Mengenal Lebih Detail Hewan Vertebrata dari Klasifikasi, Ciri-Ciri, dan Evolusinya

anams.id – Hewan Vertebrata adalah kelompok hewan yang memiliki karakteristik tubuh yang ditandai dengan adanya tulang belakang atau rangka dalam.

Tulang belakang merupakan ciri khas yang membedakan hewan vertebrata dari kelompok hewan lainnya. Kelompok hewan vertebrata terdiri dari beberapa jenis, yaitu Pisces (ikan), Amphibia (amfibi), Reptilia (reptil), dan Mammalia (mamalia).

  1. Klasifikasi Hewan Vertebrata dan Contohnya Hewan vertebrata dapat dikelompokkan berdasarkan karakteristik dan sifat-sifatnya. Berikut adalah klasifikasi hewan vertebrata dan contohnya:

a. Pisces (ikan)
Pisces merupakan kelompok hewan vertebrata yang hidup di air dan memiliki ciri-ciri tubuh yang disesuaikan dengan lingkungan air.

Contoh ikan yang termasuk dalam kelas Pisces adalah ikan mas (Cyprinus carpio), ikan lele (Clarias gariepinus), dan ikan hiu (Selachimorpha).

b. Amphibia (amfibi)
Amfibi adalah kelompok hewan vertebrata yang dapat hidup di dua alam yaitu di air dan di darat. Ciri khas tubuh amfibi adalah adanya kulit yang lembap dan pernapasan dapat dilakukan melalui paru-paru, insang, atau kulit.

Contoh amfibi yang termasuk dalam kelas Amphibia adalah katak (Rana sp.), kodok (Bufo sp.), dan salamander (Ambystoma sp.).

c. Reptilia (reptil)
Reptilia adalah kelompok hewan vertebrata yang memiliki kulit bersisik, tubuh berdarah dingin, dan bertelur. Reptil biasanya hidup di darat, meskipun ada juga yang hidup di air atau di kedua lingkungan tersebut.

Contoh reptil yang termasuk dalam kelas Reptilia adalah kadal (Lacertilia), ular (Serpentes), dan buaya (Crocodylus sp.).

d. Mammalia (mamalia)
Mamalia adalah kelompok hewan vertebrata yang memiliki kelenjar susu untuk menyusui anaknya, tubuh berbulu, dan memiliki gigi yang berbeda-beda.

Hewan mamalia dapat ditemui di berbagai habitat, mulai dari darat, air, dan udara. Contoh mamalia yang termasuk dalam kelas Mammalia adalah manusia (Homo sapiens), kucing (Felis catus), dan gajah (Elephas maximus).

  1. Ciri-ciri Tubuh Hewan Vertebrata Tubuh hewan vertebrata memiliki beberapa ciri-ciri yang khas, antara lain:
Baca Juga :   Klasifikasi Protista : Protista mirip jamur

a. Tulang belakang:

Hewan vertebrata memiliki rangka dalam atau tulang belakang yang melindungi sumsum tulang belakang dan memberikan dukungan struktural bagi tubuh.

b. Kepala yang jelas:

Hewan vertebrata memiliki kepala yang jelas dengan otak yang berkembang dengan baik. Kepala sering dilengkapi dengan alat indra seperti mata, telinga, dan hidung.

c. Alat indra yang berkembang:

Hewan vertebrata memiliki alat indra yang berkembang dengan baik, seperti mata, telinga, hidung, lidah, dan kulit yang berfungsi untuk mendeteksi lingkungan sekitar dan beradaptasi dengan habitatnya.

d. Sistem pernapasan yang beragam:

Hewan vertebrata memiliki sistem pernapasan yang beragam, mulai dari insang pada ikan, paru-paru pada amfibi, reptil, dan mamalia, serta paru-paru dan kapiler paru-paru yang sangat berkembang pada mamalia.

e. Circulatory system yang kompleks:

Hewan vertebrata memiliki sistem peredaran darah yang kompleks, yang melibatkan jantung dan pembuluh darah untuk memompa dan mengedarkan darah ke seluruh tubuh.

f. Reproduksi yang bervariasi:

Hewan vertebrata memiliki beragam cara reproduksi, mulai dari bertelur (ovipar) seperti pada reptil dan beberapa mamalia, bertelur dalam tubuh dan melahirkan anak yang sudah berkembang (ovovivipar).

Seperti pada beberapa jenis reptil, hingga melahirkan anak yang telah dikandung dalam rahim (vivipar) seperti pada sebagian besar mamalia, termasuk manusia.

  1. Pisces (ikan)
    Pisces atau ikan merupakan salah satu kelompok hewan vertebrata yang hidup di dalam air. Mereka memiliki tubuh yang aerodinamis, sisik untuk melindungi tubuh, insang untuk bernapas, dan sirip untuk bergerak di dalam air.

    Ikan memiliki beragam bentuk tubuh dan ukuran, mulai dari ikan kecil yang hidup di sungai hingga ikan raksasa seperti paus biru yang hidup di laut lepas.

  2. Amphibia (amfibi)
    Amfibi adalah kelompok hewan vertebrata yang dapat hidup di dua alam, yaitu di air dan di darat. Contoh amfibi adalah katak, kodok, dan salamander.

    Amfibi memiliki kulit yang lembap dan memerlukan lingkungan yang cukup air untuk berkembang biak. Mereka juga memiliki cara pernapasan yang bervariasi, misalnya pernapasan dengan insang pada tahap larva dan pernapasan dengan paru-paru saat menjadi dewasa.

  3. Reptilia (reptil) Reptilia atau reptil adalah kelompok hewan vertebrata yang memiliki ciri khas berupa kulit bersisik dan bertelur. Contoh reptil meliputi kadal, ular, dan buaya.

    Reptil memiliki beragam habitat, mulai dari padang pasir, hutan hujan, hingga lautan. Mereka memiliki beragam bentuk tubuh dan cara hidup yang beragam pula, misalnya ular yang tidak memiliki kaki dan dapat merayap, serta kura-kura yang memiliki cangkang sebagai pelindung tubuhnya.

Itulah beberapa pembahasan yang dapat kami sampaikan semoga artikel ini bisa bermanfaat sekaligus menjadi tambahan dalam pengetahuan.***

Baca Juga :   Contoh Hewan Karnivora

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *