Mengapa Membersihkan Udang Tidak Boleh Direndam Dalam Air Hangat Atau Panas? Ini Jawabannya

anams.id – Hai teman-teman, pasti banyak banget yang suka sama udang kan? Udang itu enak banget dimasak apa aja, dari digoreng, dipepes, atau direbus. Tapi, kalo kita gak membersihkan udang dengan benar, bisa-bisa bikin kita sakit loh.

Nah, sekarang kita mau bahas tentang salah satu kesalahan dalam membersihkan udang yang sering banget dilakuin, yaitu merendam udang dalam air hangat atau panas. Kalo kamu biasa merendam udang dalam air hangat atau panas, sebaiknya kamu harus baca artikel ini dulu deh biar gak salah dalam membersihkan udang.

Udang merupakan salah satu jenis makanan laut yang populer di seluruh dunia. Saat membeli udang, pastikan untuk memperhatikan kualitas dan kebersihannya agar tidak mengganggu kesehatan saat dikonsumsi.

Salah satu tahap penting dalam pengolahan udang adalah membersihkan udang dari kotoran dan bagian-bagian yang tidak dibutuhkan. Namun, ada beberapa kesalahan dalam membersihkan udang yang sering dilakukan oleh banyak orang, yaitu merendam udang dalam air hangat atau panas. Mengapa hal tersebut tidak boleh dilakukan? Berikut penjelasannya.

Air Hangat atau Panas Bisa Mengubah Tekstur dan Rasa Udang

Merendam udang dalam air hangat atau panas dapat mengubah tekstur dan rasa udang. Udang adalah bahan makanan yang sangat sensitif terhadap suhu. Jika direndam dalam air hangat atau panas terlalu lama, maka udang bisa menjadi lebih lunak dan kehilangan teksturnya yang kenyal. Selain itu, rasa udang juga bisa berubah menjadi hambar dan tidak enak.

Air Hangat atau Panas Tidak Membunuh Kuman dengan Efektif

Merendam udang dalam air hangat atau panas tidak akan membunuh kuman dengan efektif. Bahkan, suhu air yang terlalu tinggi dapat membunuh sebagian besar nutrisi di dalam udang. Dan jika udang tidak dibersihkan dengan baik sebelum direndam, maka kuman dan bakteri yang ada pada udang akan masuk ke dalam air dan membuat udang semakin tidak sehat.

Baca Juga :   Cara Menghilangkan Noda Oli Dengan Minyak Kayu Putih

Air Hangat atau Panas Dapat Membuat Udang Keras dan Kering

Air hangat atau panas tidak hanya dapat mengubah tekstur dan rasa udang, tetapi juga dapat membuat udang menjadi keras dan kering. Saat direndam dalam air hangat atau panas, kelembapan di dalam udang akan hilang dan membuat udang menjadi kering. Selain itu, proses pemasakan udang yang terlalu lama atau terlalu panas juga dapat membuat udang menjadi keras dan sulit dicerna.

Cara Membersihkan Udang yang Benar

Untuk membersihkan udang dengan benar, kita bisa mengikuti beberapa langkah sederhana berikut:

  1. Cuci udang dengan air yang mengalir untuk menghilangkan kotoran.
  2. Bersihkan kepala udang dan bagian-bagian dalamnya dengan hati-hati. Jangan sampai ada kotoran atau bagian yang tidak dibutuhkan yang tersisa.
  3. Buang kulit udang dan cangkangnya dengan cara memegang kepala udang dan menarik cangkang ke arah ekor.
  4. Bilas udang kembali dengan air bersih.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, udang bisa dibersihkan dengan baik tanpa merendamnya dalam air hangat atau panas yang berpotensi mengubah tekstur dan rasa udang.

Jadi, merendam udang dalam air hangat atau panas tidak disarankan karena dapat mengubah tekstur dan rasa udang, tidak membunuh kuman dengan efektif, dan dapat membuat udang menjadi keras dan kering.

Untuk membersihkan udang dengan benar, kita hanya perlu mencuci udang dengan air mengalir dan membersihkan bagian dalam udang dengan hati-hati. Jadi, jangan sampai melakukan kesalahan dalam membersihkan udang ya, agar udang yang kita konsumsi sehat dan enak.

Oke jadi itu dulu ya pembahasan kita kali ini terkait artikel udang dari berbagai aspek pembahasannya semoga bisa menjadi artikel referensi dan menjadi ilmu tambahan dan bisa bermanfaat, oke terimakasih.***

Baca Juga :   Cara Mengolah Sampah Plastik Menjadi Minyak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *