Terjawab Disini – Pengertian, Bagian, dan Fungsi Sel

anams.id – Setiap makhluk hidup terdiri dari sel. Sel adalah unit struktural dan fungsional dasar kehidupan. Setiap organisme, baik itu makhluk hidup uniselular atau multiselular, terdiri dari satu atau lebih sel. Sel terdiri dari beberapa bagian penting yang bekerja sama untuk menjalankan fungsi seluler. Artikel ini akan membahas pengertian sel, bagian-bagian sel, dan fungsi masing-masing bagian sel.

Pengertian Sel

Sel adalah unit terkecil kehidupan. Setiap sel memiliki kemampuan untuk melakukan fungsi yang kompleks seperti mengambil nutrisi dari lingkungan, mengubah nutrisi tersebut menjadi energi, mengeluarkan produk limbah, serta mereplikasi dan memperbaiki dirinya sendiri. Sel terdiri dari membran sel, sitoplasma, dan inti sel.

Bagian-Bagian Sel

  1. Membran Sel, Membran sel adalah lapisan tipis yang mengelilingi sel dan memisahkan sitoplasma dari lingkungan luar sel. Membran sel terdiri dari lapisan ganda fosfolipid dan protein yang mengontrol pergerakan zat-zat masuk dan keluar sel. Membran sel juga berfungsi sebagai pengatur turgor sel.
  2. Sitoplasma, Sitoplasma adalah bagian sel yang terletak di antara membran sel dan inti sel. Sitoplasma terdiri dari berbagai organel seperti mitokondria, lisosom, ribosom, retikulum endoplasma, dan badan golgi. Sitoplasma berfungsi sebagai tempat untuk aktivitas seluler dan tempat penyimpanan nutrisi dan produk limbah.
  3. Inti Sel (Nukleus), Inti sel adalah organel sel yang terletak di tengah sel dan mengandung DNA. Inti sel berfungsi sebagai pengatur aktivitas seluler dan mengontrol reproduksi sel. Inti sel juga mengontrol sintesis protein melalui ribosom.
  4. Retikulum Endoplasma (RE), Retikulum endoplasma adalah jaringan saluran membran yang terdiri dari retikulum endoplasma kasar dan halus. Retikulum endoplasma kasar berfungsi sebagai tempat sintesis protein, sementara retikulum endoplasma halus berfungsi sebagai tempat sintesis lipid.
  5. Ribosom (Ergastoplasma), Ribosom adalah organel sel yang terdiri dari protein dan RNA. Ribosom berfungsi sebagai tempat sintesis protein dalam sel.
  6. Badan Golgi, Badan golgi adalah organel sel yang terdiri dari kantong-kantong membran. Badan golgi berfungsi sebagai tempat penyimpanan, modifikasi, dan pengiriman produk seluler.
  7. Mitokondria (The Power House), Mitokondria adalah organel sel yang berfungsi sebagai tempat produksi energi dalam sel melalui respirasi seluler. Mitokondria memiliki membran dalam dan membran luar yang memisahkan mitokondria dari sitoplasma.
  8. Lisosom, Lisosom adalah organel sel yang mengandung enzim pencernaan untuk menghancurkan zat-zat yang tidak diperlukan dalam sel.Vakuola Vakuola adalah organel sel yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan nutrisi, air, dan limbah dalam sel tumbuhan.
  9. Vakuola, juga berperan dalam mempertahankan tekanan osmosis dalam sel.Plastida Plastida adalah organel sel tumbuhan yang terdiri dari kloroplas, kromoplas, dan leukoplas. Kloroplas berfungsi sebagai tempat fotosintesis dalam sel tumbuhan, sementara kromoplas dan leukoplas berfungsi sebagai tempat penyimpanan pigmen dan nutrisi.
  10. Plastida
    Plastida adalah organel sel tumbuhan yang terdiri dari kloroplas, kromoplas, dan leukoplas. Kloroplas berfungsi sebagai tempat fotosintesis dalam sel tumbuhan, sementara kromoplas dan leukoplas berfungsi sebagai tempat penyimpanan pigmen dan nutrisi.
Baca Juga :   Mengenali Macam-Macam Ganggang (Alga) Beserta Cara Reproduksinya

 

Fungsi Bagian-Bagian Sel

Setiap bagian sel memiliki fungsi yang unik dalam menjalankan aktivitas seluler. Berikut adalah fungsi dari masing-masing bagian sel:

  1. Membran Sel
  • Mencegah zat-zat asing masuk ke dalam sel
  • Mengatur pergerakan zat-zat dalam dan keluar sel
  • Menjaga kestabilan turgor sel
  1. Sitoplasma
  • Tempat aktivitas seluler
  • Tempat penyimpanan nutrisi dan produk limbah
  1. Inti Sel (Nukleus)
  • Mengontrol aktivitas seluler
  • Mengatur replikasi dan pembaruan sel
  1. Retikulum Endoplasma (RE)
  • Tempat sintesis protein dan lipid
  1. Ribosom (Ergastoplasma)
  • Tempat sintesis protein dalam sel
  1. Badan Golgi
  • Tempat penyimpanan, modifikasi, dan pengiriman produk seluler
  1. Mitokondria (The Power House)
  • Tempat produksi energi dalam sel melalui respirasi seluler
  1. Lisosom
  • Menghancurkan zat-zat yang tidak diperlukan dalam sel
  1. Vakuola
  • Tempat penyimpanan nutrisi, air, dan limbah dalam sel tumbuhan
  • Mempertahankan tekanan osmosis dalam sel
  1. Plastida
  • Kloroplas berfungsi sebagai tempat fotosintesis dalam sel tumbuhan
  • Kromoplas dan leukoplas berfungsi sebagai tempat penyimpanan pigmen dan nutrisi

Setiap bagian sel memiliki peran penting dalam menjalankan aktivitas seluler. Memahami fungsi dari masing-masing bagian sel dapat membantu kita memahami cara kerja sel secara keseluruhan. Dengan memahami sel, kita dapat memahami bagaimana kehidupan terbentuk dan berlangsung.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *