sistem Three Winning Set, yaitu tim dikatakan menang jika memenangkan tiga set.
Bermain dengan bola

Terdiri dari:

Sebuah tim berhak memukul/memainkan bola maksimal 3 kali (selain blok)
Seorang pemain dapat memukul/memainkan bola dua kali berturut-turut (kecuali blok/blok)
Pemain dapat memainkan bola dengan menggunakan seluruh bagian tubuh (misal: kaki, kepala) selama bola memantul dengan sempurna/tidak berhenti.

Dua atau tiga pemain dapat memukul bola pada saat yang sama (bersamaan) dan ini dihitung sebagai dua atau tiga pukulan (kecuali staking)
Jika dua atau tiga pemain mencapai bola tetapi hanya satu pemain yang memukulnya, tembakan dihitung
Main dekat net

Terdiri dari:

Pemain bertahan (blocker) boleh menyentuh bola di daerah lawan, asalkan tidak mengganggu permainan lawan (dengan menyentuh bola sebelum dipukul lawan)
Setelah melakukan serangan (smash) tangan dapat melewati jaring/masuk ke area lawan
Dapat melewati ruang bermain lawan di bawah net, asalkan tidak mengganggu permainan lawan
Jangan berbalik untuk menyentuh / menginjak garis tengah
Bagian tubuh tidak boleh menyentuh lapangan lawan
bola keluar
Bola dinyatakan keluar jika:

Jatuh sepenuhnya di luar garis batas
Sentuh bola di luar batas
Sentuh antena, tali, tiang atau jaring di luar batas antena
Kesalahan selama pertandingan
Terdiri dari:

Bola dipukul dengan menyentuh antena / rod
Bola dipukul di luar batas
Bola dipukul dengan menyentuh benda di luar batas
Pemain menyentuh net

Para pemain di garis bawah menerobos di depan garis serang
Seorang pemain memukul bola dua kali berturut-turut (kecuali balok)
Seorang pemain pengganti memasuki lapangan memberi isyarat
Kesalahan selama layanan
Terdiri dari:

Bola servis mengenai antena
Saat memukul bola, kaki berjalan di garis lapangan
Bola tidak dipantulkan terlebih dahulu
Bola dipukul di luar batas
Memperlambat atau memperlambat permainan
Layanan dari luar jalur ekstensi lapangan.
Teknik dasar bola voli
Berikut beberapa teknik dasar bola voli, terdiri dari:

1. Jenis dan penerapan teknik passing
Terdiri dari:

Mengundurkan diri
Bagaimana menerapkan:

Para pemain mengambil posisi siap.
Kedua tangan rapat dan dijulurkan ke depan, kedua lengan membentuk sudut 45º dengan tubuh.
Turunkan postur tubuh dengan menurunkan sudut lutut dari 135º menjadi 45º.
Kaki mulai sedikit direntangkan ke depan, bola mengenai lengan bawah yang terentang lurus. Kaki dijulurkan ke ujung jari kaki dan tangan tidak boleh melebihi bahu.
Bersiaplah lagi.
Jenis jalan bawah tanah:

Pass dua tangan
Lintasan satu tangan
Bagian bawah dengan pengguliran lateral
Kembali di tengah lorong di bawah ini
Bagian dari bawah Geser ke depan
Langkah atas
Bagaimana menerapkan:

Pada dasarnya operan overhead adalah bola yang ditangkap di atas, menyentuh dahi dan melemparkannya kembali, tetapi karena proses gerakan dilakukan dengan sangat cepat, bola tampaknya telah memantul.

Para pemain mengambil posisi siap.
Badan diregangkan ke atas dengan cara meluruskan kaki, sambil merentangkan kedua tangan ke atas secara bersamaan, sikap jari-jari seperti berusaha menutupi bola.
Kaki ditekuk ke belakang sampai lutut membentuk sudut 135, lengan ditekuk di depan wajah di atas dahi, dan bola disentuh dengan ujung tangan.
Kaki direntangkan ke belakang dengan berjinjit dan bola dilempar ke depan dan ke atas dengan jari tangan dan bantuan lengan bergerak sampai lurus.
Bersiaplah lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.