Pengertian Obligasi
Pengertian Obligasi

Pengertian Obligasi

Anams.id – Obligasi adalah istilah yang digunakan dalam dunia keuangan dan merupakan pernyataan utang dari penerbit obligasi kepada pemegang obligasi dengan janji untuk membayar kembali kupon pokok dan bunga pada tanggal jatuh tempo.

Perbedaan antara saham dan obligasi

Nah, berikut ini perbedaan saham dan obligasi dengan reksa dana agar Anda bisa memilih investasi mana yang tepat untuk Anda. Dengan cara ini, Anda juga dapat memperhitungkan durasi, keuntungan, dan kemungkinan yang muncul. Oleh karena itu, Anda juga bisa menentukan jenis investasi mana yang paling sesuai dengan keuntungan yang akan Anda dapatkan dan risiko yang mungkin ada.
dengan penghasilan

Jika Anda memiliki saham, pendapatan yang Anda terima disebut dividen dan frekuensinya tidak tetap, tetapi bagi pemegang obligasi, pendapatan yang Anda terima dicetak pada obligasi dengan tingkat bunga yang disesuaikan dengan tingkat bunga tetap. untuk beberapa waktu.

pengembalian investasi

Pengembalian investasi yang diperoleh pemegang saham tergantung pada keuntungan perusahaan dan tidak dapat ditentukan secara permanen. Dalam beberapa kasus, jika perusahaan merugi, Anda sebagai pemegang saham juga akan terpengaruh. Meskipun kepentingan kreditur dapat diverifikasi karena mereka sebenarnya tidak terkait dengan perusahaan.
harga investasi

Tindakan tidak dapat diprediksi dan sangat sulit diprediksi. Tergantung kinerja perusahaan, harga saham bisa naik, tapi tidak jarang turun. Harga obligasi, di sisi lain, umumnya relatif stabil dan sensitif terhadap suku bunga dan inflasi.

bentuk kepemilikan

Bentuk kepemilikan saham adalah para pemegang saham yang mempunyai kepentingan kepemilikan pada suatu perusahaan tertentu dan bentuk kepemilikan obligasi tersebut hanyalah sebagai bentuk pengakuan hutang. Oleh karena itu pemegang saham berakhir sebagai pemilik perusahaan atau memiliki hak atas perusahaan, tetapi kreditur bukanlah pemilik perusahaan, perusahaan hanya berutang uang.

Baca Juga :   Pengertian Administrasi Kantor

waktu investasi

Dalam hal ini, saham memiliki jangka waktu tidak terbatas dan obligasi memiliki jangka waktu tetap.

pajak

Pajak dipotong untuk pemegang saham, sehingga keuntungan yang diperoleh perusahaan adalah bersih dan pemegang obligasi mengurangi keuntungan yang diperoleh. Oleh karena itu, perhitungan kredit pajak biasanya dilakukan sebelum perusahaan membayar utangnya.

hak suara

Hak untuk memilih atau memutuskan kebijakan perusahaan atas nama pemegang saham yang juga pemilik perusahaan dan karenanya terlibat dalam penentuan kebijakan perusahaan. Pemegang obligasi, di sisi lain, tidak dapat berpartisipasi dalam keputusan politik perusahaan karena perannya sebagai pemberi pinjaman.

likuidasi atau pembubaran

Dalam hal likuidasi atau pembubaran perusahaan, pemegang saham tidak memiliki prioritas distribusi. Berbagi bukanlah prioritas bisnis. Namun, pemegang obligasi memiliki klaim yang tidak menguntungkan untuk memperoleh aset milik perusahaan untuk melunasi hutang. Oleh karena itu, ketika suatu perusahaan dilikuidasi, kreditur memiliki prioritas.

itulah pembahasan mengenai pengertian obligasi, semoga bermanfaat***

Leave a Reply

Your email address will not be published.