Pengertian dan macam macam pemuaian

ANAMS.ID – Kali ini kita akan membahas terkait “Pengertian dan macam macam pemuaian”
Artikel ini bertujuan untuk memberikan informasi terkait “Pengertian dan macam macam pemuaian” agar supaya bermanfaat bagi pembaca
Simak artikel “Pengertian dan macam macam pemuaian” dengan baik untuk mendapatkan keseluruhan insightnya.

Pemuaian adalah pertambahan volume suatu benda yang terjadi karena kenaikan suhu suatu zat. Ketika suatu zat dipanaskan, volumenya selalu bertambah dan setiap dimensi bertambah pada waktu yang sama (De Chiara, 1978). Pada tingkat mikroskopis, adalah mungkin untuk menentukan hubungan yang tepat antara panjang tubuh dan perubahan suhu, dan peningkatan volume dapat dipahami dalam hal peningkatan energi kinetik karena setiap molekul bertabrakan kuat dengan molekul tetangga. Molekul-molekul tersebut akan saling mendorong untuk memisahkan dan mengembangkan zat (Joseph, 1998).

Pemuaian adalah pertambahan volume suatu benda karena kenaikan suhu suatu zat. Pemuaian ini dapat terjadi pada benda padat, cair, dan gas. Besarnya pemuaian bahan sangat bergantung pada ukuran benda pertama, kenaikan suhu serta jenis bahan. Efek ekspansi dari bahan-bahan ini sangat berguna dalam pengembangan berbagai teknologi.

Pengertian Pemuaian termal adalah perubahan suatu benda yang dapat menjadi lebih tinggi, lebih lebar, lebih lebar atau juga berubah ukurannya karena terkena panas (panas). Pemuaian setiap benda akan berbeda-beda, tergantung pada suhu lingkungan dan juga koefisien muai atau muai benda tersebut.

Ketika suatu zat dipanaskan, partikel-partikel dalam zat tersebut akan bergetar lebih cepat dan amplitudo getarannya akan meningkat, akibatnya jarak antar partikel benda akan menjadi lebih besar dan akan terjadi pemuaian. Pemuaian dapat terjadi pada benda padat, cair, dan gas. Berapa banyak zat memuai sangat tergantung pada ukuran awal benda, kenaikan suhu, dan jenis zat. Efek pemuaian bahan sangat berguna dalam perkembangan berbagai jenis teknologi.

Macam Macam pemuaian

Pemuaian dibagi menjadi tiga jenis, yaitu pemuaian zat padat, cair, dan gas. Ketiga jenis tersebut akan dijelaskan sebagai berikut:

Pemuaian zat padat

Peregangan padat adalah jenis peregangan yang terjadi pada suatu benda, seperti kusen jendela, rel kereta api, dan kabel listrik. Kusen jendela pada siang hari terlihat melengkung, hal ini terjadi karena benda mengalami pemuaian. Peregangan tubuh terjadi di seluruh bagian tubuh. Pemuaian benda padat dibagi menjadi tiga, yaitu pemuaian jangka panjang, pemuaian luas, dan pemuaian volume.

Pemuaian zat cair

Pemuaian dalam zat cair tidak berarti dilatasi panjang atau melebar, tetapi hanya dikenal sebagai dilatasi ruang atau dilatasi volume. Semakin tinggi suhu yang diberikan pada fluida, semakin besar volume ekspansinya. Pemuaian fluida berbeda untuk setiap jenis fluida, akibatnya walaupun awalnya volume fluida sama tetapi setelah dipanaskan volumenya menjadi berbeda. Pemuaian volume fluida berhubungan dengan pemuaian tekanan akibat kenaikan suhu. Titik pertemuan zat cair, padat, dan gas disebut titik rangkap tiga.

Baca Juga :   Komponen Rangkaian RLC

khusus air

Khusus untuk air, ketika suhu naik dari 0°C menjadi 4°C, volumenya tidak bertambah tetapi malah menyusut. Pengecualian ini disebut anomali air. Oleh karena itu, pada 4 ° C air adalah volume terendah. Pada suhu 4°C, air menempati posisi paling kecil sehingga pada suhu ini air memiliki massa jenis paling besar. Jadi ketika suhu naik dari 0-4°C, itu akan berkontraksi, dan ketika suhu naik dari 4°C ke atas itu akan memuai.

Pemuaian Zat Gas

Suatu gas memuai ketika suhunya meningkat dan mengerut ketika suhunya menurun. Pada pemuaian suatu zat gas yang tidak diketahui pemuaian panjang dan pemuaiannya hanya ada pemuaian volume gas. Pemuaian gas adalah pemuaian volume yang dirumuskan sebagai:

V= V_o (1+y.∆l)
Keterangan:
y : koefisien muai volume (1/273oC)

Pemuaian pada zat gas dibagi menjadi tiga jenis, yaitu pemuaian gas pada suhu konstan (isotermal), tekanan konstan (isobarik), dan pada volume konstan (isobarik).

Itulah pembahasan terkait Pengertian dan macam macam pemuaian. semoga bermanfaat***