pengendalian internal
pengendalian internal

pengendalian internal

ANAMS.ID – Kali ini kita akan membahas mengenai pengendalian internal. untuk pembahasan lengkapnya, simak artikel berikut dengan baik.

pengendalian internal

Karena kas adalah aset yang paling likuid dan disalahgunakan, pengendalian kas internal sangat penting untuk menjaga kas dan memastikan keakuratan akuntansi kas.

Tujuan pengendalian internal adalah untuk memberikan keyakinan memadai bahwa:

Aset dilindungi dan digunakan untuk mencapai tujuan perusahaan.
Informasi bisnis yang akurat.
Karyawan mematuhi aturan dan peraturan.

Pengendalian internal dapat melindungi aset dari pencurian, penyelewengan, atau penempatan aset yang tidak tepat. Salah satu pelanggaran utama pengendalian internal adalah perilaku karyawan yang salah.
Elemen pengendalian internal
lingkungan terkendali

Lingkungan pengendalian suatu perusahaan mencakup semua sikap manajemen dan karyawan mengenai pentingnya pengendalian, faktor-faktor yang dipengaruhi oleh, antara lain, filosofi manajemen dan gaya operasi. Struktur organisasi perusahaan, yang merupakan kerangka dasar untuk perencanaan dan pengelolaan operasi, juga mempengaruhi lingkungan manajemen. Kebijakan sumber daya manusia yang mempengaruhi perekrutan karyawan, pelatihan, evaluasi, penetapan gaji dan promosi juga mempengaruhi lingkungan pengendalian.
tugas beresiko

Semua organisasi mengambil risiko. Contoh risiko termasuk perubahan permintaan pelanggan, ancaman persaingan, perubahan peraturan, perubahan faktor ekonomi seperti perubahan suku bunga dan pelanggaran prosedur perusahaan oleh karyawan. Setelah risiko diidentifikasi, analisis dapat dilakukan untuk memperkirakan besarnya dampak risiko dan tingkat kemungkinan terjadinya dan untuk menentukan tindakan untuk meminimalkan risiko.
prosedur pengendalian

Prosedur pengendalian tersedia untuk memberikan jaminan yang wajar atas pencapaian tujuan perusahaan, termasuk penyelewengan. Langkah-langkah ini meliputi:

Karyawan berbakat, shift, cuti wajib.
Pemisahan Tanggung Jawab untuk Transaksi Terkait.
Pemisahan operasi, keamanan aset dan akuntansi.
Tes dan prosedur keselamatan.

Baca Juga :   Pengertian dan Sejarah Akuntansi Internasional

pemantauan

Dengan memantau sistem pengendalian internal kami, kami mengidentifikasi di mana letak kelemahan dan meningkatkan efektivitas pengendalian ini.
Telekomunikasi

Informasi yang valid tentang lingkungan pengendalian, penilaian risiko, prosedur pengendalian dan pengawasan diperlukan bagi manajemen untuk mengarahkan operasi dan memastikan kepatuhan terhadap persyaratan pelaporan dan peraturan yang berlaku.
Tujuan informasi arus kas

Salah satu tujuan utama laporan arus kas adalah untuk menyediakan informasi seperti:

Ini membantu investor dan kreditur memprediksi jumlah uang yang dapat mereka terima dalam bentuk dividen, bunga dan pembayaran pokok.
Membantu menilai kemungkinan risiko.

Penilaian arus kas masa depan dan risiko yang dihadapi oleh investor dan kreditur sangat penting karena keduanya merupakan informasi dasar untuk menentukan nilai sekarang dari suatu sekuritas.

itulah pembahasan mengenai pengendalian internal, semoga bermanfaat***

Leave a Reply

Your email address will not be published.