Macam Macam Norma Adalah
Macam Macam Norma Adalah

Macam Macam Norma Adalah

anams.id – Norma dalam sosiologi merupakan segala ketentuan serta peraturan yang diterapkan lewat area sosial. Sanksi yang dikenakan dengan norma ini pula membedakan norma- norma sosial dengan yang lain semacam budaya serta adat istiadat. Terdapat ataupun tidaknya norma diharapkan mempunyai akibat serta pengaruh pada gimana orang berperilaku.

Norma bertabiat mengikat tiap warga, keberadaan norma sangat dibutuhkan buat berikan petunjuk kepada manusia tentang gimana manusia wajib berlagak bertingkah laku dalam warga supaya terbentuk kehidupan bersama yang tertib, tenteram, nyaman, serta harmonis.

Penafsiran Norma Bagi Para Ahli

Ada pula penafsiran norma bagi para pakar dibidangnya ialah antara lain:

  • Antony Giddens

Norma yakni suatu prinsip ataupun ketentuan yang jelas, nyata ataupun konkret yang wajib dicermati oleh tiap warga.

  • John J. Macionis

Norma ialah seluruh ketentuan serta harapan warga yang memandu seluruh prilaku anggota warga.

  • Richard T. Schaefer& Robert P. Lamm

Norma yakni standar dari sikap yang lurus yang dipelihara oleh tiap warga.

Macam- macam Norma

  • Norma Agama

Norma agama merupakan peraturan hidup yang diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa guna menghasilkan kehidupan senang di dunia serta akhirat. Sumber norma ini merupakan kitab suci dari tiap agama yang dianut.

Norma agama bertabiat abadi serta umum. Abadi berarti norma agama berlaku sepanjang manusia hidup di dunia, lagi umum berarti norma agama berlaku buat seluruh umat beragama. Pelanggaran norma agama memunculkan dosa serta diancam hukuman dari Tuhan di akhirat nanti, sebaliknya yang mematuhi hendak menemukan pahala.

  • Norma Kesusilaan

Norma kesusilaan merupakan peraturan hidup yang dikira selaku suara hati sanubari manusia. Norma ini pula ialah ketentuan hidup tentang sikap baik serta kurang baik. Pedoman berperilaku ini dicoba bersumber pada kebenaran serta keadilan.

  • Norma Kesopanan
Baca Juga :   Pengertian Integritas adalah

Norma kesopanan merupakan peraturan hidup ataupun nilai- nilai yang diatur oleh agama ataupun adat- istiadat warga. Norma kesopanan ialah pedoman yang mengendalikan tingkah laku manusia terhadap manusia yang terdapat di sekitarnya.

  • Norma Hukum

Norma hukum merupakan peraturan hidup yang terbuat oleh penguasa negeri ataupun lembaga adat tertentu. Norma hukum merupakan aturan- aturan yang bersumber ataupun terbuat oleh lembaga negeri yang berwenang. Norma hukum bertabiat memforsir serta mengikat. Memforsir berarti aturan- aturan hukum wajib dipatuhi oleh siapa juga, sebaliknya mengikat berarti berlaku buat seluruh orang.

Nilai Sosial

Nilai sosial merupakan nilai yang dianut oleh sesuatu warga, menimpa apa yang dikira baik serta apa yang dikira kurang baik oleh warga. Selaku contoh, orang menanggap membantu mempunyai nilai baik, sebaliknya mencuri bernilai kurang baik.

Woods

Mendefinisikan nilai sosial selaku petunjuk universal yang sudah berlangsung lama, yang memusatkan tingkah laku serta kepuasan dalam kehidupan tiap hari.

Buat memastikan suatu itu dikatakan baik ataupun kurang baik, pantas ataupun tidak pantas wajib lewat proses menimbang. Perihal ini pasti sangat dipengaruhi oleh kebudayaan yang dianut warga. tidak heran apabila antara warga yang satu serta warga yang lain ada perbandingan tata nilai.

Contoh, warga yang tinggal di perkotaan lebih menggemari persaingan sebab dalam persaingan hendak timbul pembaharuan- pembaharuan. Sedangkan apda warga tradisional lebih cenderung menjauhi persaingan sebab dalam persaingan hendak mengusik keharmonisan serta tradisi yang turun- temurun.

Kimball Young

Mengemukakan nilai sosial adalah asumsi yang abstrak dan sering tidak disadari tentang apa yang dianggap penting dalam masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.