Fungsi-Fungsi Vital Protein dalam Tubuh Manusia

anams.id – Kamu pernah denger gak sih tentang protein? Nah, protein itu adalah salah satu nutrisi penting yang dibutuhin tubuh kita, loh!

Protein punya banyak banget manfaat buat tubuh, mulai dari bikin otot jadi kuat, ngatur keseimbangan air, sampe bikin tubuh kita bisa melawan penyakit. So, yuk kita pelajari lebih dalam lagi tentang protein dan manfaatnya buat tubuh kita!

Pengertian Protein

Protein adalah salah satu jenis nutrisi yang sangat penting bagi tubuh manusia. Protein berperan dalam pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh, pembentukan ikatan-ikatan esensial, mengatur keseimbangan air, memelihara netralitas tubuh, pembentukan antibodi, dan mengangkut zat-zat gizi.

Dalam artikel ini, kita akan membahas sumber protein, fungsi protein, struktur protein, klasifikasi protein, dan jumlah protein yang dibutuhkan oleh tubuh.

Sumber Protein

Sumber protein dapat ditemukan dalam berbagai jenis makanan, baik dari sumber nabati maupun hewani.

Sumber protein hewani meliputi daging, ikan, telur, dan produk susu seperti susu, keju, dan yoghurt.

Sedangkan sumber protein nabati dapat ditemukan pada kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran hijau, dan buah-buahan.

Fungsi Protein

Protein memiliki beberapa fungsi penting bagi tubuh manusia. Fungsi-fungsi tersebut antara lain:

  1. Pertumbuhan dan pemeliharaan: Protein berperan dalam pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh seperti otot, tulang, dan organ-organ internal.
  2. Pembentukan ikatan-ikatan esensial: Protein membantu membentuk ikatan-ikatan esensial dalam tubuh seperti enzim, hormon, dan DNA.
  3. Mengatur keseimbangan air: Protein membantu mengatur keseimbangan air dalam tubuh dan memastikan cairan tubuh tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit.
  4. Memelihara netralitas tubuh: Protein membantu memelihara netralitas tubuh dengan mengatur pH dalam tubuh.
  5. Pembentukan antibodi: Protein membantu membentuk antibodi yang berguna dalam melawan infeksi dan penyakit.
  6. Mengangkut zat-zat gizi: Protein membantu mengangkut zat-zat gizi seperti vitamin dan mineral ke seluruh tubuh.
Baca Juga :   Akhirnya Tahu, Pengertian, Macam-Macam, dan Pencegahan Anemia

Struktur Protein

Protein terdiri dari rantai asam amino yang dihubungkan oleh ikatan peptida. Setiap protein memiliki struktur yang berbeda tergantung pada jumlah dan urutan asam amino yang membentuk protein tersebut. Struktur protein dapat dibedakan menjadi empat tingkat, yaitu:

  1. Struktur primer: urutan asam amino yang membentuk protein.
  2. Struktur sekunder: bentuk tiga dimensi yang dihasilkan dari ikatan hidrogen antara asam amino yang berdekatan.
  3. Struktur tersier: bentuk tiga dimensi yang dihasilkan dari ikatan hidrogen, ikatan ionik, dan interaksi hidrofobik antara asam amino yang jauh.
  4. Struktur kuartener: bentuk tiga dimensi yang dihasilkan dari interaksi antara beberapa rantai polipeptida yang membentuk protein kompleks.

Klasifikasi Protein

Protein dapat diklasifikasikan berdasarkan fungsinya dan struktur kimia. Berdasarkan fungsinya, protein dapat dibagi menjadi protein struktural, enzim, hormon, protein transport, dan protein cadangan.

Sedangkan berdasarkan struktur kimia, protein dapat dibagi menjadi protein globular dan protein serat.

Jumlah Protein Yang Dibutuhkan Bagi Tubuh

Jumlah protein yang dibutuhkan oleh tubuh bergantung pada beberapa faktor, seperti usia, jenis kelamin, berat badan, dan tingkat aktivitas fisik.

Secara umum, kebutuhan protein harian untuk orang dewasa adalah sekitar 0,8 gram per kilogram berat badan.

Namun, kebutuhan protein dapat meningkat pada orang yang sedang dalam masa pemulihan setelah sakit atau cedera, serta pada atlet atau orang yang melakukan aktivitas fisik yang intens.

Jadi, protein merupakan nutrisi yang sangat penting bagi tubuh manusia. Protein berperan dalam pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh, pembentukan ikatan-ikatan esensial, mengatur keseimbangan air, memelihara netralitas tubuh, pembentukan antibodi, dan mengangkut zat-zat gizi.

Sumber protein dapat ditemukan dalam berbagai jenis makanan, baik dari sumber nabati maupun hewani.

Baca Juga :   Mengulik Karakteristik Unik dan Peran Penting Mamalia dalam Kehidupan Manusia

Protein memiliki struktur yang berbeda-beda tergantung pada jumlah dan urutan asam amino yang membentuk protein tersebut, dan dapat diklasifikasikan berdasarkan fungsinya dan struktur kimia.

Jumlah protein yang dibutuhkan oleh tubuh bergantung pada beberapa faktor, seperti usia, jenis kelamin, berat badan, dan tingkat aktivitas fisik.

Oleh karena itu, penting untuk memenuhi kebutuhan protein harian agar tubuh tetap sehat dan terjaga fungsinya secara optimal.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *