Aspek Penting dalam Akuntansi Keprilakuan
Aspek Penting dalam Akuntansi Keprilakuan

Aspek Penting dalam Akuntansi Keprilakuan

Anams.id – Di bawah ini adalah beberapa aspek kunci dari akuntansi perilaku, yang terdiri dari:

  • Teori organisasi dan perilaku manajerial

Teori organisasi modern berkaitan dengan menjelaskan perilaku komponen entitas bisnis sebagai dasar untuk memahami perilaku dan motivasi entitas bisnis. Teori organisasi modern menangkap interaksi antar elemen organisasi untuk mendukung tujuan organisasi. Organisasi adalah entitas yang lengkap. Lebih khusus, teori organisasi modern berfokus pada perilaku berorientasi tujuan, motivasi, dan karakteristik pemecahan masalah organisasi.

Tujuan organisasi dilihat sebagai hasil dari proses mempengaruhi dalam organisasi, menetapkan batas-batas dalam pengambilan keputusan dan peran pengendalian internal yang diciptakan oleh organisasi. Motivasi dianggap sebagai salah satu penentu kinerja. Faktor lainnya adalah kepuasan kerja dan komitmen organisasi.

Namun, hubungan antara kepuasan kerja dan komitmen organisasi dapat bersifat timbal balik atau timbal balik. Dalam situasi dan kondisi tertentu, komitmen organisasi mempengaruhi kepuasan kerja, dan dalam situasi dan kondisi lain, kepuasan kerja mempengaruhi komitmen organisasi.

  • anggaran dan perencanaan

Fokus area ini adalah interaksi antara perumusan tujuan organisasi dan perilaku individu. Aspek kunci dari area ini termasuk proses anggaran partisipatif, kesulitan mencapai tujuan, tingkat aspirasi dan adanya konflik antara tujuan individu dan organisasi. Penyelarasan tujuan individu dan organisasi adalah struktur manajemen untuk pengembangan organisasi. Dua isu utama di bidang anggaran dan perencanaan adalah ruang kepala organisasi dan ruang kepala anggaran.

  • Pengambilan keputusan

Fokus bidang ini adalah pada teori dan model pengambilan keputusan. Pengambilan keputusan memiliki teori normatif, paradoks dan model deskriptif. Teori normatif adalah bagaimana orang membuat keputusan. Paradoks bertentangan dengan teori normatif, tetapi model deskriptif menjelaskan apa yang terjadi ketika orang membuat keputusan berdasarkan fakta empiris yang ada.Informasi yang digunakan masih informasi akuntansi.

  • Memeriksa
Baca Juga :   Pengertian Saham menurut Para Ahli

Aspek pengendalian sangat penting dalam sebuah organisasi. Semakin besar organisasi, semakin diperlukan langkah-langkah manajemen terpusat. Kontrol selalu dikaitkan dengan pengukuran kinerja dan adaptasi individu terhadap kontrol. Aspek penting dari kontrol adalah hubungan antara struktur organisasi, kontrol internal, desentralisasi dan sentralisasi dan hierarki manajemen. Perkembangan terakhir dalam pengendalian internal adalah kesadaran bahwa lingkungan pengendalian merupakan faktor penentu keberhasilan dalam mengendalikan operasi organisasi.

Lingkungan pengendalian mencakup banyak aspek perilaku. Lingkungan terkendali adalah tingkat dasar dan prasyarat untuk komponen lainnya. Dengan kata lain, jika lingkungan yang terkendali dapat berfungsi dengan baik dan sehat, maka memudahkan pelaksanaan komponen lainnya. Setiap organisasi, besar atau kecil, harus memiliki lingkungan terkendali yang memfasilitasi pengembangan organisasi.

Lingkungan pengendalian yang tidak sehat seringkali menunjukkan kelemahan pada elemen pengendalian internal lainnya. Lingkungan pengendalian mencerminkan sikap umum dan kesadaran akan pentingnya pengendalian internal organisasi.

  • laporan keuangan

Aspek perilaku pelaporan keuangan meliputi perilaku pemerataan pendapatan, keandalan informasi akuntansi, dan relevansi informasi akuntansi bagi investor. Penyetaraan pendapatan adalah bagian dari manajemen pendapatan yang disebabkan oleh manajer yang menyimpan informasi pribadi untuk keuntungan mereka sendiri. Manajemen pendapatan pada dasarnya adalah masalah perilaku, yang merupakan perilaku manajemen egois dalam model keagenan.

Ruang lingkup manajemen pendapatan mencakup modul yang digunakan dalam pemilihan metode akuntansi, perkiraan, klarifikasi dan informasi wajib. Hal yang perlu diperhatikan di sini adalah bahwa bentuk dan format sama pentingnya dengan apa yang disajikan atau dilaporkan. Bahkan untuk konten yang sama, orang dapat dipengaruhi oleh format yang berbeda.

itulah pembahasan mengenai Aspek Penting dalam Akuntansi Keprilakuan, semoga bermanfaat***

Leave a Reply

Your email address will not be published.