Manfaat dan Profesi Akuntansi
Manfaat dan Profesi Akuntansi

Manfaat dan Profesi Akuntansi

ANAMS.ID – Berikut manfaat akuntansi

Untuk memperoleh informasi ekonomi (informasi keuangan perusahaan).
Memberikan tanggung jawab manajemen kepada pemilik perusahaan.
Untuk mengetahui perkembangan perusahaan dari tahun ke tahun.

profesi akuntansi

Evolusi profesi akuntansi bertepatan dengan jenis jasa akuntansi yang dibutuhkan oleh bisnis yang semakin kompleks. Ijazah akuntan adalah gelar profesional bagi seseorang yang memiliki bobot yang sama dengan pekerjaan di bidang lain. Misalnya di bidang hukum dan teknik. Akuntan publik bersertifikat umumnya dikategorikan sebagai berikut:

a. Akuntan Publik Bersertifikat (Certified Public Accountant)

Akuntan sewaan adalah akuntan independen yang memberikan layanan atas dasar pembayaran tertentu. Mereka beroperasi secara independen dan biasanya mendirikan kantor akuntan. Akuntan dapat melakukan audit atas urusan perpajakan, konsultasi manajemen, pemeliharaan sistem manajemen, dll.

b. Akuntan internal (akuntan internal)

Akuntan internal adalah akuntan yang bekerja untuk sebuah perusahaan atau organisasi. Akuntan internal ini juga dikenal sebagai akuntan perusahaan. Anda dapat mengambil berbagai posisi, dari staf umum hingga manajer bagian akuntansi dan manajer departemen akuntansi. Tugas mereka terdiri dari menyusun sistem akuntansi, menyiapkan laporan keuangan untuk pihak eksternal, menyiapkan laporan keuangan untuk eksekutif perusahaan, menyiapkan anggaran, mengelola masalah pajak, dan audit internal.

c.akuntan

Akuntan pemerintah adalah akuntan yang bekerja pada instansi pemerintah, seperti Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Badan Pengawas Keuangan (BPK).

d.pendidik akuntansi

Pendidik akuntansi adalah akuntan yang bertanggung jawab atas pendidikan akuntansi, penelitian dan pengembangan akuntansi, pengajaran, dan penyusunan kurikulum pendidikan akuntansi di perguruan tinggi.

Apa saja syarat seseorang yang ingin kuliah di jurusan Akuntansi, berhak menyandang gelar Akuntan jika, antara lain, memenuhi persyaratan sebagai berikut: Sarjana Akuntansi di Fakultas Ekonomi, Universitas yang diakui sebagai pemegang gelar Akuntansi seperti UI, UGM, UNHAS, USU, dll. Atau berafiliasi secara pribadi dengan Universitas mana pun dengan hak untuk memberikan gelar Akuntan Universitas.

Baca Juga :   MENGENAL LEBIH DALAM TENTANG LABA

Mahasiswa juga dapat mengikuti Ujian Nasional Akuntansi (UNA) yang diselenggarakan oleh Konsorsium Ekonomi dan Pendidikan Tinggi yang didirikan pada tahun 1976 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Dari uraian di atas jelas bahwa jabatan akuntan sama dengan profesi lain seperti pengacara, dokter, dan notaris.

Dan siapa pun bisa mendapatkan gelar akuntansi, termasuk Anda sendiri. Tentu mulai sekarang saya harus belajar dengan giat, terutama dasar-dasar akuntansi.***

Leave a Reply

Your email address will not be published.