Cara Menghilangkan Sablon di Hoodie

Anams.id – Hoodie adalah salah satu pakaian yang sangat populer di kalangan masyarakat saat ini. Hoodie bisa dikenakan oleh siapapun dan kapanpun.

Banyak orang membeli hoodie dengan sablon atau gambar yang menarik untuk menambah nilai estetika dari pakaian tersebut.

Namun, ada kalanya kita ingin menghilangkan sablon atau gambar pada hoodie tersebut. Bagaimana caranya? Pada artikel ini, saya akan membahas cara menghilangkan sablon di hoodie dengan aman dan mudah.

Mengenal Jenis Sablon di Hoodie

Sebelum membahas cara menghilangkan sablon di hoodie, kita perlu mengenali jenis sablon yang ada pada hoodie.

Ada beberapa jenis sablon yang biasanya digunakan pada hoodie, yaitu sablon rubber, sablon screen printing, dan sablon heat transfer.

Sablon rubber adalah sablon yang dicetak pada hoodie menggunakan tinta karet. Sablon screen printing adalah sablon yang dicetak pada hoodie menggunakan tinta khusus dan mesin khusus.

Sedangkan, sablon heat transfer adalah sablon yang dicetak pada kertas transfer dan kemudian dipanaskan pada hoodie menggunakan mesin pemanas.

Cara Menghilangkan Sablon di Hoodie

Setelah kita mengenal jenis sablon yang ada pada hoodie, langkah selanjutnya adalah menghilangkan sablon tersebut. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan sablon di hoodie:

  1. Gunakan Penghapus Sablon

    Penghapus sablon adalah alat yang bisa digunakan untuk menghapus sablon pada hoodie. Penghapus sablon berbahan dasar karet dan dapat dipakai pada semua jenis sablon.

    Cara penggunaannya cukup mudah, kamu hanya perlu menggosok penghapus pada sablon dengan gerakan yang lembut hingga sablon terhapus.

    Namun, penggunaan penghapus sablon bisa merusak serat kain pada hoodie jika tidak dilakukan dengan hati-hati.

  2. Pakai Larutan Penghilang Sablon

    Kamu juga bisa menggunakan larutan penghilang sablon untuk menghapus sablon pada hoodie. Larutan penghilang sablon biasanya terbuat dari bahan kimia yang dapat melarutkan sablon pada hoodie.

    Cara penggunaannya adalah dengan mengoleskan larutan penghilang sablon pada sablon dengan kuas atau kapas. Setelah itu, biarkan larutan mengikis sablon selama beberapa menit dan bilas hoodie dengan air bersih.

    Namun, penggunaan larutan penghilang sablon bisa merusak kain hoodie jika tidak dilakukan dengan benar.

  3. Cuci Hoodie dengan Air Panas

    Cara lain yang bisa dilakukan untuk menghilangkan sablon pada hoodie adalah dengan mencuci hoodie dengan air panas.

    Panasnya air akan membantu melarutkan sablon dan membuka pori-pori kain sehingga sablon bisa terlepas.

    Namun, perlu diingat bahwa cara ini hanya bisa dilakukan pada hoodie yang terbuat dari bahan yang tahan panas seperti katun atau polyester.

    Selain itu, metode ini juga bisa merusak warna hoodie jika dilakukan secara berlebihan

Perlu diingat bahwa setiap metode memiliki risiko yang berbeda-beda, tergantung pada jenis sablon dan bahan hoodie yang digunakan.

Sebelum melakukan penghilangan sablon pada hoodie, pastikan untuk memeriksa bahan hoodie terlebih dahulu dan memilih metode yang aman dan sesuai.

Lakukan penghilangan sablon dengan lembut dan hati-hati, jangan terlalu memaksa atau menggosok hoodie terlalu keras.

Setelah sablon berhasil dihilangkan, pastikan untuk membilas hoodie dengan air bersih hingga sabun atau larutan penghilang sablon terangkat dengan sempurna.

Dengan mengikuti tips dan cara yang telah dijelaskan di atas, kamu bisa menghilangkan sablon pada hoodie dengan aman dan mudah.

Namun, jika kamu merasa tidak yakin atau tidak nyaman untuk melakukannya sendiri, kamu bisa menghubungi jasa laundry atau tukang sablon terdekat untuk membantu menghilangkan sablon pada hoodie.***

Baca Juga :   Bagaimana Cara Menyimpan Udang Yang Benar? Ternyata Begini Loh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *