Apa Itu World Health Organization Atau WHO? Berikut Penjelasannya
Apa Itu World Health Organization Atau WHO? Berikut Penjelasannya

Apa Itu World Health Organization Atau WHO? Berikut Penjelasannya

Organisasi Kesehatan Dunia ataupun Wolrd Health Organization(WHO) merupakan salah satu tubuh Perserikatan Bangsa– Bangsa yang berperan selaku koordinator kesehatan universal secara internasional serta bermarkas di Jenewa, Swiss yang didirikan oleh Perserikatan Bangsa– Bangsa pada 7 April 1948. Dengan Direktur Jendral saat ini alias tetaptnya 1 Juli 2017 merupakan Dokter. Tedros Adhanom Ghebreyesus dari Ethiopia( Afrika).

World Health Organization bagi komisi khusus yang tercantum bagian dari Dewan Ekonomi serta Sosial( Economic and social Committee- ECOSOC) yang bertugas membagikan data serta nasehat kepada Swean Ekonomi serta Sosial tentang masalah- permasalahan spesial, ialah seluruh suatu yang berhubungan dengan permasalahan kesehatan.

Dalam melaksanakan tugasnya, badan- badan khusus Dewan Ekonomi serta Sosial menjalakan sesuatu jaringan kerjasama yang silih berkaitan serta tidak bisa dipisahkan antara satu dengan yang yang lain.

World Health Organization Majelis biasanya bertemu pada bulan Mei tiap tahun. Tidak hanya penunjukan Direktur Jenderal tiap 5 tahun, Majelis memperhitungkan kebijakan keuangan Organisasi dan pembahasan serta menyetujui anggaran program yang diusulkan. Majelis memilah 34 anggota, secara teknis bermutu di bidang kesehatan, kepada Dewan Eksekutif buat jangka waktu 3 tahun. Guna utama Dewan Komisaris merupakan buat melakukan keputusan serta kebijakan dari Majelis, untuk menasihati serta buat memudahkan pekerjaan secara universal.

World Health Organization dibiayai oleh donasi dari negara- negara anggota serta dari donor. Dalam sebagian tahun terakhir, kerja World Health Organization sudah melibatkan peningkatan kerjasama dengan tubuh eksternal, ada saat ini dekat 80 kemitraan dengan LSM serta industri farmasi, dan dengan yayasan semacam Bill dan Melinda Gates Foundation serta Rockefeller Foundation. Donasi sukarela buat World Health Organization dari nasional dan lokal, yayasan pemerintah serta LSM, organisasi PBB yang lain, serta zona swasta, saat ini melebihi dinilai dari donasi( iuran) dari 193 negeri anggota.

Organisasi Kesehatan ataupun World Health Organization mempunyai program serta proyek yang bertujuan guna mempelajari, menanggulangi, serta membasmi penyakit. Program serta proyek tersebut merupakan sebagai berikut.

Baca Juga :   Bentuk-Bentuk Penyimpangan Sosial

Afrika Program Control onchocerciasis( APOC)

Kartu Kuning ataupun Carte Jaune, merupakan suatu sertifikat internasional vaksinasi( ICV) yang diterbitkan oleh World Health Organization. Perihal ini diakui secara internasional serta bisa jadi dibutuhkan untuk merambah negara- negara tertentu di mana terdapat efek kesehatan yang lebih untuk turis. Kartu Kuning wajib ditaruh di pemegang paspor karena paspor medis

Pusat Kerja sama yakni lembaga yang ditunjuk oleh direktur jenderal yang bekerja guna menunjang program

Global Beban Penyakit proyek( GBD)

Global Initiative guna Perawatan Darurat serta Essential Bedah

Program Malaria Global( GMP)

Rumah Tangga Pengolahan Air serta Penyimpanan Nyaman( HWTS)

Prakualifikasi Obat Program( taman PMP)

Internasional Program on Chemical Safety( IPCS), dengan ILO serta UNEP

Proyek Internasional Radon

Hari Kesehatan Dunia dirayakan tiap tahun pada bertepatan pada 7

Tidak hanya mengkoordinasikan upaya- upaya internasional guna mengatur wabah penyakit meluas, semacam SARS, malaria, TBC, flu babi, serta AIDS. World Health Organization pula mensponsori program- program untuk menghindari serta menyembuhkan penyakit tersebut. World Health Organization menunjang pengembangan serta distribusi vaksin yang nyaman serta efisien, diagnostik farmasi, serta obat- obatan.

Tidak hanya bekerja dalam membasmi penyakit, World Health Organization pula melaksanakan kampanye yang terkait dengan kesehatan bermacam– misalnya, buat meningkatkan konsumsi buah- buahan serta sayur- mayur di segala dunia serta untuk menghindari pemakaian tembakau.

World Health Organization juga mempromosikan pengembangan kapasitas di negara- negara anggota buat memakai serta menciptakan riset yang memenuhi kebutuhan nasional, dengan menyarungkan sistem kesehatan riset nasional serta mempromosikan platform pengetahuan terjemahan semacam Fakta Jaringan Data Kebijakan- EVIPNet.

World Health Organization pula melaksanakan riset kesehatan pada penyakit menular, keadaan non- menular serta luka, misalnya, memanjang riset tentang penuaan buat memastikan apakah tahun bonus kami hidup dalam kesehatan yang baik ataupun miskin, serta, apakah medan elektromagnetik sekitarnya ponsel mempunyai akibat pada kesehatan.

Baca Juga :   Pengertian Konformitas Adalah

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.