Apakah Udang Harus Dicuci Sebelum Masuk Kulkas? Simak Penjelasan Lengkapnya Disini

anams.id – Hai guys, udang memang enak banget ya! Ngomong-ngomong, kalian udah tahu belum, sebelum udang dimasukin ke kulkas, harus dicuci dulu nih! Gak mau kan, kalo udang yang udah kita beli terkontaminasi sama kotoran atau sisa-sisa lainnya yang masih menempel pada kulitnya?

Udang merupakan salah satu makanan laut yang sangat populer di seluruh dunia, karena memiliki rasa yang lezat dan kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Namun, sebelum menyimpan udang di dalam kulkas, penting untuk mengetahui apakah udang harus dicuci terlebih dahulu atau tidak.

Mengapa Udang Harus Dicuci Sebelum Dimasukkan ke dalam Kulkas?

Udang yang masih segar biasanya masih memiliki kotoran atau sisa-sisa yang menempel pada kulitnya. Selain itu, saat diolah dan dibersihkan, bagian kepala dan kulitnya yang masih menempel pada daging udang dapat membuat udang lebih cepat rusak dan mempercepat pertumbuhan bakteri.

Oleh karena itu, sebelum menyimpan udang di dalam kulkas, sebaiknya dicuci terlebih dahulu untuk membersihkan kotoran atau sisa-sisa yang masih menempel pada kulitnya.

Cara Membersihkan Udang Sebelum Dimasukkan ke dalam Kulkas

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membersihkan udang sebelum dimasukkan ke dalam kulkas, di antaranya:

  1. Bilas Udang dengan Air Dingin

Cara yang paling umum dilakukan untuk membersihkan udang adalah dengan membilasnya dengan air dingin. Caranya sangat mudah, cukup letakkan udang di bawah air mengalir dan bilas hingga bersih dari kotoran atau sisa-sisa yang menempel pada kulitnya. Pastikan untuk membersihkan semua bagian dari udang, termasuk bagian kepala dan ekornya.

  1. Rendam Udang dalam Air Garam

Selain membilas dengan air dingin, Anda juga dapat merendam udang dalam air garam. Caranya sangat mudah, cukup tambahkan satu sendok teh garam ke dalam air dingin dan aduk hingga garam larut. Kemudian, rendam udang dalam air garam tersebut selama kurang lebih 10 menit, kemudian bilas dengan air dingin hingga bersih.

  1. Gunakan Air Jeruk Nipis
Baca Juga :   Cara Menghilangkan Noda Getah Pisang di Baju dengan Cepat

Cara lain yang dapat dilakukan untuk membersihkan udang adalah dengan menggunakan air jeruk nipis. Caranya cukup dengan mencampurkan air jeruk nipis segar dengan air dingin, kemudian rendam udang dalam campuran tersebut selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu, bilas udang dengan air dingin hingga bersih.

Setelah Udang Dicuci, Apa yang Harus Dilakukan Selanjutnya?

Setelah udang dicuci dengan baik, pastikan untuk mengeringkannya dengan menggunakan tisu atau kain bersih. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kelembapan pada udang, sehingga udang tidak mudah basi atau rusak saat disimpan di dalam kulkas. Setelah itu, simpan udang di dalam wadah kedap udara yang bersih dan simpan di dalam kulkas pada suhu 0-4 derajat Celsius.

Namun, perlu diingat bahwa udang yang sudah dicuci sebaiknya segera dimasukkan ke dalam kulkas dan tidak dibiarkan terlalu lama di suhu ruangan. Hal ini dilakukan untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan menjaga kualitas udang yang masih segar.

Jadi, mencuci udang sebelum dimasukkan ke dalam kulkas sangat penting dilakukan untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan menjaga kualitas udang yang masih segar. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membersihkan udang, seperti membilas dengan air dingin, merendam dalam air garam, atau menggunakan air jeruk nipis.

Setelah dicuci, pastikan untuk mengeringkan udang dengan baik, dan menyimpannya di dalam wadah kedap udara yang bersih di dalam kulkas pada suhu 0-4 derajat Celsius. Dengan melakukan hal ini, Anda dapat menjaga kualitas udang yang masih segar dan aman untuk dikonsumsi.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *