Karakteristik Benua Asia
Karakteristik Benua Asia

Karakteristik Benua Asia

Anams.id – Asia adalah benua terbesar dan berpopulasi terpadat di dunia dengan wilayah yang mencakup eight,6% permukaan Bumi yang meliputi 50 negara yang tersebar dari daratan luas Asia Kecil, Timur Tengah, hingga Samudera Pasifik. Sekitar 60% populasi dunia tinggal di Asia.

Benua Asia dan Eropa merupakan benua yang terhubung lewat darat dan keduanya membentuk suatu benua raksasa yang disebut sebagai Eurasia. Batas antara Asia dan Eropa sangat kabur sehingga beberapa negara seperti Turki kadang-kadang dapat dimasukkan ke Asia maupun ke Eropa.

Beberapa bentang alam yang sering dipakai untuk memisahkan kedua benua tersebut adalah Dardanella, Laut Marmara, Selat Bosporus, Laut Hitam, Pegunungan Kaukasus, Laut Kaspia, Sungai Ural (atau Sungai Emba), dan Pegunungan Ural hingga Novaya Zemlya. Selain itu, Benua Asia dan Afrika juga memiliki perbatasan darat yang bertemu di sekitar Terusan Suez.

Sebagaimana telah disebutkan, Asia dapat dianggap sebagai suatu bagian dari benua Eurasia yang lebih besar. Untuk pembagian berdasarkan istilah ini, lihat Eurasia Utaradan Eurasia Tengah. Bentuk dunia yang bulat ini, terdapat lima benua yang mendiami. Benua-benua tersebut yaitu Benua Asia, Benua Eropa, Benua Amerika, Benua Afrika, dan Benua Australia. Namun, pembahasan ini akan difokuskan pada benua Asia. Benua Asia merupakan benua terbesar di dunia, dibandingkan keempat benua yang lain. Benua Asia dibagi menjadi lima wilayah, yaitu:

  • Asia Tenggara
  • Asia Selatan
  • Asia Barat
  • Asia Tengah
  • Asia Timur

Masing-masing wilayah memiliki bagian negara masing-masing. Bagian negara-negara di wilayah Asia, nantinya akan dijelaskan dibagian akhir, pada pembahasan tentang pembagian zona wilayah dan negara-negara yang terdapat di Benua Asia. Bahkan akan diberikan penejalasan tembahan untuk mengetahui lebih dalam lagi mengenai kelima wilayah Asia tersebut.Pembahasan pertama akan memberikan penjelasan tentang proses terjadinya benua-benua yang ada di dunia, terutama benua Asia.

Baca Juga :   Manajemen Operasional

Proses terjadinya benua Asia

Proses terjadinya benua Asia terbentuk pada ribuan tahun yang lalu. Benua ini memiliki luas wilayah sekitar 51.053.817 km2. Benua Asia dijuluki sebagai negara yang paling besar, sebab luas Benua Asia hampir sepertiga dari daratan yang ada di dunia. Pada hal luas daratan hanya 30% dari luasnya permukaan bumi dan sepertiga dari 30% itu dimiliki oleh Benua Asia. Jadi dapat disimpulkan bahwa benua Asia hampir menguasai daratan yang ada di dunia. Sebagai benua yang paling besar, posisi Benua Asia di bumi dapat dijelaskan pada pembahasan di bawah ini.

Letak Astronomi Benua Asia

Benua Asia memiliki letak astronomis anraea 11° LS – 77° LU dan 26°BT – 169° BB.

Letak Geografis dan Batas Benua Asia

Letak geografis Benua Asia sangat strategis karena berada di antara dua benua dan dua samudera, sebelah utara berbatasan langsung dengan Benua Eropa dan samudra pasifik sedangkan disebelah selatan berbatasan dengan Benua Australia dan samudera Hindia.

Sebelah barat : benua Eropa yang dibatasi oleh Penggunungan Ural, Laut Ural, Laut Kaspia, Laut Merah, Terusan Zues, Laut Tengah draan Laut marm
Sebelah timur : Smudra Pasifik dan delat bering
Sebelah selatan: Samudra Hindia dan Benua Australia.
Sebelah utara: Samudra Artik.
Luas Benua Asia

Benua Asia merupakan benua terluas di dunia. Hampir 1/3 daratan yang ada di dunia terletak dibenua Asia. Benua Asia memiliki luas kurang lebih 44.000.000 km².

Karakteristik Benua Asia

Berikut ini terdapat beberapa karakteristik benua asia, terdiri atas:

  • Mempunyai gunung tertinggi di dunia (g. Everest)
  • Mempunyai danau terluas di dunia (danau Kaspia)
  • Mempunyai laut terluas di dunia (Laut Cina Selatan)
  • Benua terluas di dunia
  • Jumblah penduduk tersebar
  • Tempat lahirnya agama-agama di dunia : Islam, Kristen, Hindu, Budha dan Kong Hu Chu.
Baca Juga :   Pengertian OSS Adalah

Iklim Benua Asia

Keadaan iklim daerah sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor fisik dan letak lintang di muka bumi. Oleh sebab itu, Benua Asia memiliki iklim yang beragam.

Berikut ini terdapat beberapa iklim benua asia, terdiri atas:

Iklim Dingin

Iklim dingin terdapat di wilayah Asia bagian utara terutama di Daratan Siberia yang memiliki iklim kontinental kutub (iklim subartik). Wilayah dengan iklim ini memiliki musim panas yang pendek.

Iklim Kontinental

Iklim kontinental atau iklim darat terdapat di wilayah Asia Tengah dan Cina Barat Laut. Wilayah dengan iklim ini terutama di daerah Gurun Gobi di Cina yang kering.

Iklim Subtropis Basah

Iklim subtropis basah mendominasi wilayah Cina Timur dengan kisaran garis lintang 250 LU – 350 LU. Wilayah beriklim ini banyak mengalami turun hujan karena pengaruh angin muson tenggara dan Samudra Pasifik.

Iklim Tropis Basah

Iklim tropis basah sebagian besar terdapat di Asia Tenggara da Asia Selatan. Wilayah dengan iklim ini memiliki cirah hujan yang cukup tinggi antara 1.000 sampai 2.000 mm pertahun. Iklim tropis sangat sipengaruhi oleh angin muson yang mengakibatkan terjadinya musim kemarau dan musim hujan.

Iklim Gurun

Iklim gurun sifatnya kring sehingga curah hujan yang ada amat rendah (250 mm – 220 mm/tahun). Iklim Gurun dapat terjadi karena pengaruh angin uang berasak dari daerah gurun yang Kering. Iklim ini banyak terdapat di Asia Barat terutama du Jazerah Arab dan Asua Tenfah di sekitar Gurun Robi.

Itulah Pembahasan Mengenai ” Karakteristik Benua Asia”, Semoga Bermanfaat***

Leave a Reply

Your email address will not be published.