Pengertian Penjualan
Pengertian Penjualan

Pengertian Penjualan

Anams.id – Semua perusahaan menghadapi tantangan untuk tetap menjalankan bisnisnya. Antara lain, ada cara untuk menjaga kualitas layanan agar bisa bersaing dengan produk sejenis dan alternatif lain yang kini semakin banyak bermunculan. Faktor-faktor yang menopang perusahaan adalah faktor produksi, distribusi, dan pemasaran. Memberikan pelayanan yang memuaskan dan memenuhi atau melebihi harapan pelanggan. Itulah mengapa sangat penting untuk mengetahui apa yang diharapkan pelanggan dari Anda

Produksi adalah salah satu kegiatan ekonomi suatu perusahaan atau negara yang dihitung selama periode waktu tertentu. Kegiatan produktif tergantung pada kebutuhan dan kebiasaan menghitung produksi dan pendapatan negara. Dari segi ekonomi, kegiatan produksi selalu berpedoman pada motif ekonomi dan prinsip ekonomi, sehingga segala kegiatan tidak sia-sia, mempunyai maksud, tujuan, harapan, dan dapat menghasilkan barang dan jasa secara optimal.

Secara umum produksi merupakan kegiatan yang meningkatkan nilai guna barang dan jasa, dan langkah awal dalam kegiatan produksi ini adalah mengumpulkan faktor-faktor produksi dari masyarakat setempat melalui kegiatan distribusi.

Dalam upaya mempercepat arus barang/jasa dari produsen ke konsumen, salah satu faktor utama yang tidak dapat diabaikan adalah pemilihan saluran distribusi (saluran distribusi) yang tepat yang digunakan dalam rangka distribusi barang. Pelayanan dari produsen ke konsumen.

Distribusi adalah kegiatan menyalurkan barang dan jasa dari produsen ke konsumen. Kegiatan distribusi memegang peranan penting bagi produsen karena dapat mendistribusikan barang yang dihasilkannya ke daerah. Jika barang dan jasa tidak didistribusikan ke konsumen, produk hanya akan menumpuk di gudang dan produsen akan menderita kerugian. Barang dan jasa berguna ketika berada di tangan konsumen. Oleh karena itu, produsen berusaha mendistribusikan barang dan jasa ini kepada konsumen.

Baca Juga :   TEORI PERMINTAAN DAN PENAWARAN

Penjualan juga merupakan sumber pendapatan bagi individu maupun perusahaan yang melakukan transaksi penjualan.

Definisi Penjualan Menurut Ahli

Menurut para ahli, penjualan adalah sebagai berikut:

Menurut Marwan (1991)

Penjualan merupakan upaya terpadu untuk menyusun rencana strategis yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pembeli agar diperoleh penjualan yang menguntungkan.

Menurut Winardi (1982)

Penjualan adalah pengalihan hak atas properti. Dari uraian tersebut, maka orang-orang yang bekerja di bidang penjualan, seperti sales representative, agen, service representative, dan marketer, dituntut untuk memindahkan atau mentransfer barang dan jasa.

Menurut Kotler (2006; 457)

Penjualan adalah proses dimana kebutuhan pembeli dan kebutuhan penjual dipenuhi melalui pertukaran informasi dan keuntungan.

Menurut Gritno (1992:350)

Penjualan adalah tindakan atau barang penjualan, terutama dalam bentuk pemindahan hak dan kepemilikan dari satu orang ke orang lain dalam kategori tertentu.

Tujuan penjualan

Dalam suatu perusahaan, kegiatan penjualan merupakan kegiatan yang paling penting, dan laba terbentuk melalui kegiatan penjualan, yang dapat menjamin kelangsungan perusahaan.

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa setiap perusahaan harus mengklasifikasikan produknya atau memberikan layanan sesuai dengan permintaan penjualan. Penjualan harus menghasilkan aliran pendapatan yang cukup untuk menutupi biaya operasi perusahaan dan memberikan pengembalian kepada investor.

Tujuan umum dari penjualan adalah untuk mencapai keuntungan yang optimal dengan modal yang minimal. Namun menurut Winardi (1989: 98), suatu perusahaan harus memiliki tujuan dan misi tertentu untuk mencapai tujuan tersebut. Target penjualan meliputi:

  • Capai tujuan dalam organisasi Anda.
  • Temui citra orang lain dalam organisasi Anda tentang arti spesifik peran Anda dalam organisasi.
  • Hal ini menyebabkan konsistensi dalam pengambilan keputusan di antara banyak manajer yang berbeda.
  • Ini memberikan dasar untuk mengembangkan rencana tertentu.
  • Memberikan dasar untuk tindakan korektif dan pengawasan.
Baca Juga :   Pengertian dan Jenis Akuntansi

itulah pembahasan mengenai Pengertian Penjualan, semoga bermanfaat***

Leave a Reply

Your email address will not be published.