10 Jenis Diskusi dan Contohnya

Jenis Diskusi dan Contohnya

Anams.id Diskusi merupakan aktivitas yang sering dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam lingkup pribadi maupun profesional. Berbicara tentang diskusi, ada beberapa jenis diskusi yang biasa dijumpai, seperti seminar, training, simposium, diskusi panel, rapat, kongres politik, mukhtamar, pembekalan, konferensi, dan munas.

Setiap jenis diskusi memiliki tujuan dan karakteristik yang berbeda-beda. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai jenis diskusi dan contohnya.

1. Seminar: Definisi dan Contohnya

Sebuah seminar adalah diskusi yang biasanya dihadiri oleh sekelompok orang dengan tujuan mempresentasikan hasil penelitian atau berdialog dengan moderator. Biasanya, seminar diselenggarakan secara formal dengan mematuhi topik-tokoh yang telah disiapkan oleh panitia penyelenggara. Namun, dalam beberapa kasus, sesi debat dan berbagi pengalaman juga diadakan. Tujuan utama dari diskusi ini adalah untuk mencari solusi dari masalah yang dibahas. Oleh karena itu, setelah diskusi berakhir, kesimpulan dan keputusan diambil dari pendapat bersama. Berbagai resolusi dan rekomendasi juga dapat disematkan dalam hasil diskusi.

2. Training: Pengertian dan Contohnya

Training adalah pelatihan yang dipandu oleh seorang pelatih untuk menguasai topik tertentu. Ini adalah cara yang sangat baik untuk mempelajari teori dan praktik secara bersamaan. Contohnya, pelatihan dapat diadakan untuk topik-topik seperti pembuatan website, bisnis online, branding merk, dan pemasaran artikel. Dalam pelatihan, peserta didik dapat berlatih langsung untuk menerapkan apa yang dipelajari dari pelatih.

Baca Juga :   Pengertian Populasi Adalah

3. Simposium: Pengertian dan Contohnya

Simposium adalah serangkaian pidato singkat di depan audiens dengan seorang pemimpin simposium. Biasanya, beberapa pembicara mengemukakan pandangan-pandangan yang berbeda dalam topik yang sama. Topik persoalan dapat dipecahkan menjadi beberapa aspek pandangan dan masing-masing aspek dipisahkan secara khusus. Oleh karena itu, sudut pandang dari berbagai aspek dapat dijelaskan dengan baik.

4. Diskusi Panel: Definisi dan Contohnya

Diskusi panel adalah diskusi yang dirancang untuk membahas suatu topik di depan audiens. Biasanya, diskusi ini dihadiri oleh 3 hingga 6 orang yang dianggap kompeten di bidangnya dan dipimpin oleh seorang moderator. Para panelis akan berdiskusi dan membahas topik secara rinci sehingga pengunjung dapat mengikuti pembicaraan mereka. Para pengunjung hanya perlu menjadi pendengar setia dan tidak berpartisipasi secara aktif. Dalam diskusi panel, para penyaji materi akan mempresentasikan pandangan mereka dan membahas isu yang dibahas secara rinci.

5. Rapat: Definisi dan Contohnya

Rapat adalah bentuk sarana komunikasi kelompok secara resmi yang bersifat tatap muka. Biasanya, rapat diselenggarakan oleh organisasi swasta atau pemerintah dengan tujuan membicarakan dan memecahkan masalah tertentu. Melalui rapat, berbagai permasalahan dapat diatasi dan berbagai keputusan kebijakan organisasi dapat dirumuskan.

6. Kongres politik dan Contohnya

Kongres politik merupakan acara yang biasa digelar oleh partai politik sebagai bentuk pertemuan besar antara para wakil negara atau wakil organisasi (politik, sosial, profesi) untuk mendiskusikan dan mengambil keputusan mengenai berbagai persoalan. Pada kongres politik, biasanya diputuskan kebijakan-kebijakan partai, pemilihan pimpinan partai, hingga program kerja partai untuk beberapa tahun ke depan. Beberapa contoh kongres partai politik di Indonesia antara lain kongres Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Demokrat, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), dan lain sebagainya.

Baca Juga :   Stres Kerja adalah, Ketahui Arti, Penyebab, Gejala dan Dampaknya

7. Mukhtamar dan Contohnya

Mukhtamar adalah istilah dalam bahasa Arab yang memiliki arti sama dengan kongres, konferensi, dan musyawarah. Namun, istilah mukhtamar lebih banyak digunakan dan dikenal di lingkungan organisasi-organisasi keislaman. Beberapa contoh mukhtamar di Indonesia antara lain mukhtamar Nahdlatul Ulama (NU) dan mukhtamar Muhammadiyah.

8. Pembekalan dan Contohnya

Pembekalan merupakan bentuk pertemuan yang bertujuan untuk memberikan pelatihan atau pendidikan kepada peserta agar mereka memiliki pengetahuan yang lebih luas terkait dengan bidang pekerjaannya. Di dalam partai politik, pembekalan diberikan kepada para kader partai untuk menanamkan visi dan misi partai serta memahami kebijakan-kebijakan partai. Sedangkan pada bidang kepegawaian, pembekalan diperuntukkan bagi para calon pegawai baru.

9. Konferensi dan Contohnya

Konferensi adalah bentuk pertemuan yang dihadiri oleh para wakil dari cabang suatu perusahaan atau organisasi induk untuk mendiskusikan dan menyelesaikan persoalan yang tengah dihadapi oleh organisasi tersebut. Beberapa contoh konferensi di Indonesia antara lain konferensi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), konferensi Ikatan Dokter Indonesia (IDI), konferensi Ikatan Sarjana Indonesia (ISRI), dan lain sebagainya.

10. Munas dan Contohnya

Munas (Musyawarah Nasional) adalah bentuk musyawarah yang bersifat nasional dan melibatkan perwakilan dari berbagai wilayah di Indonesia untuk membicarakan persoalan demi kepentingan nasional. Contoh musyawarah nasional di Indonesia antara lain Musyawarah Nasional Partai Persatuan Pembangunan.

Ada beberapa jenis diskusi yang mudah ditemukan dalam kehidupan masyarakat, seperti seminar, training, simposium, diskusi panel, rapat, kongres politik, mukhtamar, pembekalan, konferensi, dan munas.

Masing-masing jenis diskusi memiliki karakteristik dan tujuan yang berbeda. Dengan memahami karakteristik dan tujuan dari setiap jenis diskusi, kita dapat memilih jenis diskusi yang tepat untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Baca Juga :   Perjanjian Salatiga Adalah

Semoga kalian semakin paham dengan penjelasan mengenai diskusi dan contohnya. Terima Kasih***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *