Tentang Genetika

ANAMS.ID – Kali ini kita akan membahas terkait “Tentang Genetika”

Artikel ini bertujuan untuk memberikan informasi terkait “Tentang Genetika” agar supaya bermanfaat bagi pembaca

Simak artikel “Tentang Genetika” dengan baik untuk mendapatkan keseluruhan insightnya.

Setiap makhluk hidup di alam semesta kita memiliki tampilan luar yang berbeda (disebut sebagai fenotipe), yang ditentukan oleh serangkaian instruksi kimia. Ada nukleus yang terletak di pusat setiap sel hidup, dan nukleus ini menampung kumpulan zat kimia yang disebut DNA (DNA). Setiap sel dalam makhluk hidup mengandung salinan DNA yang identik dalam genomnya. Oleh karena itu, pada hamster A, sel-sel mata, bersama dengan sel-sel kaki, sel-sel telinga, sel-sel rambut, dan sebagainya, semuanya mengandung salinan DNA yang identik. Namun demikian, DNA-lah yang memerintahkan sel-sel ini untuk tumbuh menjadi jenis sel tertentu, seperti sel mata, sel kaki, sel rambut, atau jenis sel lainnya. Ini benar terlepas dari jenis selnya.

Genetika

Materi genetik, atau DNA, dari setiap makhluk hidup disimpan dalam wadah yang dikenal sebagai kromosom. DNA yang termasuk dalam setiap kromosom berfungsi mengatur cara tubuh muncul secara fisik. Ada variasi dalam jumlah total kromosom yang ditemukan pada setiap spesies. Karena setiap kromosom dari sperma harus mendapatkan sepasang kromosom lain dari telur agar berhasil bereproduksi, tidak mungkin semua organisme hidup kawin silang satu sama lain lintas spesies.

Sekalipun kedua pasangan memiliki jumlah kromosom yang sama, ini tidak selalu menunjukkan bahwa pernikahan itu berhasil. Sperma dan sel telur keduanya mengandung sepasang kromosom, dan kromosom tersebut harus identik satu sama lain. Kunci dengan profil bulat tidak dapat digunakan pada gembok dengan profil datar. Oleh karena itu, perkawinan silang antar spesies yang berumur sama dan memiliki jumlah kromosom yang sama tidak selalu efektif. Bahkan jika itu efektif, itu pasti akan menghasilkan mutasi yang akan menyebabkan kelainan kelahiran pada keturunannya atau kematian orang tuanya.

itulah pembahasan terkait genetika. semoga bermanfaat***

Baca Juga :   Perbedaan Usus Besar dan Usus Kecil