Iniloh Kingdom Monera Yuk Cari Tahu Ciri-ciri, Bagian-bagian, dan Manfaatnya

anams.id – Kingdom Monera adalah salah satu dari lima kingdom dalam sistem klasifikasi makhluk hidup. Monera merupakan kingdom yang terdiri dari organisme uniseluler yang prokariotik, artinya tidak memiliki membran inti di dalam sel mereka.

Kedua bagian utama Kingdom Monera ini memiliki ciri-ciri khas yang membedakannya dari kingdom lain.

Bakteri memiliki dinding sel yang kuat dan tidak fleksibel serta dapat ditemukan di mana saja, sementara cyanobacteria dapat melakukan fotosintesis dan biasanya hidup di air.

Kingdom ini terdiri dari dua kelompok besar yaitu bakteri dan cyanobacteria. Berikut ini adalah ciri-ciri, bagian-bagian, ruang lingkup, manfaat, perkembangbiakan, dan pemindahan bahan genetik pada Kingdom Monera.

Ciri-Ciri Kingdom

Monera Ciri-ciri utama Kingdom Monera adalah memiliki sel yang sederhana dan tidak memiliki inti sel. Sel prokariotik pada Monera berbentuk bulat, batang, atau spiral.

Monera juga memiliki dinding sel yang kuat dan tidak fleksibel yang terbuat dari polisakarida dan protein.

Selain itu, Monera juga tidak memiliki organel sel yang kompleks seperti mitokondria, kloroplas, dan badan golgi.

Bagian-Bagian Kingdom Monera

Kingdom Monera terdiri dari dua kelompok besar yaitu bakteri dan cyanobacteria. Bakteri adalah organisme yang tidak memiliki pigmen fotosintetik, sementara cyanobacteria merupakan organisme yang dapat melakukan fotosintesis.

Kingdom Monera terdiri dari dua bagian utama yaitu bakteri dan cyanobacteria.

  1. Bakteri Bakteri adalah organisme prokariotik yang dapat ditemukan di mana saja, mulai dari tanah hingga dalam tubuh makhluk hidup. Bakteri memiliki bentuk bulat, batang, atau spiral, dan dinding sel yang kuat dan tidak fleksibel yang terbuat dari polisakarida dan protein. Beberapa bakteri memiliki flagela yang digunakan untuk bergerak. Bakteri dapat diklasifikasikan berdasarkan bentuk, ukuran, dan cara hidupnya, seperti aerob atau anaerob.
  2. Cyanobacteria Cyanobacteria merupakan organisme prokariotik yang dapat melakukan fotosintesis. Cyanobacteria biasanya hidup di air, baik air tawar atau air laut, tetapi juga dapat ditemukan di tanah. Cyanobacteria memiliki pigmen fotosintetik yang memberikan warna biru-hijau pada organisme ini. Sel cyanobacteria memiliki bentuk bulat atau silinder dengan dinding sel yang kuat. Beberapa jenis cyanobacteria dapat membentuk koloni berukuran besar dan menghasilkan oksigen melalui proses fotosintesis.
Baca Juga :   Tahapan-tahapan Proses Metabolisme Lipid dalam Memecahkan Lemak menjadi Energi

Ruang Lingkup Kingdom Monera

Monera memiliki peran yang sangat penting dalam ekosistem. Bakteri dapat ditemukan di berbagai tempat seperti tanah, air, dan dalam tubuh makhluk hidup.

Beberapa jenis bakteri bahkan memainkan peran penting dalam proses dekomposisi bahan organik dan mengikat nitrogen di dalam tanah. Cyanobacteria juga memiliki peran penting dalam memproduksi oksigen melalui proses fotosintesis.

Manfaat Kingdom Monera

Kingdom Monera memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Bakteri dapat digunakan dalam produksi makanan seperti keju, yogurt, dan tempe.

Selain itu, bakteri juga digunakan dalam produksi antibiotik, vaksin, dan hormon. Cyanobacteria dapat digunakan dalam produksi bahan bakar bio dan produk-produk farmasi.

Perkembangbiakan Kingdom Monera

Monera memiliki kemampuan untuk berkembangbiak secara aseksual melalui pembelahan sel. Pembelahan sel pada bakteri terjadi dengan cara membelah sel menjadi dua bagian yang sama besar.

Sementara itu, cyanobacteria dapat berkembangbiak secara aseksual dengan cara membelah diri atau membentuk spora.

Pemindahan Bahan Genetik Pada Monera

Pemindahan bahan genetik pada Monera dapat terjadi melalui tiga cara yaitu transformasi, konjugasi, dan transduksi.

Transformasi terjadi ketika bakteri menerima fragmen DNA dari lingkungannya. Konjugasi terjadi ketika dua sel bakteri saling berhubungan dan bertukar materi genetik. Transduksi terjadi ketika virus mentransfer materi genetik dari satu sel bakteri ke sel bakteri lain.

Oke, jadi itu ya penjelasan singkat mengenai materi kingdom monera semoga dapat bermanfaat yah.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *