Opini Auditor
Opini Auditor

Opini Auditor

Anams.id – Munawir (1995) memberikan beberapa pendapat auditor atas hasil pemeriksaan, antara lain:

  • opini wajar tanpa syarat

Pendapat ini diberikan hanya jika, berdasarkan audit sesuai dengan standar auditing, auditor berpendapat bahwa penyajian laporan keuangan telah sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum (GAAP) dan tidak ada perubahan dalam penerapan akuntansi. .bisa lakukan. Berprinsip (konsisten), berisi penjelasan atau pengungkapan yang tepat agar tidak menyesatkan pengguna, dan bebas dari ketidakpastian yang tidak biasa (signifikan).

  • Pendapat Wajar dengan Pengecualian

Pendapat ini dibuat ketika auditor mengajukan keberatan atau pengecualian yang berkaitan dengan kewajaran penyajian laporan keuangan, atau karena faktor-faktor tertentu yang menimbulkan pendapat wajar dengan pengecualian, bahwa laporan keuangan secara keseluruhan adalah wajar sehubungan dengan hal-hal tertentu. hal-hal yang diberikan dalam situasi tersebut. (Satu atau lebih akun yang tidak wajar). .

  • pendapat tidak setuju

Telah dikemukakan bahwa laporan keuangan kami tidak cukup mewakili posisi keuangan dan hasil operasi kami seperti yang disyaratkan oleh Prinsip Akuntansi yang Diterima Secara Umum (GAAP). Hal ini diberikan oleh auditor karena pengecualian atau kualifikasi terhadap kewajaran penyajian itu penting (ada banyak penjelasan yang tidak adil).

  • penolakan pendapat

Penolakan untuk memberikan opini berarti opini auditor tidak dicantumkan dalam laporan audit. Hal ini karena auditor tidak percaya pada dirinya sendiri atau meragukan kewajaran laporan keuangan, auditor hanya menyusun laporan keuangan tetapi tidak mengaudit laporan keuangan, atau auditor dapat dikeluarkan ketika tidak independen dan memiliki kepastian yang tidak biasa. . Hal ini sangat mempengaruhi kewajaran laporan keuangan.

  • sebagian pendapat

Auditor tidak dapat memberikan opini yang terfragmentasi. Hasil audit hanya memberikan kesimpulan atas laporan keuangan yang diaudit secara keseluruhan.

Baca Juga :   Pengertian Piutang Wesel

itulah pembahasan mengenai Opini Auditor, semoga bermanfaat***

Leave a Reply

Your email address will not be published.