Mitos  Masjid Menara Kudus
Mitos Masjid Menara Kudus

Mitos Masjid Menara Kudus

Masjid Menara Kudus ataupun Masjid Al- Aqsa Manarat Qudus merupakan masjid kuno yang dibentuk oleh Sunan Kudus semenjak tahun 1549 Masehi( 956 Hijriah). Posisi dikala ini terletak di Desa Kauman, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Terdapat keunikan dari masjid ini sebab mempunyai menara yang yang mirip bangunan candi dan pola arsitektur yang memadukan konsep budaya Islam dengan budaya Hindu- Buddhis sehingga menampilkan terbentuknya proses akulturasi dalam pengislaman Jawa. Ada sebagian mitos yang tersebar di warga mengenai masjid menara kudus ini, Berikut mitos- mitosnya.

Mitos Gapura Kembar

Terdapat sebanyak 3 buah gapura di area masjid, tetapi karna renovasi, saat ini 2 buah gapura malah ditempatkan di bagian dalam masjid. Di atas pintu gapura awal serta kedua, ada ukiran kayu bertuliskan bahasa Jawa dengan huruf Arab( rajah), bila diterjemahkan berbunyi“ pintu ini terbuat pada era pemerintahan Aryo Paninggaran.”

tidak jarang kami menjumpai turis yang meraba- raba bilik serta kayu gapura tersebut. Tetapi lain halnya dengan beberapa pejabat yang tiba ke masjid ini. Menurut cerita masyarakat setempat, banyak pejabat yang malah miris melewati lorong gapura itu. Mereka takut, perannya hendak terguncang manakala melewati gapura.

Mitos ini telah jadi rahasia umum di warga setempat. Konon, Sunan Kudus yang lihai dalam menyususn strategi peperangan, tidak menggemari orang- orang yang sombong terlebih seseorang pejabat yang tidak jujur. Masyarakat mempercayai, apabila seseorang pejabat yang tidak jujur melewati gerbang itu, hingga hendak runtuhlah jabatannya. Terlebih bila ia menggunakan seragam dinas. Sampai saat ini mitos tersebut masih dipercaya, karenanya tidak sering terdapat pejabat yang berani melewati gerbang ini.

Umumnya pejabat besar bila hendak sholat di masjid ini, ngalahi melalui balik masjid. Jadi tidak melewati gapura. Kalaupun mereka kebetulan menggunakan seragam dinas, umumnya langsung ubah pakaian dahulu. Karena telah banyak yang meyakinkannya, ucap penduduk setempat.

Baca Juga :   Historiografi adalah

Menara Ada Air kehidupan/ Banyu Penguripan

Sumur kembar ataupun Banyu Penguripan memiliki arti serta pesan dari Sunan Kudus kepada umat serta pengikutnya.

“ Sebetulnya kita hidup di dunia ini kan buat mencari bekal hidup yang lebih lama lagi,” paparnya.

Keberadaan Banyu Panguripan pula dipaparkan oleh pengurus Yayasan Masjid, Makam serta Menara Sunan Kudus( Y3MSK) Denny Nur Hakim menarangkan kalau sebetulnya air yang disebut- sebut sebagian warga selaku Banyu Penguripan itu berperan buat memelihara batu bata yang ialah bahan bawah menara Kudus biar tidak lapuk serta rusak oleh alam serta cuaca.

Bagi dari arkeolog dari BPCB( Balai Pelestarian Cagar Budaya) di dasar menara terdapat suatu sumur, gunanya buat mengendalikan temperatur menara, biar tidak kilat rusak ataupun rapuh. Pada kenyataanya saat ini umurnya menara 500 tahun lebih masih senantiasa tegak. Tenaga BPCP bilang di dasar candi terdapat sumur gunanya buat mengendalikan temperatur temperatur biar bangunan bertahan lama.

Karisma Sunan Kudus

Lepas dari soal politik, peninggalan Sunan Kudus yang masih dihormati merupakan larangan memotong sapi kepada para pengikutnya, selaku penghormatan untuk keyakinan Hindu yang menyangka sapi selaku hewan suci. Pendekatan budaya semacam seperti itu yang memesatkan penyebaran Islam di golongan warga Jawa kala itu.

Peninggalan Sunan Kudus yang lain merupakan Menara Kudus dan beberapa gapura padurkasa serta candi bentar di sekitar masjid serta apalagi di ruang utamanya. 8 pancuran pada padasan yang dihiasi relief patung pula mengadopsi dari Asta Sanghika Marga ataupun 8 Jalur Utama yang jadi pegangan warga pemeluk ajaran Budha.

Tiap hari, peziarah berkunjung ke masjid ini buat beribadah sekalian ziarah ke makam Sunan Kudus yang terletak di sisi barat lingkungan masjid. Tidak hanya itu, masjid ini jadi pusat keramaian pada Festival Dhandhangan yang diadakan masyarakat Kudus buat menyongsong bulan suci Ramadan.

Demikian Ulasan Tentang Mitos Menara kudus, mudah- mudahan berguna.

Baca Juga :   Pengertian Hedonisme Adalah

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.