Pengertian Integritas adalah
Pengertian Integritas adalah

Pengertian Integritas adalah

anams.id – Integritas merupakan konsistensi ataupun keteguhan yang tidak bisa tergoyahkan dalam menjungjung nilai- nilai kepercayaan serta prinsip.

Ataupun Integritas ialah konsep yang membuktikan konsistensi ataupun keteguhan aksi dengan nilai- nilai serta prinsip. Bila pda etika integritas bisa dimaksud selaku kebenaran serta kejujuran aksi yang dicoba seorang.

Pengertian Integritas Bagi Para Ahli

Berikut ini ada sebagian integritas bagi para pakar, antara lain merupakan:

1. Bagi Dalam kamus Collins Cobuild Dictionary

Integritas didefinisikan selaku“ the quality of being honest and firm in your moral principles.

2. Crimbal and Brooks( 2010)

Mendefinisikan integritas selaku berikut:“ Integrity is an internal system of principles which guide our behaviour”.

3. Bagi Alfred John( 1995)

Integritas merupakan bagian berarti darikepribadian seorang. Seorang yang sifatnya baik( mempunyai etikadan moral yang baik), tanpa mempunyai integritas mungkin hanyabermanfaat untuk dirinya saja, belum bisa mendatangkan manfaatbagi orang lain.

4. Bagi Azyumardi Azra( 2012)

Inegritas didefinisikan selaku:“ Kepengikutan serta ketundukan kepada prinsip- prinsip moral serta etis( adherence to moral and ethical principle); keutuhan kepribadian moral( soundness of moral character); kejujuran( honesty); tidak rusak secara moral( morally unimpared) ataupun keadaanmoral sempurna tanpa cacat( morally perfect condition).

Karakteristik Integritas

Berikut ini ada sebagian ciri integritas, antara lain merupakan:

1. Ketulusan

Seseorang pemimpin yang berintegritas umumnya mempunya perilaku yang tulus. Ketulusan bagi Kamus Besar Bahasa Indonesia( KBBI) merupakan intensitas serta kebersihan( hati). Ketulusan merupakan sikap tanpa kepura- puraan maupun kesan yang palsu.

2. Konsistensi

Seseorang pemimpin bila mau sukses dalam mengetuai suatu organisasi wajib memiliki perilaku tidak berubah- ubah. Integritas dibentuk seumur hidup, sekali terdapat kecacatan dalam perbuatan yang mencoreng integritasnya, integritas dari seseorang pemimpin itu hendak jadi cacat permanen.

Baca Juga :   Perjanjian  Saragosa  Adalah

Konsistensi seseorang pemimpin kerapkali diuji dengan konsistensinya dalam menegakkan sanksi hukuman kepada anak buahnya.

Meski ia populer memiliki integritas yang besar, di dikala terdapat pelanggaran yang sama pada anak buahnya yang baru serta senior, hukumannya malah dibedakan. Ketidakadilan yang dikerjakannya telah jelas menodai integritasnya yang dibangunnya bertahun- tahun.

3. Keteguhan Hati

Keteguhan hati ialah ciri yang menempel pada pemimpin berintegritas. Dalam masa- masa wajar, umumnya pemimpin yang diketahui berintegritas bila ditatap oleh orang awam nampak memiliki keteguhan hati.

4. Jadi seseorang yang sanggup bertahan hingga akhir Integritas seorang pula bisa dilihat dari kesetiaannya terhadap pekerjaan maupun perjuangan. Contohnya merupakan seseorang atlet bulutangkis mungkin besar hendak kalah sebab telah tertinggal jauh dalam perolehan skor dari lawannya, namun senantiasa bermain dengan semangat serta penuh optimis hingga akhir pertandingan.

Fungsi Integritas

Ada pula guna Integritas yang antara lain ialah:

  • Cognitive functions of integrity yang meliputi kecerdasan moral serta self insight. Sebaliknya self insight itu sendiri meliputi self knowledge serta self reflection. Berarti, integritas berperan memalihara moral ataupun akhlak seorang yang setelah itu mendesak ia buat mempunyai pengetahuan yang luas.
  • Affective functions of integrity yang meliputi conscience serta self regard. Dalam kontek ini integritas berperan memelihara nurani seorang supaya senantiasa hanif selaku seseorang hamba supaya jelas perbandingan diantara dirinya dengan hewan. Karena secara biologis manusia serta hewan, bersama mempunyai hepar“ hati”, namun hewan tidak mempunyai qalb, suatu yang terdapat di diri tiap manusia.

Tujuan Integritas

Ada pula tujuan integritas ialah:

  • Integritas ialah salah satu kunci buat mencapai keberhasilan ataupun kesuksesan.
  • Integritas membuat manusia sanggup buat mengetuai serta dipandu.
  • Integritas melahirkan keyakinan.
  • Integritas bisa melahirkan prestasi.
Baca Juga :   Pengertian Ibadah

Manfaat Integritas

Ada pula khasiat integritas ialah:

  • Manfaat secara fisik

Diri kita hendak merasa bugat, sehat serta fit. Kita senantiasa siap melaksanakan kegiatan ataupun pekerjaan tiap hari.

  • Manfaat secara intelektual

Dengan mental serta pengetahuan kita bisa memaksimalkan keahlian otak kita.

  • Manfaat secara emosional

Diri jadi penuh motivasi, sadar diri, empati, simpati, solidaritas besar serta sarat kehangatan emosional dalam interaksi kerja.

  • Manfaat secara spiritual

Menjadikan diri jadi lebih bijaksana dalam memaknai seluruh suatu tercantum pengalaman- pengalaman hidup, baik yang mengasyikkan ataupun yang tidak mengasyikkan contohnya keberhasilan, kegagalan serta penderitaan.

  • Manfaat secara sosial

Kita terus menjadi sanggup meningkatkan ikatan baik satu sama lain dalam area warga ingin bekerja sama buat menuntaskan tugas ataupun kegiataan yang menuntut kelompakan serta kerja sama yang baik, mempunyai kepekaan hati serta perasaan buat senantiasa berikan tempat untuk otang lain di dalam hati kita.

Ciri-Ciri Individu Yang Mempunyai Integritas

Ada pula identitas integritas yang antara lain ialah:

  • Senantiasa menepati janji,
  • Taat asa, tidak plin- plam,
  • Komitmen dipegang tehuh serta bertanggungh jawab,
  • satu kata, satu perbuatan,
  • Jujur serta terbuka,
  • Menghargai waktu,
  • Melindungi prinsip serta nilai- nilai yang diyakini,

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.