Kisah Kelam Dampak Perang Dunia 2 ke Politik, Ekonomi, dan Sosial yang Harus Diketahui

Dampak Perang Dunia Kedua

Anams.id – Perang Dunia 2 adalah peristiwa bersejarah yang menewaskan sekitar 70 juta jiwa dan berlangsung selama kurang lebih enam tahun dari tahun 1939 hingga 1945. Perang ini memengaruhi bidang politik, ekonomi, dan sosial masyarakat di seluruh dunia. Dalam artikel ini, kita akan membahas dampak perang dunia 2 pada ketiga bidang tersebut.

Dampak Perang Dunia 2 di Bidang Politik

Perang Dunia 2 menyebabkan perubahan besar dalam dunia politik. Beberapa dampak politik dari perang ini antara lain:

1. Munculnya dua kekuatan adidaya yang menjadi kekuatan besar di dunia, yaitu Amerika Serikat dan Uni Soviet. Hal ini kemudian menyebabkan terjadinya Perang Dingin antara kedua negara tersebut.

2. Terjadinya politik pecah belah atau proxy war yang dibuat oleh kedua kekuatan adidaya tersebut. Negara-negara yang menjadi korban dari politik ini, misalnya Korea (utara dan selatan), Jerman (barat dan timur).

3. Negara-negara jajahan yang berhasil merdeka seperti Republik Indonesia, RRC, Malaysia, Mesir, Korea, Singapura dan Pakistan.

4. Kegagalan Liga Bangsa-Bangsa (LBB) dalam mencegah terjadinya perang setelah Perang Dunia 1. Akhirnya organisasi ini dibubarkan dan digantikan dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

5. Munculnya politik pencarian aliansi atau sekutu yang dibentuk berdasarkan kepentingan bersama. Contohnya NATO, SEATO dan METO.

6. Munculnya paham Zionisme yang dipelopori oleh orang Yahudi dan paham komunis. Ideologi ini berkembang sampai ke Indonesia pada awal kemerdekaan.

7. Terjadi perubahan besar-besaran pada sistem politik di banyak negara, terutama di negara-negara yang kalah dalam perang. Banyak negara yang mengalami perubahan dari sistem pemerintahan yang otoriter menjadi demokratis.

Baca Juga :   Pengertian Sejarah

Dampak Perang Dunia 2 di Bidang Ekonomi

Perang Dunia 2 mempengaruhi ekonomi dunia secara signifikan. Beberapa dampak ekonomi dari perang ini antara lain:

1. Peningkatan produksi senjata dan persenjataan oleh negara-negara yang terlibat dalam perang. Hal ini juga terjadi pada saat perang, makanya hak tersebut menyebabkan blok sentral kalah dalam perang dunia kedua.

2. Kenaikan anggaran militer yang besar, dan ini mempengaruhi perekonomian negara-negara yang terlibat dalam perang.

3. Terjadinya inflasi yang signifikan di banyak negara, terutama negara-negara yang terlibat dalam perang.

4. Terjadi perubahan dalam perdagangan internasional karena banyaknya pelabuhan dan jalur transportasi yang hancur akibat perang.

5. Terjadinya perubahan dalam sistem perdagangan internasional. Contohnya, terbentuknya sistem Bretton Woods.

Dampak Perang Dunia 2 di Bidang Sosial

Pada bidang sosial, Dampak Perang Dunia 2 juga sangat besar dan terasa di seluruh dunia. Berikut beberapa dampak perang dunia 2 di bidang sosial:

1. Meningkatnya pengungsi dan orang yang kehilangan tempat tinggal akibat konflik. Lebih dari 40 juta orang menjadi pengungsi atau kehilangan tempat tinggal akibat perang.

2. Meningkatnya kekerasan seksual dan kejahatan perang. Selama perang, banyak wanita yang menjadi korban pemerkosaan dan kekerasan seksual oleh tentara dan kelompok militan.

3. Meningkatnya diskriminasi dan rasisme. Perang dunia 2 menyebabkan terjadinya diskriminasi dan rasisme terhadap kelompok minoritas, seperti orang Yahudi, orang kulit hitam, dan orang Asia.

4. Meningkatnya persamaan gender dan peran perempuan dalam masyarakat. Selama perang, banyak perempuan yang mengambil peran penting dalam produksi dan pasokan bahan makanan serta mengambil peran dalam organisasi sosial dan politik.

5. Munculnya hak asasi manusia sebagai isu penting dalam hubungan internasional. Dalam Konvensi Jenewa tahun 1949, hak asasi manusia menjadi isu penting yang harus diperhatikan oleh negara-negara dalam menghadapi konflik bersenjata.

Baca Juga :   Masa Kecil Nabi Ibrahim: Perjalanan Dari Penyembah Berhala Menuju Pembawa Dakwah Tauhid

6. Munculnya gerakan perdamaian dan anti-perang. Perang dunia 2 juga memunculkan gerakan perdamaian dan anti-perang di seluruh dunia.

Kesimpulan

Dampak Perang Dunia 2 sangat besar dan terasa di seluruh dunia. Perang ini membawa dampak yang sangat kompleks dan meluas, mulai dari politik, ekonomi, hingga sosial. Dampak tersebut masih terasa hingga saat ini, bahkan beberapa dampak tersebut masih menjadi isu penting dalam hubungan internasional.

Oleh karena itu, kita harus belajar dari sejarah dan mengambil pelajaran untuk menjaga perdamaian dan menghindari terjadinya konflik bersenjata di masa depan.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *